It is currently Wed Oct 18, 2017 5:12 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 13 posts ] 
Author Message
 Post subject: dahak mengandung darah
PostPosted: Mon Nov 15, 2010 9:47 am 
Offline

Joined: Thu Aug 10, 2006 8:36 am
Posts: 24
rekan2 senior yang baik, saya mau tanya nih.
beberapa kali penyelaman, saya sering mengamati ketika dipermukaan saya meludah (mengeluarkan dahak) ternyata mengandung darah.
Apakah ini berbahaya? Kalo kata dive guide saya sih sinusnya berdarah.
Cara mengatasi ini bagaimana?
Terima kasih

_________________
http://www.artventurindo.com


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat Nov 20, 2010 6:13 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Halo mas Aldo,

Bloody sputum atau dahak dengan bercak darah bisa disebabkan oleh gangguan dan infeksi sinus, atau barotrauma lainnya.

Jika dalam setiap penyelaman berakhir dengan dahak berdarah, sebaiknya konsultasi dengan ahli THT yang memahami diving medicine.

Tanpa pemeriksaan rinci kita tidak bisa memperkirakan apa penyebab dahak berdarah tersebut. Nanti setelah mengunjungi THT, pasti akan dilakukan pemeriksaan dengan x-ray pada area-area sinus untuk memastikan sumber darah pada dahak tersebut.

Berbahaya atau tidak? Mari kita asumsikan saja bahwa ini berbahaya, karena sangat dekat dengan model barotrauma pada saluran2 udara yang saling terhubung dalam tubuh kita. Bahaya yang paling sederhana adalah infeksi pada sinus yang tidak kunjung sembuh, karena baru mau proses sembuh sudah berhubungan lagi dengan air dan tekanan.

Darah pada dahak itu sendiri seperti apa? Darah segar, gumpalan darah atau bersifat bercak?

Consult your physician and ENT yah.

Dive safely,
Rendra

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Jan 26, 2011 10:52 pm 
Offline

Joined: Sun Jan 23, 2011 9:31 am
Posts: 18
Eh saya juga tuh kaya gitu. Setiap abis dive pasti keluar lendir kemerahan dari hidung dan dahak berdarah seperti gumpalan gitu.

Wah harus dicek ya, saya kira gak masalah *haduh haduh


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Apr 12, 2011 2:16 pm 
Offline

Joined: Fri Aug 27, 2010 2:09 pm
Posts: 18
Location: Bali
saya kemaren juga ingusnya bercak..itu dikarenakan flu ...


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Apr 12, 2011 8:10 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
kalo sayah dompetnya yang berdarah-darah.. terutama setiap habis dive trip..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed May 02, 2012 5:47 pm 
Offline

Joined: Sun Jan 01, 2012 6:32 am
Posts: 82
Saya juga pernah mengalami masalah yg sama karena diving ketika pilek.Waktu turun sih kuping gak bermasalah, cuma diantara alis saya sakit nyeri kayak pusing gitu: pas naik pertama hidung saya keluar ingus dan berdarah. Sampe dikirA mimisan sama temen saya. Sempat panik tapi kebetulan
ada dokter yg diving juga, dia bilang kemungkinan mukosa saya luka. Dua kali nyelam hari itu. Trus pagi ya saya batuk dan dahaknya berdarah, saya langsung ke dokter. Kebetulan hari minggu jadi gak bisa ke THT. Dikasih obat anti perdarhan, anti biotik, obat pilek; obat batuk dan vit K. Seninnya kerja trus setengah hari izin ke dokter karena masih berdarah dahak dan ingus. Teman kantor gw bahkan sampe ngira gw muntah darah krn banyaknya darah di tissue.Di tht di suntik obat anti perdarahan trus ditambah obat juga 1 macem lagi. Total gw makan 6 macem obat.

Gak-gak lagi deh gw pilek diving. Tobat..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed May 02, 2012 9:33 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Jan 05, 2011 12:54 pm
Posts: 312
corallover wrote:
Gak-gak lagi deh gw pilek diving. Tobat..

Hihihi, kan sewaktu ambil sertifikat OW hal seperti ini sudah diajarkan oleh instrukturnya, bukan?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat May 05, 2012 12:30 am 
Offline

Joined: Sun Jan 01, 2012 6:32 am
Posts: 82
BotolKecap wrote:
corallover wrote:
Gak-gak lagi deh gw pilek diving. Tobat..

Hihihi, kan sewaktu ambil sertifikat OW hal seperti ini sudah diajarkan oleh instrukturnya, bukan?

Sudah diajarin, sayanya aja yg nekad karena beranggapan pileknya udah mau sembuh jd gak papa. Lesson learn the hardway


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Jul 23, 2012 5:27 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sun Jul 22, 2012 6:13 pm
Posts: 50
Location: Makassar, Sulawesi Selatan
hantulaut wrote:
kalo sayah dompetnya yang berdarah-darah.. terutama setiap habis dive trip..

HAHAHA :D :D :D
penyakitnya sama.... :lol: :lol: :lol:


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: dahak mengandung darah
PostPosted: Wed Jul 17, 2013 8:34 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 03, 2013 9:48 am
Posts: 3
Location: Jakarta - Bandung
Waktu saya jadi diver pemula, belum bisa popping dan equalizing dengan sempurna, waktu ngeludah memang ada darahnya, mulai dari darah segar sampai darah kecoklatan. Tapi seiring bertambah pengalaman diving, poppping equlizing bener sekarang udh gk berdarah lagi...terima kasih klinik tongtang :ympeace:

_________________
Pascal Sebastian
One Star Instructor - ADSI
+687888863030


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: dahak mengandung darah
PostPosted: Thu Jul 25, 2013 11:41 am 
Offline

Joined: Tue Jul 16, 2013 9:46 pm
Posts: 6
Location: Cilegon, Jakarta, Malang & sekitarnya
Saya & teman saya juga pernah
kondisi dua2nya pilek luarbiasa.. dan berotak idiot, karena nekat dive

jadilah berdarah2..
om nando saksinya ;;)


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: dahak mengandung darah
PostPosted: Sat Jul 27, 2013 11:52 am 
Offline
User avatar

Joined: Wed Jul 17, 2013 8:43 am
Posts: 35
nah kalau hidung berdarah berbahaya kah?? beberapa kali gw n temen gw dive hidungnya selalu berdarah gak banyak seh, tapi hampir setiap x dive. apa itu berbahaya?? dia gak lagi keadaan pilek.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: dahak mengandung darah
PostPosted: Mon Jul 29, 2013 10:20 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 03, 2013 9:48 am
Posts: 3
Location: Jakarta - Bandung
karena saya demikian waktu di awal2 pengalaman diving, masih keluar darah sampai di log 30an, saya periksa ke dokter THT, takut sinus, udah dironsen dan ternyata didiagnosa ada kelainan morfologi tulang hidung, yang menyebabkan kalau dapet tekanan maka pembuluh darah halus di hidung mudah pecah. Kesimpulan dokter aman2 aja. Tapi pada akhirnya udah gk pernah berdarah lagi karena memang skill divingnya bertambah.

Kesimpulan saya, asal popping equalizing nya bener, bertahap dan divingnya rapih, mau keluar darahpun itu aman - aman aja.

_________________
Pascal Sebastian
One Star Instructor - ADSI
+687888863030


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 13 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron