forumselam.com
http://forumselam.com/

LOB tenggelam - live video
http://forumselam.com/viewtopic.php?f=17&t=4647
Page 1 of 1

Author:  >Surya Prihadi [ Sun Feb 02, 2014 1:48 am ]
Post subject:  LOB tenggelam - live video

.

Image


.
http://www.liveaboardthailand.com/boats ... tcode=FLYC


VIDEO SAAT KAPAL INI TENGGELAM
http://www.theblaze.com/stories/2014/01 ... eir-lives/


LOKASI TENGGELAM
http://www.phuketgazette.net/phuket_new ... 24454.html


Ini kapal tampak sekali TOP HEAVY dan freeboard di belakang begitu minim, kalo kena kepret ombak belakang sih mudah tenggelam nih.


Penjelasan Freeboard
Image


.
Dive safe yah guys, tengok2 design yah saat pilih LOB.
.

Author:  >gharonk [ Sat Feb 15, 2014 2:45 pm ]
Post subject:  Re: LOB tenggelam - live video

Mbah Sur,

Design yang top heavy dan tinggi seperti ini juga riskan tatkala ada ombak besar dan kapal bermanuver zig-zag buat menghindarinya, gaya sentrifugalnya membuat kapal rawan terhempas dan kemasukan air.

Desain kapal yang bagus harusnya melalui simulasi dengan pirantilunak khusus dan pengujian skala pilot di lab menghadapi berbagai tipe angin, ombak dan arus. Tapi untuk galangan skala sangat kecil dan skala kecil, opo tumon? Kalau sekelas Damen, Bremen, Daewoo, Dalian dan Hyundai pasti dilakukan...

Salam
Darmawan Mukharror
http://www.sharkdivingindonesia.com

Author:  >timmyfebrin [ Sat Feb 15, 2014 5:59 pm ]
Post subject:  Re: LOB tenggelam - live video

Kalo di baca di berita penyebab tenggelam, dari link diatas :
( http://www.phuketgazette.net/phuket_new ... 24454.html ):

..The ship sank on a calm day near the Similan National Park after an entangled rope partially ripped its propeller out.

..“It had nothing to do with the boat. We got a rope in the propeller that actually broke the propeller off, not all the way, but that’s why water came inside the boat too [fast] to pump it out,” Frank, still in shock, explained.

Author:  >Surya Prihadi [ Sun Feb 16, 2014 7:00 am ]
Post subject:  Re: LOB tenggelam - live video

Jika tali bisa buat propeller "broke off" , propeller lepas tidak bisa buat kapal masuk air.
Propeller shaft lepas, baru bisa air masuk dari stern tube.

Jika propeller shaft bisa lepas hanya karena terlibat tali, artinya propeller shaft spec dan flange nya, dan strut nya dan gearbox mount nya, dan stern tube nya semua tipe abal-abal.

Jika semua underwater propulsion system kuat/bagus, mesin akan mati saat propeller terlibat tali super besar karena over load, atau kopling karet nya di dalam gearbox yang akan jebol ( ada torque limit nya ) , tanpa propeller shaft bisa lepas dari system dan masuk air.

Terparah paling propeller nya bengkok di daun sebab bahan nya lebih lembut dari propeller shaft.....ujung propeller shaft juga bengkok dikit, tapi tak bisa pull-out total itu propeller shaft.

Jadi basically kapal ini, yah abal abal spec nya. :mrgreen:

Author:  >Surya Prihadi [ Sun Feb 16, 2014 7:22 am ]
Post subject:  Re: LOB tenggelam - live video

gharonk wrote:
Mbah Sur,

Design yang top heavy dan tinggi seperti ini juga riskan tatkala ada ombak besar dan kapal bermanuver zig-zag buat menghindarinya, gaya sentrifugalnya membuat kapal rawan terhempas dan kemasukan air.

Desain kapal yang bagus harusnya melalui simulasi dengan pirantilunak khusus dan pengujian skala pilot di lab menghadapi berbagai tipe angin, ombak dan arus. Tapi untuk galangan skala sangat kecil dan skala kecil, opo tumon? Kalau sekelas Damen, Bremen, Daewoo, Dalian dan Hyundai pasti dilakukan...

Salam
Darmawan Mukharror
http://www.sharkdivingindonesia.com


Om,
Archipelago dulu ada salah satu kapal nya yang tinggi atas, karena uber ruangan luas.
Itu tenggelam saat anchoring dan kena badai, di Serangan- Bali kalo tak salah, tak ada tamu sih, pas lagi stand by.

Kapal kayu phinisi yang di Indonesia di design dengan benar, maksud nya ada stability calculation dan ini ono, dan ikuti Germanischer Lloyds standard ada beberapa, tapi tak banyak.

Ini bukan berarti hanya beberapa ini yang bagus, tetapi traditional design di bantu modern technology.
Phinisi yang di buat oleh master builder kawakan bagus kok stability nya, cuma handling nya kayak tokai ajah, tak lincah manuver nya dan posisi pandang mata kapten nya jelek sekali sebab helmstation nya kurang tinggi.

Phinisi yang well engineered.

Silolona
http://www.kastenmarine.com/phinisi.htm


Dunia Baru
http://www.kastenmarine.com/kapal_layar_mesin_36.htm
Khusus Dunia Baru, ini kapal lebih dari 5 tahun baru selesai, sebab owner nya super nyentrik.
Saya sempat bantuan 6 bulan untuk kapal ini, pada stage awalnya, urusin underwater propulsion dan listrik.
Ini sih kapal VERY VERY well engineered dan sudah habis sekitar US$5 juta.
Ini bukan totally commercial vessel, ini owner dream machine dan sekian persen setahun di charter kan.

Image


Phinisi Indonesia banyak dapat sorotan dunia international, sebab history nya panjang dan diving LOB buat Phinisi jadi terkenal.

Cuma jika kita pakai Phinisi asli versi cargo vessel, dan di jadikan dive LOB, kudu modifikasi hull nya sebab tanpa beban cargo, phinisi terlalu "ngambang"....kagak super stabil kalo kosong... saat properly loaded sih mantap.
.

Page 1 of 1 All times are UTC + 7 hours
Powered by phpBB © 2000, 2002, 2005, 2007 phpBB Group
http://www.phpbb.com/