It is currently Sun Dec 17, 2017 10:40 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 7 posts ] 
Author Message
 Post subject: Mentoring Dalam Pembelajaran Diving
PostPosted: Mon Aug 13, 2012 4:06 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Ada sebuah pertanyaan yang sering dilontarkan dan sulit dijawab: “Apakah recreational diving aman?”

Diving adalah kegiatan yang mengandung risiko, karena pada dasarnya kita bukan mahluk yang dirancang untuk hidup di dalam air. Pertanyaan-pertanyaan seputar diving safety sesungguhnya lebih berbentuk pertanyaan tentang seberapa besar risiko yang siap diambil seseorang dengan melakukan kegiatan diving serta bagaimana melakukan mitigasi terhadap risiko yang ada.

Risiko dalam kegiatan diving dapat diminimalisir melalui training yang baik, kondisi fisik dan mental yang baik, dan yang terpenting adalah kemampuan kita untuk mengenali tingkat kenyamanan kita sendiri dalam melakukan aktivitas diving. Situasi dan kondisi setiap diver secara individual adalah faktor yang sangat menentukan tingkat keamanan penyelaman melalui pengurangan risiko. Kita harus akui bahwa terdapat cukup banyak risiko yang harus diantisipasi dan hal ini pada dasarnya dapat dilakukan melalui inisiatif kita sebagai diver.

Mentoring Pada Komunitas Penyelam

Peranan seorang mentor dalam proses pembelajaran bukanlah hal yang baru. Aristotle menjadi mentor Alexander Agung, Johann Christian Bach menjadi mentor WA Mozart, bahkan Obi-wan Kenobi menjadi mentor Luke Skywalker pada film Star Wars. Hubungan antara mentor – mentee dapat kita temui dalam berbagai sisi kehidupan sosial dimana pembelajaran dilakukan antara yang lebih berpengalaman dan lebih terampil kepada mereka yang ingin mempelajari sesuatu hal. Kegiatan mentoring telah teruji dalam sejarah manusia dan merupakan sebuah cara yang sangat efektif dalam penularan atau penyebaran pengetahuan, termasuk dalam kegiatan diving.

Dalam komunitas diving sebagaimana kita ketahui, peranan mentor memiliki nilai yang sangat signifikan. Oleh karena itu tidak ada salahnya kita coba membahas peranan serta tanggung jawab dan batasan-batasan mentor.

Peranan Mentor

Yang pertama dan terutama, peranan seorang mentor adalah untuk memberikan pengarahan berdasarkan pengalaman pribadi seorang mentor. Hal ini dapat dicapai melalui berbagi cerita, termasuk menceritakan kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan, serta memberikan feedback secara positif terhadap pihak yang ingin mempelajari. Mentor juga dapat membantu mentee dengan membantu melakukan identifikasi terhadap permasalahan yang dihadapi dan kemudian memberikan solusinya. Hal ini akan berhasil baik jika dilakukan dalam situasi yang santai dan saling mendukung dibandingkan dalam sebuah forum yang kritis dan bersifat menghakimi. Dengan memberikan konteks pembelajaran tentang kesalahan secara bebas, mentor akan sangat membantu seorang murid dalam proses pembelajaran tentang suatu bentuk prosedur. Mentor dapat melakukan bimbingan, mendorong serta membuahkan pengetahuan terhadap mentee berdasarkan pengalamannya sendiri, pada posisi yang persis sama sebagaimana posisi mentee saat bertanya, karena mentor pastinya pernah berada di posisi sang mentee pada saat itu. Seorang mentor dapat menjelaskan berbagai masalah yang pernah dihadapinya dan membagi pengalamannya. Dan yang pasti, seorang mentor akan menjadi role model terhadap sang mentee, dan mentee pada umumnya akan mengikuti jejak mentornya.

Dalam komunitas diving, mentor umumnya adalah orang-orang yang telah mengikuti berbagai diver training dan/ atau memiliki pengalaman yang relevan. Pada umumnya para mentor ini menjadi inti dari sebuah komunitas dan akan terus menerus mengembangkan dan mendorong pertumbuhan komunitasnya dengan cara memberikan bimbingan kepada diver-diver baru. Pada dasarnya para mentor ini akan melihat situasi dirinya sendiri pada masa lalu di dalam diri para menteenya dan karenanya sang mentor akan merasakan perlunya membagi pengetahuannya kepada komunitasnya.

Yang perlu dicermati adalah bahwa mentoring berdasarkan skill/ skilled mentoring tidak sama dengan passion atau hasrat yang menggebu. Di berbagai komunitas dapat kita lihat betapa sering seorang anggota baru menjadi sasaran doktrin dan tidak diberikan kesempatan berbicara. Dalam hal ini, antusiasme seorang mentor dapat menjadi rancu dengan keinginannya untuk memamerkan pengetahuannya. Mentoring harusnya bertujuan pada pengembangan komunitas dan harus bisa dibedakan dengan keinginan untuk memperlihatkan kemampuan menjadi mentor terhadap orang lain. Dalam mentoring dituntut adanya pengalaman, bukan hanya hasrat dan latihan.

Menjadi Mentor Yang Baik

Seorang mentor yang baik dituntut untuk mengorbankan waktu dan tanggung jawab. Pada umumnya mentor tidak menerima bayaran atas upayanya dan hal ini sangat penting untuk menegaskan motivasinya menjadi mentor bagi yang lain. Perlu juga diperhatikan, jika seseorang menjadi mentor karena ia mengharapkan suatu pujian/ untuk membanggakan dirinya sendiri, maka model orang seperti ini bukanlah model seorang mentor yang baik.

Seorang mentor yang baik memahami bahwa hubungan mentorship dititikberatkan pada pertumbuhan dan kematangan sang mentee, bukan untuk kepentingan pribadi mentor. Seorang mentor yang baik juga memahami batasan-batasan dalam hubungan mentor – mentee khususnya dalam luas cakupan hal yang dapat diajarkan. Bisa saja seorang mentee menanyakan sesuatu hal kepada sang mentor dimana pertanyaan dimaksud tidak dikuasai oleh seorang mentor karena melebihi pengetahuan dan pengalamannya. Dalam hal ini setiap mentor harus memahami batasan kemampuan mereka dan melakukan mentoring hanya sebatas hal-hal apa yang benar-benar mereka kuasai.

Seorang mentor yang baik juga akan memahami bahwa hubungan antara mentor – mentee akan mengalami pasang surut, dan bahkan tidak jarang terjadi putus di suatu titik. Pada suatu titik, seorang mentee akan menjadi mentor bagi orang lain, dimana mereka akan meneruskan apa yang pernah diperolehnya dari mentornya sebelumnya. Seorang mentor yang baik harus memahami bahwa para menteenya dapat saja tidak mengikuti jejak sang mentor dan bahkan akan mengembangkan jejaknya sendiri secara unik dan individual. Setiap mentor harus dapat dengan lapang dada menerima kenyataan seperti ini.

Menjadi seorang mentor yang baik berarti menjadi seorang pendengar yang baik. Dalam banyak hal, hal terbaik yang dilakukan seorang mentor adalah menjadi pendengar aktif yang memberikan bimbingan dalam suatu diskusi. Dalam kesempatan yang lain, seorang mentor harus menjadi pendengar yang pasif, memberikan para menteenya kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya.

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Aug 14, 2012 12:21 am 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
saya salah satu yang setuju dengan konsep ini.

bahwa "diving adalah pembelajaran tanpa henti", belajar bisa dari sekedar, membaca, mempraktekkan, tanya-jawab, diskusi, dan bentuk interaksi lainnya terlepas dari siapa yang belajar duluan atau siapa yang lebih banyak pengalamannya..

itu juga yang saya lakukan saat masih beraktivitas di klub selam mahasiswa di kampus saya, dan saat ini saya lanjutkan di klub selam/komunitas yang saya dirikan..

berdasarkan permintaan dari beberapa teman, saya juga membuat akun twitter dengan tujuan yang sama, kenapa twitter, katanya supaya bisa menjangkau lebih luas lagi, namun tetap dekat dengan yang sudah kecemplung, ntah lah berhasil atau tidak, untuk media lainnya, belum sempat saya sanggupi..

karena sebenarnya lebih menyenangkan dengan tatap muka langsung, apalagi trip bareng..

tanpa bermaksud menggurui, dan tidak menutup diri untuk menyerap ilmu dari siapapun yang ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman..

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Aug 14, 2012 12:50 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Jun 15, 2012 12:42 am
Posts: 969
Location: Bintaro sektor 9
Tweeternya apa ni mentor2 sekalian?

_________________
Arief
0811194177
[email protected]
@feira24


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Aug 14, 2012 8:18 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
I'll find you :)

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Aug 16, 2012 9:33 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 518
Location: jakarta
duh.. gue gak maen twitter...
hehehe ndo, gue sering-sering aja diajak kolam dan trip... biar bisa terus belajar..

ar


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Aug 16, 2012 9:48 am 
Offline

Joined: Mon Aug 30, 2010 9:12 am
Posts: 166
sayaa siap jadi mentee nya para suhu2 disinii..
mauu jg diajakin trip bareeng.. apalagi kalo di bayarin.. ;))


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Aug 16, 2012 1:58 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Aug 19, 2009 9:18 am
Posts: 185
etantohw wrote:
sayaa siap jadi mentee nya para suhu2 disinii..
mauu jg diajakin trip bareeng.. apalagi kalo di bayarin.. ;))


nahh kalo mau dibayarin, mending cari sponsor daripada cari mentor ;)

_________________
Randy | Email: [email protected]rg


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 7 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron