It is currently Sat Oct 21, 2017 3:32 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 38 posts ]  Go to page 1, 2, 3  Next
Author Message
 Post subject: Tahan nafas di dalam air... bolehkah?
PostPosted: Sun Jul 23, 2006 1:49 pm 
Offline
Site Admin
User avatar

Joined: Mon Jun 12, 2006 10:40 pm
Posts: 1030
Location: kingdom of undersea
Boleh... asal dilakukan secara benar. Yang berbahaya itu jika kita menahan nafas dengan menutup tenggorokan, karena udara (karbondioksida) tidak bisa keluar dan beresiko terjadinya bubble pada darah kita (embolism). Tahan nafas dengan menggunakan otot dada, tanpa menutup kerongkongan, cukup aman dilakukan untuk pola pernafasan exhale-inhale-pause. Tarik nafas dan tahan beberapa detik, membuat paru2 anda punya waktu lebih untuk pertukaran udara, lebih banyak oksigen didapat dan membuang karbondioksida lebih banyak pula. Hasilnya.. tentu kita akan lebih hemat mengkonsumsi udara, sehingga bisa lebih lama di dalam air.

Memang agak2 kritis untuk membedakan tahan nafas yang aman dan yang berbahaya. Perbedaannya seperti pada saat kita menyebut huruf 'K' dan 'H'. Tahan nafas seperti huruf K itu menutup kerongkongan dan sangat berbahaya! Untuk itu kita perlu latihan berkali-kali di permukaan, sampai kita yakin sudah melakukannya dengan benar. Jangan coba2 untuk langsung praktek saat menyelam...!!

Selamat berlatih... :)

_________________
PETUALANG - Penyelam Tua Lupa Pulang


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Nov 17, 2006 2:35 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 10, 2006 8:36 am
Posts: 24
saya suka ikut latihan renang, kadang di kolam renang saya menyelam hingga dasar lalu berenang dari tepi yang satu ke tepi yang lain dengan menahan napas, apakah itu berbahaya???


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Nov 17, 2006 8:19 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Jul 18, 2006 9:25 am
Posts: 399
Location: Sanur - Bali
aldogoreng wrote:
saya suka ikut latihan renang, kadang di kolam renang saya menyelam hingga dasar lalu berenang dari tepi yang satu ke tepi yang lain dengan menahan napas, apakah itu berbahaya???

That can be considered as free dive, you do need to hold your breath since you don't breath compressed air at pressurized ambient. The danger is if you hyperventilate too much (more than 3-4 rapid breathing before free dive to reduce the amount of CO2 in your lungs so you can extend your bottom time), when you ascend your O2 partial pressure drop and you faint (shallow water black-out). Hope this helps.

cheers,
Chris

_________________
@divephotobali


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Mar 05, 2007 8:56 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 19, 2006 1:52 pm
Posts: 1318
Location: Jakarta
:shock: gak semudah yg dijelaskan... nggak bisa ngebedain tuw..

_________________
Dona


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Tahan nafas di dalam air... bolehkah?
PostPosted: Tue Mar 06, 2007 9:02 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Jan 27, 2007 6:53 pm
Posts: 1379
Location: Sanur - Bali
hes wrote:
Boleh... asal dilakukan secara benar. Yang berbahaya itu jika kita menahan nafas dengan menutup tenggorokan, karena udara (karbondioksida) tidak bisa keluar dan beresiko terjadinya bubble pada darah kita (embolism). Tahan nafas dengan menggunakan otot dada, tanpa menutup kerongkongan, cukup aman dilakukan untuk pola pernafasan exhale-inhale-pause. Tarik nafas dan tahan beberapa detik, membuat paru2 anda punya waktu lebih untuk pertukaran udara, lebih banyak oksigen didapat dan membuang karbondioksida lebih banyak pula. Hasilnya.. tentu kita akan lebih hemat mengkonsumsi udara, sehingga bisa lebih lama di dalam air.

Memang agak2 kritis untuk membedakan tahan nafas yang aman dan yang berbahaya. Perbedaannya seperti pada saat kita menyebut huruf 'K' dan 'H'. Tahan nafas seperti huruf K itu menutup kerongkongan dan sangat berbahaya! Untuk itu kita perlu latihan berkali-kali di permukaan, sampai kita yakin sudah melakukannya dengan benar. Jangan coba2 untuk langsung praktek saat menyelam...!!

Selamat berlatih... :)


Wah, seru tuh.., ada refferensi di mana ya mas.. belum pernah baca tuh.

_________________
Instructor & Trips Organizer
Bali Marine Diving, Dive for Bali & Beyond
CP : Nicky/WA 08123891254/08123808808
Web : http://www.balimarinediving.com
FB : http://www.facebook.com/balimarinedive
IG : @balimarinedive
Twit : @balimarinedive


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Mar 06, 2007 12:51 pm 
Offline
Site Admin
User avatar

Joined: Mon Jun 12, 2006 10:40 pm
Posts: 1030
Location: kingdom of undersea
Ini artikel lama yg saya temukan di scubadiving.com, cuma koq dicari link-nya blm ketemu2. Intinya tentang bagaimana cara menghemat udara dengan pola pernafasan yg. baik dan benar... sedikit menahan nafas aman2 aja selama kerongkongan tidak tertutup.

_________________
PETUALANG - Penyelam Tua Lupa Pulang


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Mar 06, 2007 1:51 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sat Jan 27, 2007 6:53 pm
Posts: 1379
Location: Sanur - Bali
Thanks lho...

Ya, sepanjang pengetahuan saya di dunia selam yang udah lumayan lama, tahan nafas itu boleh2 aja kok, sepanjang tahan nafasnya tidak dibawa ke permukaan, kalau hanya di kedalaman yang sama (maksudnya dalam kaitannya dengan scuba) itu boleh aja. tak jadi soal lah, ngatur buoyancy juga mesti tahan2 nafas dikit dalam hitungan detik, untuk fine tune aja.

Emboli udara itu terjadi apabila kita tahan nafas lalu berenang naik ke permukaan apalagi cepat2, wah ini baru berbahaya. Emboli udara ini yang paling berbahaya ketimbang 3 lainnya. (Air Embolism, Phenupatorax, Mediastinal Emphisema, Subcutanous Emphisema). Untuk scuba tidak disarankan tahan2 nafas, beda dengan skin diving yang mesti lakukan hiperventilasi agar bisa tahan lebih lama di dalam air. Tapi excessive, bisa kena blackout.

_________________
Instructor & Trips Organizer
Bali Marine Diving, Dive for Bali & Beyond
CP : Nicky/WA 08123891254/08123808808
Web : http://www.balimarinediving.com
FB : http://www.facebook.com/balimarinedive
IG : @balimarinedive
Twit : @balimarinedive


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Mar 12, 2007 7:01 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Jul 18, 2006 9:25 am
Posts: 399
Location: Sanur - Bali
sea lemon wrote:
:shock: gak semudah yg dijelaskan... nggak bisa ngebedain tuw..


lho? waktu ambil open water course ga dijelasin??? :roll:

cheers,
Chris

_________________
@divephotobali


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Mar 12, 2007 9:33 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 19, 2006 1:52 pm
Posts: 1318
Location: Jakarta
:oops: short term memory lost gw hahaha.... bedain H sama K nya itu loh.. :roll: ..

_________________
Dona


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Mar 13, 2007 6:50 pm 
Offline

Joined: Fri Sep 15, 2006 9:51 pm
Posts: 99
Location: jakarta
bedainnya sebenernya gampang. coba aja bandingin ketawa "HAHAHAHAA" sama "KEKEKEKEKEE". :wink:


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Mar 13, 2007 9:05 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Oct 04, 2006 8:31 pm
Posts: 213
Location: Bali
HAHHAHAHAHAHHAHA....gitu donk, mulai aktif di forumselam, Nawita..

_________________
Take nothing but pictures.
Leave nothing but bubbles.
Kill nothing but time.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Mar 14, 2007 2:21 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sat Jan 27, 2007 6:53 pm
Posts: 1379
Location: Sanur - Bali
soalnya si Ita, lagi sibuk kejar setoran, makanya lama stay off.
Mesti Scuba REview tuh.. :D

_________________
Instructor & Trips Organizer
Bali Marine Diving, Dive for Bali & Beyond
CP : Nicky/WA 08123891254/08123808808
Web : http://www.balimarinediving.com
FB : http://www.facebook.com/balimarinedive
IG : @balimarinedive
Twit : @balimarinedive


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Mar 14, 2007 5:03 pm 
Offline

Joined: Fri Sep 15, 2006 9:51 pm
Posts: 99
Location: jakarta
iya nih. g mesti sering2 jungkir balik kejar setoran kalo mau sering2 jungkir balik di laut tanpa tahan napas (krn habis itu terancam makan kerikil, hahaha...).


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Mar 15, 2007 8:03 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Jan 27, 2007 6:53 pm
Posts: 1379
Location: Sanur - Bali
makan kerikil kenyangnya lebih lama Ta,...
dan hasilnya pasir, lalu bisa di export ke singapura, khan ujung2nya dapet duit

kayak triger fish gitu lah... hehe

_________________
Instructor & Trips Organizer
Bali Marine Diving, Dive for Bali & Beyond
CP : Nicky/WA 08123891254/08123808808
Web : http://www.balimarinediving.com
FB : http://www.facebook.com/balimarinedive
IG : @balimarinedive
Twit : @balimarinedive


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Oct 12, 2009 3:44 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
nah trus taunya kl napas kita dah bener ato blom gmn nih mas
apakah konsunsi udara dalam tabung pengaruh terhadap berat badan gak sih mas...


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 38 posts ]  Go to page 1, 2, 3  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: