forumselam.com
http://forumselam.com/

tanya - mild/ pre stroke & diving
http://forumselam.com/viewtopic.php?f=17&t=5112
Page 1 of 1

Author:  >kolibri [ Mon Jul 14, 2014 10:21 am ]
Post subject:  tanya - mild/ pre stroke & diving

all, tanya dongs,

minggu lalu saya divonis kena mild/ pre stroke. gejala waktu kena (di rumah) antara lain sakit kepala, plus tangan & kaki berasa semutan dan kebas. tapi alhamdulillah setelah dirawat semalam rasanya sudah baikan. hasil lab pun untuk ct scan dan MRI ndak ada yang menunjukkan bocor/ mampet/ tebal tipis. semua masih normal. hanya saja tes darah di lab hasilnya over bujet semua, (kadar lemak, kadar gula, asam urat, dll) ha....ha... kata dokter sih waktu kejadian sempat sesaat ada yang nyumbat, entah di mana, tapi lancar lagi. menurut teman, sebetulnya ini masih bahaya karena si anunya masih jalan jalan n bisa nyangkut lagi, so sementara ini saya harus ambil banyak macam obat n diet ketat (hiks, :(( - :D sambil nunggu hasil penanganan sekarang n observasi baru, moga moga bakal jauh lebih baik.

pertanyaannya, apakah nantinya (kalau hasilnya positif) saya masih bisa terus ikut aktivitas diving setelah kejadian ini? apa limitasinya? atau simply say goodbye for safety reason, and enjoy another new chapter in life, apapun itu?

thank you all.

Author:  >rendra [ Tue Jul 15, 2014 12:13 am ]
Post subject:  Re: tanya - mild/ pre stroke & diving

Halo kolibri,

Turut prihatin atas illness yang singgah, semoga kondisi segera membaik.

Ada banyak catatan untuk diver yang pernah mengalami mild stroke, mulai dari aspek fisiologis sampai pemakaian obat2an pengatur tekanan darah.

Jika kolibri bisa berikan e-mail address ke saya, nanti saya kirimkan beberapa ulasan mengenai stroke dan diving risks. E-mail saya rendra (at) banyubiru.org

Sebagai contoh, jika obat2an yg dipakai tergolong kelompok beta-blocker, maka ini tidak cocok dengan diving. Masalahnya, beta-blocker ini adalah jenis obat yg lazim dipakai utk perawatan stroke/ pasca stroke.

Saya sendiri pengidap hipertensi, tapi alhamdulillah belum sampai mengalami stroke. Untuk tetap bisa diving kondisi kesehatan harus saya jaga dan jenis obat yg saya pergunakan untuk maintain blood pressure dipilih dari jenis non beta-blocker (saya diberikan jenis angiotensin receptor). Saya konsul khusus dengan pakar kesehatan penyelaman di DAN untuk memastikan bahwa saya masih layak melakukan aktivitas diving.

On the safe side, bagi yg pernah stroke atau berisiko tinggi maka common advise adalah quit diving. Berat memang akan tetapi masih banyak hal yg bisa dilakukan dan perlu dilakukan di dunia ini selain diving kan? Dan untuk risiko ini, medical clearance to dive mutlak diperlukan (dan tetap tidak menjamin risiko).

Be wise buddy, and stay healthy :)

Rendra

Page 1 of 1 All times are UTC + 7 hours
Powered by phpBB © 2000, 2002, 2005, 2007 phpBB Group
http://www.phpbb.com/