It is currently Sat Nov 18, 2017 10:49 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 6 posts ] 
Author Message
 Post subject: Pemeriksaan filter BBM sekunder di Dive Boat & ini ono
PostPosted: Sun Mar 09, 2014 6:04 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
.
Supaya kawan2 paham sedikit...........

BBM di Indonesia sangat kotor, jika bukan beli langsung dari POM bensin.
Standard kebersihan BBM POM pertamina di output pistol nya, sudah banyak improved semenjak Shell mulai
buka POM bensin di Indonesia. Maklum, kudu ada tukang pecut baru sadar.
Kalo di Ancol sih itu POM Bensin masih jadul dah dan kalo air pasang super tinggi, bisa lah air laut masuk ke tangki utama nya.
Been there-done that.

BBM bagi dive boat yang tidak ada akses langsung ke POM bensin, potensi kotor akan sangat tinggi.
Ini karena transportasi dari POM bensin ke kapal, akan via drum dan drigen.
Setiap ada pemindahaan wadah BBM, kotoran akan bisa masuk.
Semakin jauh sumber BBM dari POM untuk ke kapal, semakin tinggi resiko nya.

Di tangki BBM kapal sendiri, setiap subuh, karena perbedaan suhu, rongga udara kosong akan hasilkan embun, alias air. Maka SOP yang baik memang, tangki BBM tak boleh kosong lama2.

Pada kapal baru, dan tangki BBM berbahan fiberglass, akan sering terdapat bekas serat chopped strand mat atau CMS.
Image

Saat laminasi tangki BBM fiberglass, juka di pakai woven roving si biang kuat
Image

....lalu laminasi itu di lapis CMS juga, selang seling lah dengan woven roving. Supaya tangki BBM fiberglass bisa dapat permukaan halus.

Problem dari CMS adalah, saat di potong, sering kotoran ini menyumbat filter BBM. Sebab ini kayak bekas rambut di potong di salon...gitu loh.


MESIN TEMPEL vs MESIN DIESEL
Keuntungan sifat bensin adalah, tak ada lumut kayak solar-diesel, jika air ada di BBM.
Kalo solar/diesel, air jadi modal bakteri untuk buat alga/lumut. Jadi tangki solar yang tidak terawat punya potensi akan lebih jorok BBM nya, jauh lebih dari bensin.

Image
.
CLOSE UP si LUMUT
Image


Kalo kapal bermesin diesel lalu tangki BBM nya ada kasus alga, mati lah dia.
Kudu beli obat biocide untuk bunuh si lumut dan di sirkulasi tuh solar sambil di filterkan... ampe tuntas problem ini.


KHUSUS MESIN TEMPEL-OUTBOARD yg pakai bensin
Jika mesin tempel fuel injection atau 4 stroke di atas 100 PK/HP ( pasti sudah fuel injection ) , ini lah filter dan ukuran filter nya :
Image
Di atas ini adalah mesin Suzuki 4 stroke 250HP
No 1 adalah fuel filter utama low pressure, dan no 2 adalah fuel filter high pressure.
Jika mesin adalah 2-tak, si biang asap kayak tukang sate, maka cuma ada filter no 1 doank.
Itu filter no 1 ukuran cuma kayak roll film 35mm atau 2x jempol kita.....pokoknya TAK BERFUNGSI optimal di Indonesia sebab acuan mesin adalah, selalu lah pasang filter BBM sekunder sebelum mesin.

Ini adalah contoh filter BBM bensin ukuran kecil-medium. Ini di sebut filter sekunder
Image
Panjang ada yang hampir sejengkal ada yang sejengkal. Diameter kira kira 9cm lah.

Jika kapal bermesin tempel tidak ada filter sekunder ini, hati2 hati lah kalian.

Jika sering sewa tuh kapal, pastikan owner pasang filter sekunder ini.
Dan pastikan ini diganti secara berkala, atau saat ganti oli ( jika 4-tak ) atau 50-100 jam operasional dan kapal harus bawa minimal filter element cadangan untuk ganti 1x, di laut....jika ada gangguan. Termasuk filter kecil di mesin tempel nya. Jika 10 micron ukuran filter sekunder nya, nyaris si filter kecil di mensin tempel tak perlu di ganti sampai minimal 3x di banding filter sekunder nya.

Dimana model filter ada mangkok bening di bawah nya, artinya filter itu ada kemampuan sentrifugal untuk kepret air ( free water ) keluar dari bensin. Lalu untuk filter merek Racor, element kertas di pakai ada kemampuan Aqua Bloc. Ini element kertas akan nutup pori-pori nya saat kena air yg sudah hampir senyawa dengan BBM ( emulsified water ). Jadi air tidak bisa masuk ke mesin. Cuma ini filter element artinya bisa cukup mapet tanpa nampak kotor...sering kru kapal kecolongan di sini sebab mereka ketok2 tuh filter tapi konon bersih.

Cara Aqua Bloc berkerja terhadap BBM yang sudah emulsified ama air ( hampir senyawa )
http://www.youtube.com/watch?v=F_P7A3-i5nw


Ini contoh filter di kapal yg saya sering pakai. 250HP x 3 Suzuki 4 tak.
Yang di pilih adalah Racor tipe mesin diesel punya, karena sentrifugal action nya terbaik dari semua model Racor yang ada. Filter jenis diesel ini jadi filter bensin pada kondisi extreem.

Image
Item no 3 adalah bak penangkap air dan BBM. Saat buang air di BBM, bensin pasti ikut kebuang dikit.
Saya buat ini bak sebab, kebiasaan buang bensin ke palka ( lantai nya kapal ) adalah praktek MAHA BAHAYA.
Semua kapal ada pompa air palka, nama nya bilge pump. Pakai 12Volt. Ini pompa akan buang air dari hujan ataupun basahnya para diver saat naik ke kapal. Justru pada konsentrasi bensin sedikit, ia akan jadi uap bahaya dan mudah meledak. LEL atau Lower Explosive Limit bensin bisa di baca disini :

http://en.wikipedia.org/wiki/Flammability_limit
Image

Jangan fikir cuma bensin mudah meledak yah.
Tepung terigu atau jagung pun sering meledak karena abu nya. Ini disebut dust grain explosion.
http://pods.dasnr.okstate.edu/docushare ... 737web.pdf

An average of 10.6 agricultural grain dust explosions are
reported per year in the U.S. resulting in 1.6 deaths, 12.6 injuries
and millions of dollars in damages (Schoeff, 2006).


Saya respect banget ama bensin sebab kru kapal yang saya kenal di Ancol yang mati karena urusan ada uap bensin di palka kapalnya dan bilge pump nya hidup lalu KABOOM !!!! ...sudah sekian orang. Yang mental karena ledakan uap BBM saat mereka duduk di penutup mesin bensin inboard sudah 2 orang. Cukup jauh terbang nya.
Repot pindahkan kapal kawan saya gara2 kapal SEPA kebakar di Ancol juga pernah saya alamin. Kebakaran ini kapal SEPA pas dekat POM bensin Ancol pulak....gimana tidak ketar ketir kita. Jika ada kapal kebakaran di Ancol dan merembet ke kapal lain, itu semua kapal di Ancol BBM nya tidak ada yang sedikit. Bisa kiamat itu !!!!

Ini contoh klasik : Belum lama ini mah, 2012
http://www.tribunnews.com/metropolitan/ ... okowi-naik


Menurutnya, ledakan pada bagian mesin kapal yang disusul kebakaran hebat itu terjadi pada sekitar Desember 2012. Ledakan itu terjadi tak lama setelah seorang ABK, Tonadi, mengisi penuh bahan bakar pada kapal di sebuah SPBU yang terletak di ujung Dermaga Marina. ......................


"Nah, karena abis mengisi bahan bakar, Tonadi bersih-bersih bagian dalam kapal dengan air dan Rinso (detergen). Dia siramlah itu saluran air yang ada di bagian lantai dalam kapal. Disiram pakai detergen karena abis ngisi bahan bakar takutnya ada bahan bakar yang tercecer. Waktu masih bersih-bersih itu, tahu-tahu meledak keras," kata Dedi.



Saya bilangin apa yang terjadi yah. Tak perlu saya lihat pun kejadian saya jamin 1000% kejadian nya seperti ini.
Kapal di Ancol , khusus nya yang mesin tempel. Saat di isi penuh, sering luber. Ini kebiasaan kru di Ancol.
Luber adalah indikator BBM penuh, maklum meteran level BBM di kapal sering sekali rusak, jadi visual sekali kerja mereka...tunggu bensin luber.

PENYEBAB PERTAMA
Problem dari bensin luber adalah, selang isi dan selang ventilasi artinya menyimpan bensin. Yang benar adalah selang isi dan selang ventilasi tidak boleh menyimpan bensin, hanya boleh dilewati bensin, kecuali selang ini khusus. Lalu ini fakta sedih, bahwa banyak selang pengisian bensin kapal dan ventilasi nya bukan lah selang yang GASOLINE APPROVED. Ini karena diameter nya gede dan sulit cari supplier yang jual untuk approved tipe bensin, kalo diameter kecil banyak, atau spec selang solar masih gampang. Satu lagi adalah biaya, nyawa di anggap murahan ama boat builder abal2.
Umum nya, hanya selang feeder bensin dari tangki BBM ke mesin yang GASOLINE APPROVED, sebab Suzuki dan Yamaha banyak supplai ini dan ini diameter kecil, jadi cari pun gampang.

Simak lah kapal yang anda sewa, lihat selang isi bensin nya dari mulut pengisi untuk pistol POM bensin sampai ke tangki BBM nya. Jika anda lihat selang semi-bening dengan spiral stainless steel, itu selang air dan memang sering di pakai oleh boat builder abal2.

US Coast Guard atau SAE approved untuk khusus fuel feed dan fuel vent jenis nya A1
http://www.goodyearep.com/ProductsDetail.aspx?id=2782


(a) "USCG Type A1" hose means hose that meets the performance requirements of:

(1) SAE Standard J1527 DEC85, Class 1 and the fire test in Sec.183.590; or
(2) Underwriters’ Laboratories, Inc. (UL) Standard 1114.

(b) "USCG Type A2" hose means hose that meets the performance requirements of SAE Standard J1527 DEC85, Class 2 and the fire test in Sec 183.590;

(c) "USCG Type B1" hose means hose that meets the performance requirements of SAE Standard J1527 DEC85, Class 1.
(d) "USCG Type B2" hose means hose that meets the performance requirements of SAE Standard J1527 DEC85 Class 2.

NOTE: SAE Class 1 hose has a permeation rating of 100 grams or less fuel loss per square meter of interior surface in 24 hours.

SAE Class 2 hose has a permeation rating of 300 grams or less fuel loss per square meter of interior surface in 24 hours.


Tengok PERMEATION.
Bensin itu bisa menguap, artinya kita bicara gas bukan cairan lagi.
Kecuali bahan dari logam, semua selang flexible punya sifat bocor gas nya. Ini lah yang bahaya.
Tak bocor pun tetap uap/gas bensin bisa bocor.
Bayangkan jika selang air di pakai jadi selang bensin ?????


PENYEBAB KEDUA
Posisi dan design dari sistim overflow untuk lubang isi BBM di kapal, banyak boat builder lokal tidak paham dan juga tidak mau pakai imagination mereka.

http://www.uscgboating.org/regulations/ ... partd.aspx

The fuel tank vent outlet fitting must be located so that overflowing fuel coming out of the vent at a rate of up to 2 gallons per minute will not enter the boat. This requirement may involve deck design, cockpit coaming design, air vent location, hawsehole design for underdeck cleating of lines and any other opening where fuel would overflow into the boat.

Deck joints in riveted metal decks, or wooden decks, could provide a path for fuel to flow to the boats interior unless they are caulked to resist such fuel leakage.


Ini banyak orang kecolongan.

Image

1 adalah lubang isi BBM
2 adalah lubang isi air
3 adalah lubang sedot tangki tokai....yep septic tank.
Saat isi BBM, jika luber, sebenarnya si Fuel Vent akan duluan keluar BBM.
Tapi karena pistol POM itu rate nya cukup cepat, seringkali luber terjadi di lubang isi BBM.
Jika sampai terjadi, BBM akan mengalir kebelakang kapal dan karena si panah hijau ( RAISED ) itu gundukan 2cm lebih tinggi dari permukaan bensin mengalir, maka ada lah coak atau potongan ( OVERFLOW ) di sisi lambung supaya bensin jatuhnya nya ke air. Ini kalo di negara lain kena denda sampe bensin atau solar meler ke air. Di Indo masih acceptable lah.

Jadi kapal naas yg meledak itu, karena dua penyebab ini, cukup 1 penyebab......dan masuklah BBM ke palka.

Nah, karena abis mengisi bahan bakar, Tonadi bersih-bersih bagian dalam kapal dengan air dan Rinso (detergen). Dia siramlah itu saluran air yang ada di bagian lantai dalam kapal. Disiram pakai detergen karena abis ngisi bahan bakar takutnya ada bahan bakar yang tercecer. Waktu masih bersih-bersih itu, tahu-tahu meledak keras," kata Dedi.

Ini prosedur umum bagi kru di Ancol, yaitu cuci sebagian kapal setelah habis isi bensin penuh.
Karena di cuci tuh kapal dan kapal buatan Indonesia jarang designya self-bailing cockpit ( nanti di jelaskan apa artinya ini ), maka air lari lah ke Palka. Saat air semakin banyak di palka, pelampung bilge pump akan naik dan pompa lah air keluar. Di sini lah terjadi percikan api, karena dua kemungkinan :
AA. Kabel kendor
BB. Ada bilge pump kapal speed boat jika beli merek abal2, dapatlah yang tidak ignition protected design...asal tahu ajah.
Maka pas ada uap bensin memadai dan sumber kecil percikan api = KABOOM !!!!

Ignition Protected adalah :
Saat pompa mulai aktif, tidak boleh lah ada percikan api di dalam nya.
Ignition protection (IP)
Devices, which operate in a potentially explosive environment, must be ignition protected. This would include engine rooms with gasoline engines. There is a very specific set of tests which a device must pass to claim ignition protection. They include operating safely in an explosive mixture of propane and air.


Di kapal yang saya sering pakai, saya pasang flammable gas detector.
Jadi akan bunyi jika palka ada uap BBM, atau gas propane atau gas LPG.
Ini sensor 2 tahun sekali perlu ganti, akan mati dan semakin sering ini sensor sensing gas bahaya, makin ke "makan" diri nya.

Self Bailing Cockpit Design
http://www.gradywhite.com/257/comspecs/
Pilih SAFETY >>>Self bailing cockpit w/cockpit drains (4)

Penjelasan self bailing adalah. DEK di dalam kapal di bagian belakang* ( *disebut cockpit ) harus lah lebih tinggi dari level air laut,
walaupun kapal fully loaded. Cukup lebih tinggi 5cm, berkerja lah gravity secara gratis untuk buang air.
Ini akan sangat berguna saat kapal di parkir dan hujan besar, sebab aki bisa tekor. Ini juga sangat berguna saat ombak besar
dan kapal masuk air terus.

Image


Semoga kawan2 saat sewa atau naik kapal, rajin rajin lah cek fuel system nya ada filter sekunder kah dan saat ada bau uap bensin cek lah palka nya, kasih angin dulu sekian menit. Dive safe and BE SAFE.

.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Pemeriksaan filter BBM sekunder di Dive Boat & ini ono
PostPosted: Mon Mar 10, 2014 1:00 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Aug 20, 2011 10:14 am
Posts: 192
satu lagi komponen yang harus diperhatikan, terima kasih Om! ^:)^

_________________
Would rather be diving than posting!


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Pemeriksaan filter BBM sekunder di Dive Boat & ini ono
PostPosted: Mon Mar 10, 2014 10:09 am 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
Nice, sebisa mungkin diinfokan ke pihak2 yang berkaitan

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Pemeriksaan filter BBM sekunder di Dive Boat & ini ono
PostPosted: Tue Mar 11, 2014 9:32 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
penting banget nih pak

wah harus diterjemahin nih mau saya kasih ke temen temen yg punya fast boat di gili nih soalnya mereka sering bgt engine problem kayanys sih emang karena air dan kotoran di fuelnya nih


maksih mbah ilmunya nanti tambah lagi yah hahahah

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Pemeriksaan filter BBM sekunder di Dive Boat & ini ono
PostPosted: Fri Mar 14, 2014 7:57 am 
Offline

Joined: Mon Sep 30, 2013 4:17 pm
Posts: 86
Location: Padang - West Sumatra
Thanks artikel ini Om..

Ada satu pertanyaan yg masih mengganjal, yakni soal merokok di boat:

1. Sebenarnya merokok di boat itu berbahaya atau tidak?
Krn ada bbrp boat yg melarang kapten dan penumpang merokok selama di boat. Tapi ada juga yg nggak masalah.
Selama sy naik boat, banyak yg merokok, baik kapten ataupun penumpang.

2. Kebanyakan boat, posisi tanki BBM adalah di lambung, ada yg dari stainless, ada yg dari fiber. Ada juga yg tanki BBM nya nongol dan sekalian dimanfaatkan jadi kursi duduk. Daerah mana yg paling berbahaya bila dikaitkan dengan rokok? Daerah belakang dekat mesin atau daerah kabin tengah dekat kapten (krn daerah ini agak terisolasi, mungkin jika ada kebocoran tanki, konsentrasi gas lebih banyak)?

Mohon sharing soal merokok di boat Om..

Trims

::


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Pemeriksaan filter BBM sekunder di Dive Boat & ini ono
PostPosted: Fri Mar 14, 2014 10:16 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Om Wil,

Smoking di kapal asal tidak ada bensin di deck dengan drigen, aman.
Tapi cari tau posisi VENT nya si tangki bensin dimana, jangan pulak kita dekat dekat VENT nya sebab itu uap bensin, yg paling rawan

Saya kalo smoking sih nongkrong di paling belakang kapal, muka hadap mesin tempel, duduk di transom gunwhale ........paling aman sebab percikan puntung langsung jatuh ke laut.

Di dalam interior kapal saya tidak merokok sih.

Jika kapal jalan 10 knot saja, angin lumayan dan deck alias open space, tak mungkin uap bensin bisa jadi level bahaya, kecuali ada drigen bensin yang tumpah.

Me smoker BERAT... :mrgreen:

Yg penting sih, jika BBM bensin....kapal pasang lah detector kayak gini :
http://www.cruzpro.com/gd25.html

Sy pasang ini di kapal kawan saya : Twin Sensor
http://www.cruzpro.com/gd20.html#HEADINGA

dan satu lagi ini :
http://www.fireboy-xintex.com/gasoline_detectors.html

Saya pakai 3 sebab kapal kawan saya di bagi dalam 3 kompartment palka.
1 compartment/palka ada tangki 4 BBM, total 1,000 liter

1 compartment adalah gudang, di bawah tempat stir, itu ada banyak aki, tapi lubang air nyambung jadi satu sama palka yang ada tangki BBM. Jadi saya pasang disini supaya jadi back up.

1 lagi di lambung paling belakang, sebab filter BBM disana.
Ini compartment tak tersambung jalur air nya kemana pun, tetapi kan filter bensin disini dan juga manifold split nya untuk ke 3 mesin. Kalo ada bocor bensin disini sensor lain tak akan baca.

Saran saya kamu juga perlu beli pemadam kebakaran ini :

http://hartindo.co.id/products/automatic/
AF11. Beli yg model kecil, kalo panas meledak dia. 300gm, 600gm and 1 kg aerosols
Beli lagi 1 yg 5kg yang pakai selang.
Ini top abiz, lebih hebat dari Halon atau generasi pengganti Halon.
Jika pakai powder type, tak guna lah untuk kapal BBM bensin.

Simak
https://www.youtube.com/watch?v=KOGn4jU9SME
https://www.youtube.com/watch?v=HfuCcuQrzjg
https://www.youtube.com/watch?v=isXV8k1BwBA

Ini yang buat orang Indonesia loh. Saat dia kerja di Inggris, tak sengaja dia ketemuin formula nya.
Jadi kita dukung ini produk bagus.

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 6 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: Google [Bot] and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: