It is currently Fri Dec 15, 2017 1:53 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 61 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next
Author Message
 Post subject: Re: tentang PLB, EPIRB & ELT; 406 Mhz
PostPosted: Sun Mar 09, 2014 5:13 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sat Aug 20, 2011 10:14 am
Posts: 192
Surya Prihadi wrote:

Makin besar diameter, makin lemah sebuah cannister terhadap water pressure. Tapi kalo target 100 meter doank si merem dah.

Image

Custom Diver cara pasang o-ring nya saya tak suka. Single o-ring pulak. Double o-ring si o-ring pertama akan jadi cleaner o-ring, selain waterproofing o-ring. Ketebalan nya 5mm tapi di catut sama drat nya, jadi effective paling 3mm ketebalan
Image

1 radio dgn PLB1 2 biji stack atas bawah dan Icom M72. Ini bisa jika diameter internal cannister bersih 80mm ajah.
Lagi tanya ama OEM nya PLB1, untuk minta coding Indonesia 525.
1 cannister lagi khusus bawa Comet.


benar Om, makanya ingin tetap ramping wadahnya.

Image

untuk masalah o-ring untuk Mark1, evaluasi kami sementara ini adalah memindah salah satu o-ring (yang sekarang 2 buah) ke posisi axial, sementara yang lain tetap di posisi radial. Nah, rencananya akan kami perbaiki di model Mark2.

sementara ini saya belum mempertimbangkan smoke signal untuk dibawa, kecuali Flare(?). Komposisi saya sendiri M34, M88, FF220, mirror signal & lalu flare(?)

untuk PLB1 saya menunggu kabar dari Om, MSRP & RRP berapa ya kira-kira sampai disini ya? Basarnas juga harus diberitahu masalah ini supaya segera punya kodifikasi/protokol internal untuk tipe ini (kasus kemarin McMurdo saat reprogramming hex code yang diberikan Basarnas tak bisa dimasukkan ke PLB sebabnya tak memiliki komponen identitas nasional)

_________________
Would rather be diving than posting!


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: tentang PLB, EPIRB & ELT; 406 Mhz
PostPosted: Sun Mar 09, 2014 6:23 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Flare umur tayang nya pendek. Saya kepikir flare dulu dan pernah kita punya flare di tahun 90an yang bisa di bawa diving sampai 120 feet. Cuma umurnya sekitar 10 dive ato apa gitu, dan kudu di buang.

Flare tidak berikan posisi diver setelah bola api flare jatuh.
Smoke Kit ada kemampuan rentention visual effek nya si asap, amit2 angin tidak kencang banget...sebab selama 3-4 menit smoke kit berasap, sumber asap nya kan tidak putus, maka source nya nampak dari kecil sampai lebar nya.

untuk PLB1 saya menunggu kabar dari Om, MSRP & RRP berapa ya kira-kira sampai disini ya? Basarnas juga harus diberitahu masalah ini supaya segera punya kodifikasi/protokol internal untuk tipe ini (kasus kemarin McMurdo saat reprogramming hex code yang diberikan Basarnas tak bisa dimasukkan ke PLB sebabnya tak memiliki komponen identitas nasional)

Maksudnya Komponen Identitas Nasional itu kayak MMSI kah ?
Maritime Mobile Service Identity ?
Jika memang MMSI kebutuhannya artinya PLB di samakan ama EPIRB dan ELT donk yah ?
Padalah PLB dibuat untuk perorangan doank dan bukan untuk di registrasi bersama surat2 kapal.
PLB tak perlu nempel ama data di IMO, kalo EPIRB harus nempel ama IMO.

Thanks
SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: tentang PLB, EPIRB & ELT; 406 Mhz
PostPosted: Mon Mar 10, 2014 12:38 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Aug 20, 2011 10:14 am
Posts: 192
Surya Prihadi wrote:

Maksudnya Komponen Identitas Nasional itu kayak MMSI kah ?
Maritime Mobile Service Identity ?
Jika memang MMSI kebutuhannya artinya PLB di samakan ama EPIRB dan ELT donk yah ?
Padalah PLB dibuat untuk perorangan doank dan bukan untuk di registrasi bersama surat2 kapal.
PLB tak perlu nempel ama data di IMO, kalo EPIRB harus nempel ama IMO.

Thanks
SP


bukan MMSI Om.
sederhananya begini; PLB yang terdaftar pada agensi SAR suatu negara kan harus terdaftar juga di IBRD (International Beacon Registration Database), dan hal itu harus termaktub dalam 15 Hex-code yang saya peroleh dari agensi SAR negara (BASARNAS).kode pertama yang saya terima tidak bisa diprogram karena ada bit yang kosong yaitu identitas nasional, yang baru kami ketahui kemudian setelah melakukan 'decode'

Image

contoh 'decode', kode hexa tersebut berisi dari 85 bit data seperti diatas. dan bit 41-58 saat pertama kali terima kode hexa-nya, kosong.

Image

dalam gambar diatas, dengan nomor 10002, sebelumnya belum ada kodifikasi identitas di level nasional. ambilah contoh dalam hal teleponi, ITU memberikan kode negara kita 062, tapi bayangkan seandainya kita belum punya kode wilayah dalam negara kita untuk Jakarta misalnya 021 atau Manado 0341. bayangkan kode yang berbeda juga untuk piranti McMurdo, ACR & PLB1, tipe bisa juga berbeda, tahun dan komponen lain apabila ingin disematkan. nah ini yang belum ada waktu itu dalam baris kode Hexa yang diberikan BASARNAS tempo hari.

_________________
Would rather be diving than posting!


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: tentang PLB, EPIRB & ELT; 406 Mhz
PostPosted: Mon Mar 10, 2014 3:04 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Om NDR,

Yg kamu sebut sebagai "Komponen Identitas Nasional" saya rasa artinya ini : NATIONAL LOCATION PROTOCOL
National Location Protocol: This option uses a unique serial number allocated by the competent national authority to uniquely identify the beacon. The National Location Protocols allow for location information of 4-second resolution to be encoded in the beacon message (approximately 120 meters). These protocols are only available in the long message format.


Ini saya punya :

Attachment:
Beacon decode - surya - resize.JPG


Karena kamu punya sudah pakai NATIONAL LOCATION PROTOCOL,
maka FIELD ini hilang : COSPAS SARSAT # 194
194 adalah nomor approval nya McMurdo FF210 di Cospas-Sarsat.


APPROVAL no 194
http://www.cospas-sarsat.org/images/sto ... /194-1.pdf


.
Ini kawan saya punya, daftar dan coded untuk Hong Kong. Juga FF210.
Attachment:
PLB - Hong Kong -kawan saya.JPG



Jadi kayaknya sebelum kita program ulang sebuah PLB, kudu minta nomor "cantik" alias NATIONAL LOCATION PROTOCOL sama Basarnas gitu kah kira2 ? Sesuai dengan surat permohonan kamu ke Basarnas :
http://i.imgur.com/XA7IklD.jpg

Setelah punya nomor cantik baru daftar di Basarnas seperti surat kamu yang satu lagi :
http://i.imgur.com/PdD8ztf.jpg

Betul kah ?

.

sederhananya begini; PLB yang terdaftar pada agensi SAR suatu negara kan harus terdaftar juga di IBRD (International Beacon Registration Database), dan hal itu harus termaktub dalam 15 Hex-code yang saya peroleh dari agensi SAR negara (BASARNAS).kode pertama yang saya terima tidak bisa diprogram karena ada bit yang kosong yaitu identitas nasional, yang baru kami ketahui kemudian setelah melakukan 'decode'
Jadi FIELD nya Serial Number kamu itu 010001 dan 010002 yang terbitkan BASARNAS yah ?
Apa kah nomor HEX kamu masih sama seperti yg di surat 18 Nov 2013 ke Basarnas ?
Jika iya, itu yang 61388 ada salah sebab "contain invalid character" kata IBRD, sebab kurang 1 digit.
Yang 613893 di identifikasikan oleh IBRD sebagai ELT pesawat loh.
Kalau saya punya tidak bisa daftar lagi di IBRD sebab sudah daftar di NOAA-Sarsat kata si IBRD. IBRD sudah ada database PLB saya, cuma dual registration tak boleh. Master database mereka semua toh sharing semua pada level negara atau badan SAR. Kamu punya yang di anggap ELT pun , tidak bisa kamu daftar secara pribadi lagi di IBRD, sudah masuk ke Dept-Hub Udara punya database.
Coba deh ke :
https://www.406registration.com/


USA dan HK pakai system yang mudah, yaitu :
Standard Location Protocol: This option uniquely identifies the PLB using a unique serial number allocated by either the competent national authority or the beacon manufacturer accompanied with the Cospas-Sarsat beacon type approval certificate number.

The Standard Location Protocols allow for location information of 4-second resolution to be encoded in the beacon message (approximately 120 meters). These protocols are only available in the long message format.


Maka nya saya punya dan kawan saya punya ada FIELD :
Cospas-Sarsat #194


Jika PLB dimaksud untuk kemudahan per-orangan, seharusnya cari cara yang paling simple registrasinya.
Yang penting photocopy KTP kita di pegang ama Basarnas, jadi yang iseng pake PLB demi prank, boleh lah di seret pake RIB nya Basarnas pada kecepatan 30 knot...he he he.

Tanggal kamu minta nomor cantik sampai kamu mau daftar itu 11 October ke 18 November. BUSET dah, 1 bulan.
Saya register di NOAA cuma perlu 10 menit, secara on-line.... di kirimin sticker registrasi pulak dari NOAA.

Emang USA kalo soal ginian paling simple kayak nya deh. MMSI bisa minta ama BoatUS bagi per-orangan jika mau pakai DSC. Signal GPS nya ajah di kasih pakai sedunia gratis...coba kalo besok di matikan, tabrakan semua pesawat dan kapal laut tuh.

Ada cara yang registrasi cepat, mudah dan nyaman kah untuk coding 525 Indonesia kah ?

Masak bersiap-siap dan berkelengkapan "takut-mati" saja repot amat... :D


Trims
SP


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: tentang PLB, EPIRB & ELT; 406 Mhz
PostPosted: Mon Mar 10, 2014 8:48 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Aug 20, 2011 10:14 am
Posts: 192
Surya Prihadi wrote:
Jadi kayaknya sebelum kita program ulang sebuah PLB, kudu minta nomor "cantik" alias NATIONAL LOCATION PROTOCOL sama Basarnas gitu kah kira2 ?

sederhananya begini; PLB yang terdaftar pada agensi SAR suatu negara kan harus terdaftar juga di IBRD (International Beacon Registration Database), dan hal itu harus termaktub dalam 15 Hex-code yang saya peroleh dari agensi SAR negara (BASARNAS).kode pertama yang saya terima tidak bisa diprogram karena ada bit yang kosong yaitu identitas nasional, yang baru kami ketahui kemudian setelah melakukan 'decode'
Jadi FIELD nya Serial Number kamu itu 010001 dan 010002 yang terbitkan BASARNAS yah ?
Apa kah nomor HEX kamu masih sama seperti yg di surat 18 Nov 2013 ke Basarnas ?

USA dan HK pakai system yang mudah, yaitu :
Standard Location Protocol: This option uniquely identifies the PLB using a unique serial number allocated by either the competent national authority or the beacon manufacturer accompanied with the Cospas-Sarsat beacon type approval certificate number.

The Standard Location Protocols allow for location information of 4-second resolution to be encoded in the beacon message (approximately 120 meters). These protocols are only available in the long message format.


Jika PLB dimaksud untuk kemudahan per-orangan, seharusnya cari cara yang paling simple registrasinya.
Yang penting photocopy KTP kita di pegang ama Basarnas, jadi yang iseng pake PLB demi prank, boleh lah di seret pake RIB nya Basarnas pada kecepatan 30 knot...he he he.

Tanggal kamu minta nomor cantik sampai kamu mau daftar itu 11 October ke 18 November. BUSET dah, 1 bulan.
Saya register di NOAA cuma perlu 10 menit, secara on-line.... di kirimin sticker registrasi pulak dari NOAA.

Trims
SP


Image

untuk PLB saya lama tersebut hanya karena kode hexa yang diberikan salah atau kosong (yang ini lupa ambil screenshot) sehingga saat hendak dimasukkan ke dalam PLB, tidak bisa. setelah kejadian kemarin seharusnya sudah diperbaiki. registrasinya sebenarnya simpel, identitas saya seperti KTP dan lainnya sudah dipegang BASARNAS juga stiker registrasi. sayangnya sistem mereka belum online. seharusnya segera dibikin online, kami sempat utarakan itu juga ke BASARNAS.

untuk kasus saya lebih lama karena kami ya begitu deh Om, menjelaskan kenapa ini itu tak bisa masuk. nah sampai di titik ini malah saya penasaran rencana hanyut di Gili yang Om Surya utarakan tempo hari itu ^:)^

_________________
Would rather be diving than posting!


Last edited by ndr on Mon Mar 10, 2014 10:23 am, edited 1 time in total.

Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: tentang PLB, EPIRB & ELT; 406 Mhz
PostPosted: Mon Mar 10, 2014 9:09 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Aug 20, 2011 10:14 am
Posts: 192
Surya Prihadi wrote:
Flare umur tayang nya pendek. Saya kepikir flare dulu dan pernah kita punya flare di tahun 90an yang bisa di bawa diving sampai 120 feet. Cuma umurnya sekitar 10 dive ato apa gitu, dan kudu di buang.

Flare tidak berikan posisi diver setelah bola api flare jatuh.
Smoke Kit ada kemampuan rentention visual effek nya si asap, amit2 angin tidak kencang banget...sebab selama 3-4 menit smoke kit berasap, sumber asap nya kan tidak putus, maka source nya nampak dari kecil sampai lebar nya.



wah, kalau begitu mempertimbangkan Smoke Kit deh Om. segera menelpon Buncit :-t

_________________
Would rather be diving than posting!


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: tentang PLB, EPIRB & ELT; 406 Mhz
PostPosted: Mon Mar 10, 2014 11:29 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Kikkik kik :D , rencana hanyut masih jalan , cuman masih delay sebab banyak gawe dadakan nih.
Smoke kit ini nanti mau di pakai di Gili...he he he, jadi tak pakai cannister pun tidak masaalah.
.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: tentang PLB, EPIRB & ELT; 406 Mhz
PostPosted: Mon Mar 10, 2014 11:48 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Aug 20, 2011 10:14 am
Posts: 192
kapan Om Surya ke Gili? berarti ada PR untuk ukuran Smoke Kit ya? bisa kirimkan dimensi & lingkari kit-nya pakai bolpen di kertas dan discan Om? \:D/

_________________
Would rather be diving than posting!


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: tentang PLB, EPIRB & ELT; 406 Mhz
PostPosted: Mon Mar 10, 2014 8:32 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
ndr wrote:
kapan Om Surya ke Gili? berarti ada PR untuk ukuran Smoke Kit ya? bisa kirimkan dimensi & lingkari kit-nya pakai bolpen di kertas dan discan Om? \:D/


Siap Komandan........saya demen dah kalo NDR getol experiment... :-bd

High resolution
http://www.flickr.com/photos/surya-p/13 ... otostream/
http://farm8.staticflickr.com/7397/1305 ... 0126_o.jpg

Teaser
Image

.
Image


Jadwal Gili si pasti abis Deep deh.


Trims

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: tentang PLB, EPIRB & ELT; 406 Mhz
PostPosted: Tue Mar 11, 2014 7:38 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
wan kawan kawan semua. untuk mempermudah acara gili kita, apakah bisa nih canister di jadiin prototip nya dulu pas acara deep jadi nanti kita coba promoin ke semua dive center owner kalo perlu kita undang mereka semua untuk ke gili dan kita bikin di gili aja gmn nih?

jadi nanti di gili kita bisa tes si plb, radio dan juga asap itu kan...

Pak Surya, ada lagi nih orang yg tertarik soal second filter dan nanti bisa kita oprek juga tuh Fast boat mesin suzuky 5x250 PK pak....wah seru nih....jangan takut pak untuk ongkos semua nanti saya suruh kantor beliin buat pak surya sama botol jackD nya hahahah.....

kita coba kampanyekan soal radio ini di Deep besok aja gmn pak....siap NDR untuk mk1 dan 2 nya gak nih?

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: tentang PLB, EPIRB & ELT; 406 Mhz
PostPosted: Mon Mar 17, 2014 8:02 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sat Aug 20, 2011 10:14 am
Posts: 192
tabik Om semua, saya mohon ijin memindahkan perbincangan radio & komunikasi ke thread baru, masih dibawah sub Diving Safety ya. tujuannya apa? agar anggota baru forumselam dapat mencari dan membacanya lebih mudah :D

_________________
Would rather be diving than posting!


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: tentang PLB, EPIRB & ELT; 406 Mhz
PostPosted: Mon Mar 17, 2014 8:11 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
ndr wrote:
tabik Om semua, saya mohon ijin memindahkan perbincangan radio & komunikasi ke thread baru, masih dibawah sub Diving Safety ya. tujuannya apa? agar anggota baru forumselam dapat mencari dan membacanya lebih mudah :D


Siap Komandan....lakukan segera :D

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: tentang PLB, EPIRB & ELT; 406 Mhz
PostPosted: Tue Mar 18, 2014 9:49 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Aug 20, 2011 10:14 am
Posts: 192
Surya Prihadi wrote:
ndr wrote:
tabik Om semua, saya mohon ijin memindahkan perbincangan radio & komunikasi ke thread baru, masih dibawah sub Diving Safety ya. tujuannya apa? agar anggota baru forumselam dapat mencari dan membacanya lebih mudah :D


Siap Komandan....lakukan segera :D


Percakapan tentang radio dan komunikasi dipindah ke http://www.forumselam.com/viewtopic.php?f=17&t=4764 masih di bawah Diving Safety, tabik Om semua ^:)^

_________________
Would rather be diving than posting!


Top
 Profile  
 
 Post subject: tentang radio & komunikasi
PostPosted: Tue Mar 18, 2014 1:03 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri May 17, 2013 10:49 am
Posts: 76
Location: Jakarta
Pembahasannya sepertinya sudah agak advance nih :D

Sorry pertanyaan newbie. Di Jakarta yang jual PLB beserta canisternya dimana ya? I would assume Seapearl? Lalu ketika pertama kali itu PLB dibuka dari bungkusnya, kita harus registrasi dulu ke Basarnas otherwise PLBnya gak berguna gitu?

Again, sorry for the very newbie question. Thanks


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: tentang PLB, EPIRB & ELT; 406 Mhz
PostPosted: Tue Mar 18, 2014 3:43 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sat Aug 20, 2011 10:14 am
Posts: 192
Gyo wrote:
Pembahasannya sepertinya sudah agak advance nih :D

Sorry pertanyaan newbie. Di Jakarta yang jual PLB beserta canisternya dimana ya? I would assume Seapearl? Lalu ketika pertama kali itu PLB dibuka dari bungkusnya, kita harus registrasi dulu ke Basarnas otherwise PLBnya gak berguna gitu?

Again, sorry for the very newbie question. Thanks


kalau McMurdo ada di Jakarta, kalau PLB1 saya belum tahu apakah Sea Pearl sudah mulai memasarkannya. ada yang membeli PLB programmed (dengan kode/bendera negara tertentu) ada yang un-programmed (tanpa kode/bendera negara). Alat itu tetap akan memancarkan sinyal di 406Mhz ke Cospas-Sarsat, kebanyakan agensi SAR nasional sebuah negara memantau atau menjadi operator LUT-MMC (lihat gambar dan bagan di halaman pertama posting ini), untuk itu lah sebaiknya PLB/EPIRB/ELT ini terdaftar, seperti misalnya PLB saya, saya saat itu belinya un-programmed, kemudian mendaftarkannya di Basarnas untuk dapat kode 525 (Indonesia)

_________________
Would rather be diving than posting!


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 61 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: