It is currently Tue Oct 17, 2017 10:07 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 7 posts ] 
Author Message
 Post subject: Accident in Togean (Spot Bombana)
PostPosted: Tue Aug 06, 2013 10:38 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Jul 31, 2013 9:03 pm
Posts: 3
Location: Gorontalo
Malam divers udah pada denger info kejadian meninggal di p.togean kah?

_________________
CMAS-POSSI
Email : [email protected]
Mobile : 081356220759
GORONTALO DIVE CENTER


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Accident in Togean (Spot Bombana)
PostPosted: Wed Aug 07, 2013 2:03 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Aug 01, 2013 12:55 pm
Posts: 189
Location: Bogor
Kabar dari teman-teman senior, korban mengalami overexphansion mediastinal, subcoutaneos emphysm dan air embolism akibat melakukan rapid ascent dari kedalaman 20m karena kehabisan udara setelah terkena arus kuat.

Perjalanan yang cukup jauh menuju rumah sakit dari Ampana, Togean menuju Palu juga menjadi sebab selain (katanya) tidak tepatnya penanganan dalam perjalanan tersebut...

CMIIW

Semoga Almarhumah mendapat tempat di Sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan tetap tabah.
Info lain, Almarhumah telah mengantongi AOWD (dari instruktur Almarhumah).

Mohon koreksinya jika ada info yang tidak tepat.
Keep diving safely.

_________________
tabik,
arievz!
learn to dive, dive to learn


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Accident in Togean (Spot Bombana)
PostPosted: Wed Aug 07, 2013 3:27 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 04, 2013 4:42 pm
Posts: 50
Location: Gorontalo
turut berduka cita yang sedalam dalamnya...
semoga ini bisa jadi pelajaran bagi kita semua...

kalo boleh tau, faktor apa yang menyebabkan diver (korban) melakukan rapid ascent yah? kalo karena kehabisan udar, apakah tidak ada buddy yang mendampingi si korban, supay bisa melakukan buddy breathing?

keep safe dive all..... O:-)

_________________
Salam,
Didin
2A9CC00D | email : [email protected] | Channel on Youtube : http://www.youtube.com/user/povmovie
GORONTALO DIVE CENTER

"wanna dive for low cost? visit Gorontalo..!!! Come, Dive and Enjoy it.... :) "


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Accident in Togean (Spot Bombana)
PostPosted: Wed Aug 07, 2013 11:48 am 
Offline

Joined: Wed Jun 19, 2013 5:08 pm
Posts: 17
Bagi yang mengerti kronologis dan permasalahannya mohon dibagikan. Setiap kecelakaan yg ditutup2i memberi kontribusi negatif bagi perbaikan kualitas pelayanan industri selam di indonesia.

_________________
Marine Ecotourism Development, Management and Marketing Consultant. Professional Underwater Instructor, Photographer and Film Maker.
serving the diving industry since 1992


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Accident in Togean (Spot Bombana)
PostPosted: Wed Aug 07, 2013 2:29 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Jul 31, 2013 9:03 pm
Posts: 3
Location: Gorontalo
Saya sependapat dengan pak cipto AG, kamipun berharap agar para saksi (teman2) korban) agar kooperatif memberikan keterangan sebenar2nya atas kejadiannya, karena terkesan ditutup2i baik saat perencanaan tripnya dan penyelenggara diving di lokasi yg sampe dengan saat skarang susah dimintakan kejelasan infonya.
Saat ini yg kita tau bersama kronologis saat korban mengalami rapid accent saja, tpi kita tdk berusaha mencari tau kejelasan dri penyelenggara diving apakah sdh sesuai S.O.P-nya, dan ini yg kadang kelalaian dr para konsumen diving utk mencari tau detail tentang penyelenggara divingnya.

_________________
CMAS-POSSI
Email : [email protected]
Mobile : 081356220759
GORONTALO DIVE CENTER


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Accident in Togean (Spot Bombana)
PostPosted: Sat Aug 10, 2013 3:16 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Feb 27, 2012 6:18 am
Posts: 6
Location: Gorontalo, Indonesia
Sejauh ini kronologi yang gw dapet dri pembicaraan temennya korban yang ikut diving bareng dia menceritakan bahwa mereka dive di Island Retreat dan Sri Yulianti (korban) berlicense advance open water.

Awal kejadian pada saat dive korban memakai pemberat 3 Kg dan susah untuk turun namun setelah diberikan tambahan pemberat 1 Kg oleh DM (Jeremy warga negara Inggris) korban dapat turun dan pada saat itu tidak ada arus dan tenang.

setelah menyelam 20-30 menit di kedalaman 15 meter korban mendatangi temannya dan menunjukkan air nya tinggal 75 bar dan teman korban menyuruh dia untuk memberitahu DM yang pada saat itu berada 2 meter di depan mereka dan korban pun memperlihatkan air nya kepada DM.

tapi beberapa detik kemudian korban shoot up keatas dengan cepat dan teman tidak bisa mengejarnya namun sang DM dapat mengejarnya, karna temannya korban berpikir bahwa korban sdh ada di tangan yang yang aman maka teman korban melanjutkan divingnya dan korban dan DM tersebut naik untuk menyudahi dive pada saat itu.

pada saat temen korban naik ke perahu, dia kaget bahwa korban pada saat itu sedang diberikan CPR oleh DM tersebut yang dibantu oleh diver lain yang ikut dive pada saat itu, pada saat itu kami mencari speedboat tapi tidak ada, pada akhirnya mereka jalan dengan perahu mereka dan setelah itu korban dioper menggunakan speedboat untuk dilarikan ke rumah sakit di ampana dan waktu dri kejadian korban dilakukan CPR sampai tiba di rumah sakit kira2 sudah 4 jam dan sesampainya di rumah sakit dokter menyatakan bahwa korban telah meninggal kira2 2 jam sebelum mereka sampai di rumah sakit.

Kalau menurut pendapat gw (sebagai orang awam) dri kronologi tersebut si korban pada saat itu terkena serangan panik yang mengakibatkan korban tidak bisa bernafas sama sekali dan setelah DM memegang korban DM langsung membawa korban keatas yang setau gw sangat fatal apabila kita tidak bernafas atau menahan nafas lalu kita naik ke permukaan karena akan terkena Overexpansion Injury atau cedera akibat tekanan berlebihan diakibatkan oleh peselam menahan nafas saat naik ke permukaan yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

Mohon koreksi kepada senior apabila pendapat gw salah dan mohon dilengkapi apabila posting ini kurang lengkap.

_________________
DIVE-VOLUTION
"Diving With Style"
+62-82-111-444-144
[email protected]


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Accident in Togean (Spot Bombana)
PostPosted: Thu Aug 15, 2013 11:53 pm 
Offline

Joined: Sat Aug 20, 2011 5:18 pm
Posts: 360
novaaulia wrote:

tapi beberapa detik kemudian korban shoot up keatas dengan cepat dan teman tidak bisa mengejarnya namun sang DM dapat mengejarnya, karna temannya korban berpikir bahwa korban sdh ada di tangan yang yang aman maka teman korban melanjutkan divingnya dan korban dan DM tersebut naik untuk menyudahi dive pada saat itu.


Intinya di sini sebenernya, tapi detailnya mesti tanya ke jeremy nya.. Krn mesti lebih detail nih buat paragraf yg ini..


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 7 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: