It is currently Tue Oct 17, 2017 6:38 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 12 posts ] 
Author Message
 Post subject: Dizzy on Ascend
PostPosted: Mon Oct 04, 2010 5:16 pm 
Offline

Joined: Sat Jul 31, 2010 10:08 pm
Posts: 19
Bapak - ibu, senior sekalian,

Saya beberapa kali pernah mengalami pusing, kepala mutar, dan tunnel vision waktu ascend ke kedalaman yang lebih dangkal (bukan waktu final ascend untuk menyudahi dive).
Padahal jarak ascend cuma setengah sampai 2 m.

Dizzy attack ini berlangsung dari 1 sampai 3 menit, tapi putarannya terasa sekali dan pandangan langsung menyempit dan gelap, danterasa mau pingsan.
Pernah terjadi di kedalaman 30-35m, 12-15m, dan bahkan pernah di 8-10m.
Kalau terjadi, saya langsung alert dan pegangan sama buddy, dan kemudian tarik napas panjang2 dan dalam.

Saya yakin bukan vertigo karena semua episode attack terjadi bukan di blue water, kalau tidak dekat bottom pasti dekat wall atau slope.
Dan saya yakin juga bukan reverse block, karena pernah mengalami reverse block dan rasa nya sakit ngilu di daerah muka dan kepala, tapi tidak dizzy/pusing.
Apakah karena terjadi blockage di daerah sinus, kuping, atau telinga?
Atau mungkin penyebab lainnya?

Terima kasih sebelumnya.

Regards,
BPW.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Oct 05, 2010 5:36 am 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
hmm.. gejalanya sih vertigo..
emang vertigo hanya mungkin terjadi di blue water? setau saya vertigo itu efek dari dalam tubuh, bukan karena pengaruh luar.

gejalanya kehilangan keseimbangan tubuh kan?

kalo yakin bukan vertigo, mungkin cuma kurang darah, ato tekanan darah rendah.

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Oct 05, 2010 7:31 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Mar 21, 2009 6:40 pm
Posts: 161
masker pengaruh ngak yah?

krn teman sy pernah make masker yg tipe view, yg kacanya lebar tuh. bola matanya jd lebih aktif alias matanya jelalatan lirik kiri kanan atas bawah.. ada bayangan dikit aja lsg reflex kaget n ngelirik..

sekalian nanya nih.. apakah begitu bisa menyebabkan vertigo/pusing2


setelah ganti masker yg 2 piece.. normal deh..

thx..

_________________
Frandi @ambon
27773E0C


'sambil menyelam minumnya tetap teh botol SoSro'


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Oct 05, 2010 10:15 am 
Offline

Joined: Sat Jul 31, 2010 10:08 pm
Posts: 19
Pak Hernando, asumsi saya dizzy spells ini bukanlah vertigo karena terjadinya ketika saya melakukan sedikit ascend. Setau saya, vertigo disebabkan oleh kehilangan referensi pandangan, bukan karena turunnya tekanan? Atau mungkin saya salah?

Pak Frandi, setidaknya untuk kasus saya, type masker tidak berpengaruh. Pertama kali mengalami dizzy spell ini saya sedang pake single pane mask, yg terakhir saya sedang pake double pane, low volume mask.

Terima kasih untuk komen nya.

Mohon pencerahan lebih lanjut.

Regards,
BPW


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Oct 05, 2010 11:17 am 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
@BPW:

share sedikit ya.. saya pernah mengalami hal serupa ketika sedang freediving. untungnya saya masih bisa kontrol & saya tau ini bukan 'shallow water blackout'.. pas di permukaan saya panggil kapal & langsung diangkut.

yang saya rasakan adalah pusing banget, pandangan muter & tunnel vision. begitu saya menapak di dek kapal, saya langsung jatuh ke lantai dek karena keseimbangan saya kacau banget. rasanya seperti mau pingsan & ndak bisa berdiri.. disitu saya cuman inget aura kasih & maria ozawa hahaha.. *boong..*

sekitar 10 menit gejala itu hilang samasekali tapi saya rasanya masih gamang. akhirnya saya minum air cukup banyak & tidur sambil di monitor oleh teman-teman. perlu diketahui saya mengidap tekanan darah rendah & ketika melakukan freediving saya juga melakukan 'slowing heartbeat rate'. tapi saya yakin betul ini bukan karena dua aspek tadi.

akhirnya saya konsultasi ke beberapa rekan yang mengerti fisiologi selam & disarankan ke dokter THT (telinga hidung telinga hahaha..) disitu saya diperiksa secara detail di kedua gendang telinga dengan kamera yang bisa masuk sampai kedalam.. dan akhirnya diketahui pada saat itu memang ada gangguan di telinga kiri saya, dimana ada air masuk & terperangkap di balik gendang telinga. kemungkinan besar air ini masuk melalui saluran 'eustachius' atau 'eustachian tube'. ini mengakibatkan gangguan di sistem keseimbangan saya.

karena untuk mengeluarkan air terperangkap itu hanya bisa dengan cara 'merobek' selaput gendang telinga - saya terus terang ndak berani ambil resiko.. jadi hanya diobati dengan obat tetes & antibiotik untuk mengurangi resiko infeksi sekunder. diharapkan air keparat itu bisa hilang dengan sendirinya..

nah, kenapa hal ini terjadi? silahkan baca : http://www.dizziness-and-balance.com/di ... nction.htm jadi kemungkinan air masuk kesitu adalah melalui saluran eustachius dan karena saluran itu punya fungsi refleks jadi si air geblek itu hanya bisa lewat jalan satu arah.

semoga ndak tambah bingung hehehe..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Oct 05, 2010 12:13 pm 
Offline

Joined: Sat Jul 31, 2010 10:08 pm
Posts: 19
Pak Hantu, kok sama yah? Saya juga kebayang muka Miyabi setiap kali, he he he.
Terima kasih link nya. Nanti malam saya baca2.

Kalau saya, pusing2nya langsung hilang setelah saya diam dan tarik napas panjang2. Saya juga bisa ngelanjutin dive sesudahnya.
Sesudah kembali di permukaan juga tidak ada masalah apa apa.

Untuk air yg masuk kuping, apa bapak tidak merasakan "bindeng"?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Oct 05, 2010 2:22 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
BravoPapaWhisky wrote:
Untuk air yg masuk kuping, apa bapak tidak merasakan "bindeng"?


haduh jangan pake bapak ah.. wong saya seangkatan raditya kosasih (randy) hahaha.. bindeng sih kayaknya enggak karena jumlah air yang bisa masuk ke saluran eustachius pasti sedikit banget.. air yang terperangkap di dalam ear drum saya palingan juga cuman 1-2 tetes..

saran saya, coba deh divingnya lebih rileks lagi & jangan terburu-buru sewaktu descend dan ascend. hati-hati sewaktu ascend & jangan terlalu cepat. kalau bisa usahakan ada referensi yang baik (depth gauge/dive computer atau tali) supaya lebih terkontrol. jangan lupa juga kasih tau buddy kalo kemungkinan ada problem sehingga mereka tau harus ngapain ketika diperlukan.

salam & dive safe!


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Oct 05, 2010 3:38 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Dynamics dari dizziness karena vertigo terutama disebabkan oleh perubahan suhu.

Jika ada air yang masuk ke saluran telinga dan trapped di salah satu telinga, maka langsung terjadi perubahan suhu antara water column dan anatomi tubuh di sekitar alat pengatur keseimbangan, yaitu telinga. Dalam hal ini suhu di telinga yang normal dan telinga yang kemasukan air berbeda dan akibatnya terjadilah dizziness, perasaan seperti berputar yang tidak lain disebabkan oleh false reading dari sensor keseimbangan.

Vertigo seperti ini tidak harus disebabkan oleh rupture pada ear drum. Beberapa orang yang cukup sensitif dapat mengalami vertigo karena perubahan suhu yang dialami saat ascending. Perbedaan suhu antara kedalaman cukup signifikan walaupun dalam kisaran 0,x saja.

Vertigo seperti ini biasanya hanya berlangsung dalam waktu singkat dan setelah 1-2 menit penderita akan kembali normal.

Hal lain yang perlu dicermati tentang vertigo adalah kemungkinan2 yang lebih risky seperti:
- tekanan darah tinggi (hypertension)
- tekanan darah rendah (hypotension)

Pada penderita blood pressure disorder, kegiatan scuba diving tergolong sangat berisiko karena BP disorder umumnya berkaitan dengan sistem jantung.

Gejala seperti vertigo dapat terjadi karena perubahan tekanan sekitar (ambient pressure) yang berpengaruh pada blood pressure. Pada saat kita melakukan diving, tekanan memiliki pengaruh besar terhadap sirkulasi darah dalam tubuh manusia. Umumnya sirkulasi darah akan terkonsentrasi di tubuh bagian atas, mulai dari paru-paru hingga kepala. Penurunan ambient pressure saat ascending akan menyebabkan sirkulasi darah melemah menuju normal. Bagi orang yang sangat sensitif terhadap perubahan tekanan darah, hal ini dapat berefek seperti vertigo.

Khusus bagi penderita hypertension, jika anda saat ini menggunakan treatment obat, pastikan bahwa obat HT yang anda pakai bukan dari kelompok 'Beta Blocker'. Obat HT dari kelompok beta blocker menekan tekanan darah pada level tertentu dan secara chemical akan mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah pada saat dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya jika seorang diver penderita HT kemudian memakai beta blocker, saat terpaksa melawan arus ybs tidak akan mempunyai tenaga yang cukup karena sirkulasi darahnya sudah di block pada tekanan mendekati normal (120/80 mmHg).

Inilah antara lain mengapa setiap calon diver harus mengisi form medical clearance. Tidak lain agar supaya setiap gejala medis dapat diantisipasi.

Semoga cukup menjelaskan.

Salam,
Rendra

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Oct 06, 2010 9:10 am 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
nah masukan yang lebih serius akhirnya nongol juga hehehe.. thanks om rendra..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Nov 28, 2010 8:43 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
topik ini beberapa lama saya cermati, karena saya sendiri kadang mengalami kejadian ini..

Tepatnya mengalami pusing pada proses surface di kurang dari 4 m setelah safety stop. Tadinya saya kira karena pengaruh ombak di permukaan, karena di kurang 4m sudah mulai terasa terombang ambing. Kalau buddy saya sudah hapal dan diketawain, pada waktu surface (di permukaan) sering2 muntah2... biasanya gejalanya pusing, kemudian udara keluar dari perut (glege'en kata orang jawa), trus kadang kalau habis makan sebelum diving .. yaa muntah..

Tapi di pengalaman terakhir, kelihatannya ombak bukan yang berperan karena terakhir dive di teluk pier (dermaga) sama sekali tidak ada ombak. Urutannya begini : kita dive di dermaga turun sampai 18 m mengikuti rantai tambat dermaga apung, yang dilihat sih luar biasa (foto2 ada di facebook ...). Sampai bottom (18m) kita perlahan naik lagi masih mengikuti rantai tambat karena coral dan creaturenya memang di rantai tersebut. Visibility kurang dari 10m , bottom komposisi mud. Naik dijaga sepelan mungkin dan dive com tidak menunjukkan ascending yang terlalu cepat. di 5 m kita safety stop 3 menit (lebih). Nah waktu naik baru terasa pusingnya.. (total dive time sd itu adalah sekitar 20 menit). Kita tidak surface tapi terus dive di kedalaman kurang dari 5 m mengamati dermaga apung dari bawah.

Pusing setelah sekitar 2-3 menit memang berkurang, kemudian kita turun lagi ke rantai satulagi (achornya ada 2), dengan modus yang sama. Yang kedua juga safety stop dan observasi di kedalaman kurang dari 5 m. Tapi si pusing tidak kembali, alias sudah tenang.

Jadi kenapa yaa sebabnya pusing tersebut..??

Btw. Yang dilihat mantab, sea horse, gerombolan cat fish, frog fish termasuk ghost pipe fish..

thanks untuk masukannya sebelumnya.

ar


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Nov 28, 2010 2:20 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Soal dizziness ini memang rumit untuk memastikan penyebabnya.

Kalau membaca thread ini, saya memperkirakan penyebabnya secara umum adalah sensitifitas terhadap perubahan suhu air. Terutama setelah membaca posting om Aria, dimana pada dive berikutnya si pusing nggak datang lagi yang kemungkinan besar didukung oleh proses aklimatisasi yang sudah terjadi pada dive sebelumnya.

Namun demikian, risiko lain tetap saja mungkin terjadi misalnya akibat terjadinya CO2 buildup yang disebabkan oleh skipped breathing atau uncontrolled hyperventilation.

Pemakaian dive gear yang tidak pas ukurannya juga dapat menyebabkan dizziness. Misalnya wetsuit yang terlalu ketat, akan mengakibatkan terganggunya sirkulasi darah dalam tubuh, khususnya yang umum terjadi adalah wetsuit yang terlalu ketat pada posisi pembuluh darah di leher. Demikian juga halnya yang disebabkan oleh mask squeeze.

Selain penyebab2 medis/ fisiologis, diving fitness merupakan suatu hal yang sangat penting. Seorang recreational diver yg fit menurut standard harus memenuhi mets standard minimal 10. Berapa mets anda? Bisa di cek langsung ke dokter anda dan melakukan fitness level review.

Pastikan juga lifestyle kita mendukung kegiatan diving, seperti misalnya:
- cukup istirahat, cukup tidur
- tidak minum alkohol saat akan dan setelah diving (diving menyebabkan dehidrasi dan alkohol akan menambah efek dehidrasi)
- be happy, feel fit to dive

oh iya, diver harus minum yang banyak. minum air sehat, jangan air api :D

diving menyebabkan dehidrasi, ini juga bisa menyebabkan pusing. yang jelas, dengan banyak minum air putih, risiko DCS juga akan semakin rendah.


dive safely!
rendra

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Nov 28, 2010 6:50 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
menambahkan keterangan untuk om rendra..

Biasanya kalau sudah ada pusing menyerang... diving dengan posisi horizontal (tegkurep maksudnya) dengan kepala cenderung menghadap kebawah bisa mengurangi dan atau menghilangkan pusing, sedang dlm posisi berdiri lebih mungkin terjadinya pusing... kalau ascend kan biasanya posisi berdiri.. (kepala diatas)..

Jadi penjelasannya bagaimana yaa..? berkaitan dengan peredaran darah (atau oksigen) ke otak kah..?

kalau posisi telentang belum tahu.. soalnya karang sih... :)

salam and thanks untuk ulasannya.
ar


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 12 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 5 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: