It is currently Mon Oct 23, 2017 6:05 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 47 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4  Next
Author Message
 Post subject: Diving di Trawangan, timbul di Penida...
PostPosted: Fri Sep 27, 2013 5:22 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Sep 16, 2011 10:30 am
Posts: 59
Location: Jakarta
Jauh juga nih timbulnya...
Ada yang punya info lebih lengkap?
http://tv.detik.com/readvideo/2013/09/2 ... 9681/title

_________________
-home is wherever I am-
Kresna Astraatmadja, Jakarta


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diving di Trawangan, timbul di Penida...
PostPosted: Fri Sep 27, 2013 7:10 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
wah.. survived.. jadi penasaran pengen tau ceritanya

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diving di Trawangan, timbul di Penida...
PostPosted: Fri Sep 27, 2013 9:16 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
oceanographer wrote:
wah.. survived.. jadi penasaran pengen tau ceritanya


Cerita nya kagak bawah radio di casing waterproof dan dive boat kagak ada observer di kalungin radio di leher nya......... Kagak bawa senter nempel permanent kagak boleh lepas dari BCD. :-?

That is the fact, apapun cerita nya. :-@


Untuk full story, tanya Audita, kayak nya dia tau deh.

Facts nya dari berita TV :
1.5 hari hanyut.

Gili T ke Penida = +-70 km.........mantap.

Hari gini masih bisa hanyut mah kacau............. kacau asset safety gear, kacau SOP dive boat dan search pattern nya. :mrgreen:

Makin sering saya baca berita hanyut makin sebel dengarnya, sebab sejelek-jelek nya Nautilus diver radio, itu alat udah ada hampir 1.5 tahun beredar di pasaran. Kalo versi DIY dengan model unit saya yang radio masuk ke senter di anggap tidak cool, pilih lah Nautilus.

Pada lokasi dengan arus NYATA kuat kayak Selat Bali, investment sebuah dive center dengan 10 radio M24 Icom si TERmurah TERmeriah 1.5jt-an dan housing senter US$90an + 2 radio untuk observer di kapal, masih cuma paling top 27jt di breakdown 700 dive setahun kepakai dan umur pakai 2 tahun deh........atau 1,400 dive.
Per dive cost nya cuma Rp20,000 biaya peace of mind. Masih tidak di anggap essential gear ? :((

Saya dan tim inti kalo kagak bawa radio semenjak 2003 mah udah jadi Janda berkali-kali bini ku, kawan bini ku juga dan suami kawan ku pun jadi Duda juga.

Kawan2 ForSel, coba cam kan baik baik.
Icom M24 1.5jt-an, beli 2. Satu anda pakai, satu di gantungin di leher kapten/kru.
1 senter selam jadi housing radio. Taro lah 4.7jt. Is ur life worth that little ?

Paling "sedih" tuh jika amit2, suatu saat ada kawan Forsel hanyut dan game-over hanyut tak tertolong gara-gara diver tak kelihatan oleh kapal. Biasa ini mah, diver bisa tengok kapal tapi kapal tak tengok diver.
Padahal, dia sudah baca soal saya bahas radio berulang2 kali dari jaman SDI..........masuk kuping kiri keluar kuping kanan doank, lalu dalam doa saya........ masak saya bilang " I told you so !! ".

Nyari diver hilang itu mahal SAR nya. Tapi yang termahal adalah rasa kehilangan keluarga yang kita tinggalkan.
Ini priceless dan tidak bisa di ukur ama $$.

Semakin kita sering menyelam di daerah ada arus di atas 1 knot lah dan dekat open ocean, semakin tinggi probability bahwa suatu saat akan hanyut di luar jarak kemampuan kru memandang dengan mata. Sooner or later, it will most likely happen, its a matter of how often you dive. Pertanyaan nya adalah, jika sampai terjadi, apakah selalu ada nelayan yang kebetulan bantuin kita ? :ympray:

:cry: :cry:
.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diving di Trawangan, timbul di Penida...
PostPosted: Fri Sep 27, 2013 10:25 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Sep 16, 2011 10:30 am
Posts: 59
Location: Jakarta
Tambahan berita:
http://www.thejakartapost.com/news/2013 ... scued.html
sama potonya http://www.thejakartapost.com/news/2013 ... saved.html

berita lokal:
http://lomboktoday.co.id/read/2013/09/2 ... angan.html
http://lomboktoday.co.id/read/2013/09/2 ... lamat.html

Kalo liat wajahnya, itu instrukturnya kalo ga salah dari Dream Divers, tempat saya ambil OW dulu...

_________________
-home is wherever I am-
Kresna Astraatmadja, Jakarta


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diving di Trawangan, timbul di Penida...
PostPosted: Mon Sep 30, 2013 10:29 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Nih copas cerita detailnya oleh Guillame Carnevale di salah satu fb group khusus diving safety:

Incident 25-09-2013

Victims:
- Havis : Indonesian instructor with over 15 years experience diving in Gili
- Julie : French diver Advanced and CMAS** with nearly 100 dives

Dive site : Halik - Lombok - - Indonesia Northern Gili Trawangan Island

Problem: Both divers are caught in a very unusual and powerful undercurrent and after a quick decision of the instructor to resurface (11 minutes immersion) it is already too late and the two divers began a long drift that will end in Bali (about 80km as the crow flies) .

Sequence of events:
Havis and Julie went for a dive on the site Halik. Immersion was done at 11am for a planned return to 11:45 max noon.
The crew on the boat waiting for the divers return to the surface until 12:15 (15 minutes after maximum expected return) before starting the research procedures.

The boat Scuba Froggy supported by the boat Buddha Dive went in search of the missing divers towards the sea in the direction of currents.

At 12:30 after no sign of life divers alert is sent to all boats on site (6 that day), the majority of diving clubs on the three Gili and a Search and Rescue service in the islands. A total of 6 different diving clubs boats (Blue Marlin, Dream Divers, dive 3W, Lombok Dive, Dolphin Dive, Buddha Dive) and two small fast boat begin a coordinated research on a larger scale. Other structures not mentioned are certainly involved in this research without identifying themselves and we thank them.

At 14h and after having found nothing Scuba Froggy orders a helicopter to come and search the area to a large radius. The helicopter arrived from Bali to Gili Trawangan at 15h. From 15h to 17h helicopter of a private company surveyed the sky towards the south west to 30km wide and changed course to the north east more than 40km from the coast in vain (south west and north east being major currents off the Gili islands).

18h end of the day search supported by vessels of other companies as well as private.

20h launching a night boat search from Lombok SAR (Search And Rescue Lombok ) team to patrol the entire area south of Lombok and this throughout the night .

In the meantime 12:30 - 20h all fishermen Bali and Lombok are alerted of the disappearance of two divers, all Fast Boat companies making the link between Bali and Lombok are cautioned that forward half - speed and look for these divers at that time all the areas in South , South West, North and North East are covered area of South Bali and all three Gili islands (Trawangan, Meno and Air) by an armada of fishing boat, fast boat, private and commercial structures.

At nightfall Scuba Froggy in coordination with the SAR team , the general of the Air Force and the General of Navy Lombok, managers of some diving structures of Lombok as well as members of the instructor family the research for the coming day are organized with a helicopter flight over the north , an ultralight plane from the Air Force in flight over the southern area with two pilots can fly all day , the same armada of boat, a small fast boat off Gili Trawangan northbound , a dive boat heading north along the coast , a small fast boat and a dive boat heading south the first remote coasts and the second nearby coasts and finally three boats from three different dive center in Bali present on the southern part of the island .

8am a call is received informing that the divers disappeared the day before were found by a Balinese fisherman and they are safe, tired but in good mental and physical health.
Repatriation of Lombok was made by a fast boat at 14h and their arrival was acclaimed by a crowd of rescue workers and family members.

In total they will drift more than 20 hours and a team of more than a hundred people were mobilized to find them.

Our greatest satisfaction is that after all the efforts made and resources put into works quickly and coordinated we allowed these people to find their family.

No wrong with the instructor who made the right decisions at the right time on a site that he knew perfectly.
No wrong with the ship's crew which wasn’t suspecting any strong undercurrent of a well-known and regularly dived site.

We want in the name of Scuba Froggy to thank all those who have mobilized and responded present to the rescue ( Blue Marlin , Dream Divers , Dolphin Dive School, Dive Buddha , Lombok Dive, Dive 3W , the SAR team , general the air Force and navy Lombok, Bali air , all fishermen present companies fast boat connection between Bali and Lombok , private as Kus , Erwin , Onk , and many others even as the list goes on) and helped by their moral and material support to find and save the lives of these two divers .

Also thank you to all the Scuba Froggy team for his full involvement.

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diving di Trawangan, timbul di Penida...
PostPosted: Tue Oct 01, 2013 12:14 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Thanks Bro Rendra.......

Boys n Girls .........

Ini contoh baik. 15 tahun pun pengalaman sang instructor, there is always a 1st time.
Mau diving dari orok pun, jika arus lebih kuat dari kemampuan finning kita, yah hanyut lah.....its a given.

Untuk kawan2 yang belum pernah experiment berapa jauh mata bisa memandang sebuah sosis ukuran standard ( diameter 3 inchi, panjang tegak di air 1.6 - 2 meter ) yang KHUSUS mata kita mencari, laut teduh, matahari mid day alias tak silau .......cuma 900 meter doank.

11 menit jika konon arus kuat, 3 knot lah = 1,020 meter sudah.......yah resiko.

Dana SAR, 2 jam heli dan asumsi bukan Robinson 44 = US$6,000 merem ini SAR nya doank. Mobilization dari Bali>>Lombok dan de-mob = 1 jam. US$3,000 lagi.

Kapal lain bantu, heli negara dan etc etc = merem Rp30 juta ludes.

Rp130an juta ludes melayang, belum spot jantung saudara & kawan.

1,020 meter sih belum jauh itu. Cuma kalo typical Dive Center pasti1 kapal banyak diver, jadi serba lelet dan lelet = drift makin jauh.

Semakin banyak diver di satu kapal, semakin rendah daya observasi kru sebagai spotter diver nongol, sebab repot angkatin BCD, weight belt dan ini ono saat diver mau naik ke kapal.......lain kalo lokasi kayak Lembeh dan drift jarang terjadi. Yang akan paling sial adalah diver paling jauh, dan kelompok paling kecil.
Jika 12 diver dan berkelompok 5 + 5 + 2, lalu si 2 paling jauh, apes dah sebab naikin 1 diver ke kapal tak kurang dari 90 detik per diver bagi yang relatif gesit baik diver atau kru nya. Kalo yang 10 diver ini adalah open water course student semua, mati lah.

Pada kondisi arus kencang, si kelompok 2 diver jika paling downstream, 10 diver x 90 detik atau 15 menit hilang sudah kemampuan spotter dive boat............kecuali ada dedicated spotter selalu, gantian tugas ama yang angkatin BCD tamu.

Maka kudu di cek berapa diver di kapal itu.
Story line jemput diver satu sampai terakhir , tak termasuk dua drifter ini bagaimana ?
Yang diver lain diving drift juga atau banyak yang foto2 dan diam di lokasi drop zone ?
Semakin beda profile 1 kelompok diver di atas 1 kapal, semakin resiko diver yang doyan drift sebab jika semua sama2 drift walaupun beda jarak, yang so pasti adalah kapal akan makin downstream alias makin dekat ama diver terjauh...resiko tak nampak diver terjauh lebih minim. Coba kalo sebagian tukang photo dan betah di radius 100 meter ?

Siapapun yang organize dive session 1 kapal doank, isi 10 orang.... lalu 8 adalah photographer di mix ama 2 drifter, yah resiko besar bagi si drifter.

Maka kalo diving, kapal jangan gede dan isi banyak orang dan hardcore photographer di mix ama drifter atau pun casual sight-seeing diver. Isi max 6 cukup, jika lokasi ada arus 1+ knot. Yang hardcore photo jadikan 1 trip/kapal khusus.

Satu hal lagi yang jelek bagi kebanyakan aktivitas adalah : apa yang saya sebut "omprengan effek".
Apa itu "omprengan effek" ?

Coba nyetir ke Pelabuhan Ratu. Jalan Raya Cibadak mulai dari tol exit Jagorawi sampai pabrik Aqua atau Lido deh.
Saat macet arah naik nya, apa yang akan terjadi ?
Omprengan yang sehari merajalela 10+ jam di jalanan ini, akan sodok anda dari kiri, dari kanan dan tidak hiraukan bahaya head on collision dengan truk Aqua dan truk pasir yang sedang turun. Dimana hari hari rutinitas sama di lakukan, akan timbul ba'al kayak mati rasa, mati rasa takut maksudnya dan PD berlebihan dan semua bahaya jadi di anggap so-what-gitu-loh.........soal kecil.

Sama dengan diving di lokasi yang itu2 juga hari demi hari, tahun demi tahun dan sering lah risk is taken for granted.

Kalo kata Mas Tukul..........balik lagi ke RA........DIO.... :mrgreen:

.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diving di Trawangan, timbul di Penida...
PostPosted: Tue Oct 01, 2013 8:14 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Jul 18, 2006 9:25 am
Posts: 399
Location: Sanur - Bali
Betul Om Surya, apalagi menurut lomboktoday.com itu, paket dive-nya paket ekstrim :D

_________________
@divephotobali


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diving di Trawangan, timbul di Penida...
PostPosted: Tue Oct 01, 2013 10:37 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Dalam info Paket Ekstrim itu apakah memang sudah inclusive menikmati pengalaman hanyut bro? Dipikir-pikir seru juga loh bikin paket begitu... tapi yah monitored maksudnya.... :D

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diving di Trawangan, timbul di Penida...
PostPosted: Tue Oct 01, 2013 12:32 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Om Chris,

Saya pas millenium 2000 diving di Nusa Penida. Kalo kagak salah dekat ponton quick silver , pokok nya ada ponton lah. Itu 1st time di N-Penida. Ikut dive center mana gitu, lupa neh, yang pasti private trip bagi saya dan 2 kawan lagi. Anyway 3 diver doank + 1 dive guide = 4 diver.

Guide bawa float khusus ( kayak freediver hunting float, torpedo shape ) dan tali panjang.
Itu float nya jadi visual indicator bagi dive boat untuk ikutin terus.
Arus memang kencang, 2+ knot, tapi pasti di bawah 3 knot.
Terbang2 lah kita bertiga dan guide nya.

Drift nya lumayan lah, the entire dive, jadi pasti 1.5 - 2KM dari drop zone ke pick up point ada tuh.


Anyway BOYS n GIRLS, nyambung lagi bacot ku........... :-@

Di luar dari beda diving profile 1 kelompok di atas 1 dive boat, selama ini case study yang saya kumpulin among my dive core team, ada 1 hal juga yang bisa bahayakan diver lain. Jika ada 1 diver di kapal kita ( asumsi lokasi arus dan pasti bisa hanyut) yang suka main dalam dan hasilnya adalah perlu deco dan tambah pulak 3 menit safety stop, cukup deco 10 menit itu diver, sudah lah ia membuat bahaya diver lain, jika dive boat cuma ada 1.

Jika dive boat tengok sosis diver yang sedang deco stop, hampir bisa di jamin akan di tungguin sosis itu.
Pada lokasi drift yang akhirnya akan drift ke ujung pulau ( tanjung ) , eddy current di ujung pulau belum tentu akan kirim arah hanyut final si diver selalu sama di open water nya, walaupun posisi hanyut mirip sekali saat diver mental dari tanjung tersebut. Saya sudah dokumentasikan drift patten 2009 - 2011 di Ambon , Manipa Light house yang saya sudah dive minimal 100 kali, arus 95% dominan dari utara ke selatan....tetap saja karena nama nya mother nature, hanyut ke selatan PASTI, tapi shifting ke East-West nya yang tak pernah sama.

Pada durasi drift 20 menit setelah exit dari tanjung tersebut, 2 diver bisa "mekar" jarak East-West sejauh 1 KM, edan. Jauh ke Selatan nya mirip deh, mekar nya kagak tahan. Ini light house di atas pulau batu dan tinggi pulak.
Dive spot bagi para drifter tertutup oleh pulau batu ini secara visual, resiko naik. Radio pun tak tembus ke utara nya pulau batu ini di mana dive spot berada, double resiko lagi. Ini pulau batu memanjang East-West cuma paling 650 meter.

Obat nya cuma 1, selain semua team saya emang bawa radio dan sebagian bawa PLB juga, rubber boat banyakin.
10 diver, saya siapkan 3 rubber boat.

Rubber boat terkecil nongkrong di plontang dive spot. Sisi utara.
2 rubber boat lagi masing masing jaga kuadran Timur dan Barat, di mana cukup ujung mereka stand by dan bisa tengok sisi utara alias dive spot dan bisa intip sisi selatan sekaligus.



SEMUA ILUSTRASI adalah NORTH UP
.
Attachment:
Drift diary.JPG


.
Attachment:
Drift diary v2.JPG


.
Attachment:
Drift diary v3.JPG



RIB 5.3 meter tercepat dengan mesin 140HP dapat jatah SAR terjauh saat times-up untuk cari diver di zona 2000 meter and beyond.

Rubber boat medium size dengan 40PK, jaga lapis tengah radius 1000 meter downstream.

Itu case study Jimmy 2009 4,000 meter driftnya dan tanpa radio akan hilang dia.
Cerita nya panjang lah kenapa 4,000 an meter baru nongol dia dan sosis tidak berkibar saat deco stop.
Deco nya 25 menit FYI.

Kasus Hendro, radio nya masuk air dan total loss. Tertolong oleh senter blinker yang saya kasih ke dia saat dia awal deco stop. 23 menit deco requirement dia dan sosis nya sudah berkibar di utara pulau, tak jauh dari dive spot.
Hendro sempat hilang karena rubber boat medium saat itu jagain RAMBO yang juga deco dan saya cari 1 diver lagi orang Belanda yang belum nongol2 juga ( sosis Hendro saya tinggalkan ), di asumsikan sudah drift jauh.

Cari punya cari si Belanda, tau tau nya ia anak baik dan naik ikut tali plontang dan rubber boat terkecil radio kan ke saya bahwa last diver sudah naik. SOP adalah semua diver yang naik ke rubber boat, di udarakan lah via radio ke semua rubber boat posisi diver tersebut, supaya tidak ada salah asumsi John Doe di rubber boat A atau B, padahal masih di air.

Balik donk cari Hendro....lenyap sudah Hendro, sosis tak nampak neh. :shock:

Setelah RAMBO tuntas deco nya, rubber boat medium size saya minta lakukan search pattern east west 500 meter dan melebar ke south, saya lakukan search pattern north-south mulai dari 2,000 meter downstream ke arah 3000 meter.....cuma salah nya adalah, saya pakai posisi RAMBO sebagai visual assumption bahwa Hendro tidak akan drift jauh ke east seperti kenyataan, wong ini dua melesat dari tanjung sisi barat beda cuma 7 menit.

Senter blinker Hendro lah yang buat rubber boat medium size tengok Hendro nun jauh, sebab udah mau gelap 5:30PM ish jadi senter 200 lumens ajah ampuh.

Tanpa radio dan senter blinker, 5 kawan saya dan termasuk saya , 99% mungkin sudah good bye lah.

Pertanyaan nya adalah, berapa sering diving ada support ama rubber boat sampai banyak gini ?
Kita pakai LOB Tiger Blue kalo di ambon. Owner nya kita paksa untuk adakan rubber boat medium size, tadi nya cuma baby size 15HP rubber boat 2.7 meter dan 5.3 meter fast RIB 140HP.

Saat trip awal masih dua rubber boat doank 2009, saya pinjam kapal fiberglass kecil milik kawan dengan 40HP dan di bawa lah itu fiberglass boat kecil dari Bali ampe Ambon dan keliling R4 di seret di belakang LOB ini dan ampir 6 bulan baru balik ke Bali...ha ha ha.

Bagi yang doyan LOB di area arus kuat.
Jika LOB cuma punya 2 rubber boat dan layani 12-16 diver pulak, hati2 yah. 3 rubber adalah minimal pada kondisi challenging. Mother vessel too big lah, anggap bukan SAR platform.

Memang core team saya kalo diving semua solo, jadi potensi drift beda beda waktu dan posisi nongol sangat tinggi.

.
Attachment:
Drift diary v6.JPG


.
Attachment:
Drift diary v5.JPG



Bagi yang belum tau, Selat Capalulu adalah lokasi dengan arus terkuat di Indonesia. Bukan Komodo, bukan Alor.
Cuma tak ada yang diving di Selat Capalulu. Tengok tabel arus, bisa 9.xx knot pada peak.

Light House di sisi barat Pulau Manipa yang favorit saya, jika arus lagi kencang, 4+ knot mudah tuh dan whirpool nya, down current nya lumayan.

Ambon sisi selatan nya pulau AMBON, aman tuh, kayak Pintu Kota atau apa di panggilnya.
Kalo di Ambon Bay yah so pasti aman damai tentram lah.

Selain kita emang sengaja mau bunuh diri, tidak kena stroke jantung dan kelelep mid water, tidak ke sedot down current ampe abbys dan good-bye, tidak kejedot kepala dan pingsan saat drift di arus kuat, tidak keracunan udara dari tabung selam........asal asset safety cukup, diving bisa di buat aman, its just a matter of dollars and cents and a good common sense.


Blup blup blup


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diving di Trawangan, timbul di Penida...
PostPosted: Wed Oct 02, 2013 4:28 pm 
Offline

Joined: Tue Sep 17, 2013 3:48 pm
Posts: 7
Location: Bandung
Om Surya,

Thanks buat sharingnya, sebagai newbie jd banyak tau tentang diving safety dan bahayanya arus di laut.

Bacax berita di diving safety section, malah buat Saya makin waspada dan sebisa mungkin tambahin alatx keselamatan buat gear Saya.

Yang jadi pertanyaan bagi Saya, kenapa dive operator pada peditx sih sama alatx keselamatan? Padahal kita diving, lumayan mahal di charge oleh mereka. :?


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diving di Trawangan, timbul di Penida...
PostPosted: Wed Oct 02, 2013 5:42 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Sep 25, 2013 9:13 pm
Posts: 16
Location: Sydney
Untuk diver yang pakai Nautilus Lifeline, ini ada good idea dari diver di sini, dia selalu bawa information card untuk di kasih ke awak kapal buat tambahan safety sebab banyak juga orang yang ngga kenal sama alat ini. Beberapa info pastinya harus di ganti untuk diving di Indonesia. Saya copy paste aja ya.

Quote:
As I dive on many boats, commercial and private, I’ve put together this little card that I give to new skippers (captains) that describes the NL and how I use it. from my experience to date I’ve found that skippers are very welcoming of such information as many had never heard of the NL before. I’ve also encountered about 20-30% of commercial charter boats that don’t have DSC enabled VHF radios, and slightly more recreational boats without them too as VHF is more of a commercial frequency in Australia. On the back side I’ve also included our red/yellow surface marker buoy protocol, though I understand this may not be everyone’s cup of tea. For reference, here is a word document for those wanting to do a similar thing – the template is free and re-use or modification is welcome without permission.


Attachment:
nautilus-card.jpg


Download templatenya di: http://damiensiviero.com/wp-content/uploads/2013/03/Nautilus-Lifeline-Diver-Boat-Card.docx
Source: http://damiensiviero.com/nautilus-lifeline-an-18-month-review/


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diving di Trawangan, timbul di Penida...
PostPosted: Wed Oct 02, 2013 6:37 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
hahaha bukan kejadian perta,a yah pak surya...selalu hati2 dan kalo ke jkt jgn lupa kuliah di surya diving school tuh hahahah atau grogol institute of teknologi nih

kejadiaannya sebenernya cukup simple dan menurut saya itu semua masih bs dihindari dgn prosedur yang tepat di gili, hanya kadang2 kita mau kasih tau yg "menurut' kita benar tapi orang selalu jawab saya sudah berpengalaman lama di gili, jd ya silahkan saja ditunggu

buat saya salah satu cara tersimple untuk dive safe adalah usahakan selalu surfacing di shalow water dan safety stop di 5m sambil kita liat dasarnya, jgn pernah safety stop di Blue water karena di blu kita gak tau posisi kita kebawa arus dah sampe mana, tiba2 naik dah jauh bener sama pulau dan gak ada boat yg jemput tuh. biasanya kasusnya seperti itu, kecuali kaya pak surya tuh solo diving , tapi rubber boat banyak dan safety nya jg sangat ketat, tetapi ini jug jgn ditiru yah kalo gak sama yg pengalaman nih.

untuk soal nautilus kalo saya no coment deh, dikasih jg gak mau deh saya, dah banyak nih bangke nya buat yg masih penasaran bahwa barang ini bs berfungsi, mungkin kl perlu owner toko yg jualan nautilus disuruh pake sendiri dan disuruh balik ke kapal hanya ngandelin alat ini aja deh. silahkan dicoba deh tuh kalo buat yg penasaran. yg paling aman adalah kaya pak surya pake marine HT dan D9 canister. kalo saya sih pake pipa pralon ditutup dan masukin hp nokia yg 200 rb an masukin dalem plastik es biar water proof, ini masih kepake selama masih ada signal, seperti disekitaran gili.

nah skr adalh pertanyaan besar dimana Apakah kalo kita semua bawa alat keselamatan apakah kita bisa menggunakannya dgn bener. misal bisa gak kita ngembungin smb? kalo bisa, berapa lama waktu yg dibutuhkan?
kalo kita bawa nautilus atau Ht atau HP dan sdh bs komunikasi dgn boat, trus gmn cara si boat tau lokasi kita? laut kan luas coy.

nah ayolah dibuat safety driling lg nih untuk ngasah dalam keadaan emergensi... ayo kapan dan siapa mau sponsorin nih

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diving di Trawangan, timbul di Penida...
PostPosted: Wed Oct 02, 2013 6:52 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
.
NOTE : DSC ( Digital Selective Calling ) di Indonesia izin nya susah dapat, harus ada surat kapal dan baru terbit lah MMSI alias Maritime Mobile Service Identity . Tanpa MMSI tak bisa dapat buka/aktivasi DSC. Ini sudah pernah di bahas.

Lupakan embel2 GPS embedded radio seperti Nautilus, pakai the real Radio + GPS seperti :
Icom M92D ( Icom Indonesia alias Mirusa Graha tidak stock ini )
http://www.icomamerica.com/en/products/ ... fault.aspx

Atau

Standard Horizon HX851 ( Mirusa Graha juga distributor nya )
http://www.standardhorizon.com/indexVS. ... Archived=0

Saya ada 2 unit HX850 nya, model lama.

Untuk built quality, susah lawan Icom deh.

Anyway, pelajari lokasi selam anda dan jangan harap dive boat pada umumnya ada radio fix mounted yang DSC nya hidup pulak, sebab surat kapal kecil jika pakai surat radio segala ribet bagi pemilik. Jadi DSC tidak akan aktif.
Jika dive boat pakai mesin tempel 40 PK, starter tangan.....aki tidak ada euyy, jadi radio pun tidak ada....pada umumnya.

Diver hanyut selalu umumnya bisa lihat kapal atau masih bisa lihat pulau , maka bearing compass adalah cara terbaik untuk me radiokan posisi anda. Maka biasakan lah tembak kompass ke reef tempat anda turun, jadi ada acuan. Bahwa arus ke arah X ( N-S-E-W ) sebab karang ada di Y. Seperti parkir di mall besar lah, cam kan lantai dan nomor slot parkir kita.


Belajar pakai radio dulu, baru pakai sebagai diver's radio. Ada sopan santun baku ber radio.
Briefing ke crew How & Why nya. Test run pada dive 1 dengan mainkan radio nya saat di permukaaan, simulasi pakai recipocal bearing compass ( banyak kapal tak punya kompas yah, hati2, tapi kru selalu tau mana Utara ).
Jangan pas butuh tuh radio baru oprek2 di air.

Soal volume control tidak di preset pada 70% saja bisa kasus tuh, mau dengar apa kru kapal jika radio volume pada enol ?

SEBAIKNYA, Jangan menghayal yang canggih2 lah pakai GPS segala, pakai basic MARINE VHF saja sudah cukup dan paling gampang.

IPX7 atau IPX8 rated submmersible Marine Radio is your best friend deh.

DSC kalo di USA sih sudah umum dan per orangan tidak perlu pakai surat kapal untuk dapatkan
Maritime Mobile Service Identity (MMSI), cukup daftar di BOAT-US.

Ingat BELI 1 RADIO LAGI DAN GANTUNG DI LEHER KRU.
Jangan andalkan siapapun kalo soal safety pakai biaya.


Been there done that........kalian terima bersih ajah, tidak usah pusing :mrgreen:

AA. NEXT step, selalu minta dua kapal saat diving daerah rawan. Cukup rubber boat kecil isi 2 diver pun tak masaalah, ini akan sangat2 bantu.

BB. NEXT Step beli PLB dalam cannister.

CC. NEXT Step beli cannister besar dan masukin Thuraya XT Sat-Phone . Indo masuk dalam coverage nya
http://www.thuraya.com/network-coverage
Pakai water tight bag. Ini ada SOS button yang fungsi mirip dengan PLB.
http://www.thuraya.com/content/thuraya- ... ost-desert


Jika AA-CC lengkap dan masih hanyut ( tak kelelep yah ) dan hilang juga, yah SIAL nama nya :D

.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diving di Trawangan, timbul di Penida...
PostPosted: Wed Oct 02, 2013 8:55 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Dita, masih mau bangke Nautilus gak? Ada nih di rumah gw! Hahahahaha.....

Yep bener kata mbah Surya, mending bawa marine radio atau karuan VHF 2 meteran yg IPX standard, masukin canister.

Kalo tempatnya bener2 ekstrim, bawa juga PLB seperti McMurdo FastFind, masukin canister....

Ada Thuraya XT, masukin juga ke canister...

Jangan lupa bawa air minum sama makanan....

Halcyon juga punya inflatable buat diver tuh... Surf Shuttle namanya, bisa dilipet kecil dan masuk kantong di BCD...

Masih ilang juga? bener2 apes....

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diving di Trawangan, timbul di Penida...
PostPosted: Wed Oct 02, 2013 11:22 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
.
Radio Time Line ( market introduction nya ) & How To Choose a Radio

1 - Icom M1 ( super jadul ), murni untuk perahu karet doank.
Kagak perlu di bahas. Obselete sudah.

2 - Icom M88, model ini sudah lama sekali beredar dan masih populer dan smallest in the world IPX7 ( 1 meter 30 menit submmersible ) saat keluar.
Con - TENGGELAM
Con - Mahal
Con - Antena plastik kaku, di tekuk lama2 akan patah
Con - Siap2 ganti battery saat korosi di charging point

Pro - Imut kaleeee
Pro - Umur batere lumayan, 1,700 Mah 7.2V


3 - Icom M72, raja nya batere, 2,000 mAH dan 6 watt transmission power.
Con - TENGGELAM
Con - Siap2 ganti battery saat korosi di charging point

Pro - Battery terbesar 2,000 Mah 7.2V atau 14.4 watt
Pro - 6 Watt TX
Pro - Antena karet, jadi di tekuk dalam senter kagak patah


4 - Standard Horixon HX850 S GPS & DSC capable
Con - Gede sebab di buat bisa ngambang, maka kudu besar foot print nya
Con - Konstruksi tak sebagus Icom
Con - Karena FLOATING, batere kecil 1,350 mAH 7.2V
Con - Yah mahal lah yau

Pro - FLOATING
Pro - Embedded GPS
Pro - DSC Capable ( where applicable )
Pro - SOS Strobe
Pro - Antena karet, jadi di tekuk dalam senter kagak patah


5 - Icom M24

Pro - Floating & FLASHING bukan strobe tapi lampu kecil, jadi tak hilang saat jatuh di air malam hari
Pro - Murah

Pro - AquaQuake draining function. The vibrating "buzz" sound clears water away from the speaker grill.
NOTE : Radio No 2 sampai 4, kita harus tiup-tiup speaker grille + kepret2 supaya air yang kejebak bisa keluar,
jika tidak audio akan mendem 80% dan user pikir radio rusak. Ini sering terjadi jika radio kelelep 1-2 menit.

Pro - Batere bener2 batere doank dan bukan casing + batere. Charging dari atas, pakai seal dan o-ring,
jadi contact point batere kagak korosi kayak Radio No 2 sampai 4.

Pro - Antena karet, jadi di tekuk dalam senter kagak patah

Con - Batere banci abis. 1,500 mAh 3.7V, maka ini cuma 5.55 watt power density

.
Image

.
Image

.
Image

.


DIMENSI
.
Image

.
Image

Tengok HX850S Standard Com, baru kena siksa dikit sudah gompal body nya , LINGKARAN PUTIH,
sudah tidak bisa di pakai oleh diver, cuma untuk perahu karet. Emang ICOM lebih solid lah yau.



Pilihan saya adalah Icom M72 sampai sekarang. Awalnya M88.
Umur batere nya M72 kriteria terpenting bagi saya dan itu satu2 nya IPX8 atau 1.5 meter 30 menit submmersion.
Tengok ada M72 baru serep 2 biji stand-by selalu. Jadi kalo mau trip dan M72 ada yang rusak, ada yang baru, sebab suka out-of-stock.
Jika trip besar LOB semua radio ini turun ke lapangan. Maka jangan heran pada babak belur, tapi working man !!!

Saat di rubber boat, walaupun udah pake EWA Marine water tight bag, tetap ajah masuk air dikit.
Kenapa ? Sebab nyaris setiap trip, semua water tight bag pada bolong halus, ukuran jarum. Maklum pakai nya biadap. :mrgreen:

Tergantung berapa sering radio di pakai dalam kondisi submerssible alias diver's radio dan di pakai di open water,
unit akan di cycle untuk jadi radio perahu karet dan spotter di mother vessel LOB. Integrity IPX7 Icom service center mau test pake apa ?
Mana punya chamber ? O-ring pasti akan haus dan ini ono. Umumnya diver's radio adalah unit baru per 3 tahun.


.


DOWN CURRENT - SIGNALING -DIRECTION INDICATOR

Karena sudah mau mati berapa kali karena hanyut, kena down current dan ini ono.........maka ini my safety rig.
.
Image

ITEM 1, SOSIS - special custom order 50 lbs atau mendekati 25 liter isi udara nya , bahan D400 seperti BCD low cost.
One way valve sewing. Dump valve sekaligus safety pressure valve.
Panjang 3.5 meter, lebar 4 inchi. Finger reel dengan Spectra 300 kg, 40 meter, quick tuna clip.
Ini sebenarnya sosis untuk bantu lawan Dog Tooth Tuna 50+kg kalo parasut saya kalah , tapi kalo kepepet ini bisa bantu saat down current,
walaupun isi udara nya berabe kalo lagi kesedot-dot-dot. Bisa pesan dengan CO2 activator.
Ini sosis udah 7 tahun ( 2006 beli nya ) dan tidak akan robek....maklum Denier 400 bahan nya.


ITEM 2 - Standard Sosis. 2.5 meter. Bahan paling D200, totally sealed. Dump valve sekaligus safety pressure valve.
Oral inflation only. Finger reel dan tali biasa ( beli di toko panjat gunung ) 18 meter.
Ini sosis safety stop. Dengan 18 meter tali kita akan untung sekitar 2 menit.
18 ke 3 meter safety stop dengan naik sopan-aman = 2 menit.
Jika kena deep stop 7 meter, lebih berguna lagi.
2 menit pada 2 knot = 123 meter loh.
Ini juga kalo kita mau kena giles kapal gede, bisa turun aman di 18 meter.
5 tahun ada ini umur sosis.

ITEM 3 - Sosis khusus kecil. 5 liter. Totally sealed. Dump valve sekaligus safety pressure valve. Oral inflation only. Bahan D400.
Ini di bawa jika di tanjung dan virgin dive spot, dimana decision mau ke kiri atau kanan itu pulau/rock hanya bisa di lakukan saat di bawah air.
Jadi ini sosis marking arah drift saya. Asal nya ini sosis naikin ikan dari kedalaman. Udah 7 tahun juga nih sosis.

ITEM 4 - 800 lumens focus beam LED. HIGH-MEDIUM-LOW

ITEM 5 - 200 lumens focus beam LED. HIGH-LOW - BLINKING

.
Image

.
Image


.
Image

.
Image
Semua bisa rapih di simpan di BCD jadul Glide 2000 yang udah 10 tahun ada nih umurnya.
Itu Tuna clip selalu nongol seperti itu dan sekali tarik akan keluar, tanpa perlu buka kantong.
Maka sampai hari ini saya tidak akan pakai BCD yang pakai zipper. Velcro enak, di paksa akan ke buka.
Sosis super kingkong size ini di kantong BCD kiri karena saya kan right hander.
Feel by touch, tak perlu tengok pun dalam 5 detik sosis akan keluar.
Tali Spectra 40 meter supaya tak emboli lah....





.
RADIO DIVER & PLB
Karena takut mateeee..........
.
Image

.
Image

.

Ingat, uang kagak laku saat kita hanyut 4Km dari dive spot.
Uang keluarga kita sih laku, sewa heli SAR, sewa kapal SAR........but for what ?

Jadi sebelum uang kagak laku saat hanyut, belanja dulu di darat........ :D


OK dive safe Boys n Girls dan Nautilus boleh di pensiunkan menurut "kolektor" Om Dita dan Om Rendra... :D

.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 47 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: Bing [Bot] and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron