It is currently Fri Oct 20, 2017 8:41 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 7 posts ] 
Author Message
 Post subject: octopus dan spare air
PostPosted: Sat Sep 18, 2010 10:00 am 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
dalam istilah umum diving, kita mengenal alternate air source/supply antara lain, 2nd stage sekurder/octopus, ponny bottle, dan spare air.

nah apakah altenate air supply termasuk kewajiban diver atau optional?

sepertinya semua masih memiliki kekurangan, octopus tidak akan bermanfaat apabila out of air, ponny bottle agak ribet kalo diaplikasikan pada recreational diver, spare air kapasitas kecil (apakah cukup untuk melakukan CESA)

jika alternate air supply adalah optional, pilihan mana yang paling baik dari sudut pandang safety.

mohon sharing nya..

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat Sep 18, 2010 12:10 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
wah topik menarik nih mas buat kita semua....
karena udara adalah inti utama dari diving maka kecukupan udara sangat penting.

menurut saya kalo kewajiban atau optional adalah pilihan setiap diver...

buat saya sih oktopus sangat penting untuk antisipasi primary stage1 kita rusak ataupun share air dengan buddy kita. tapi kalau ponny tank atau spare air tergantung dr diver itu sendiri. karena spare air itu harganya sama seperti harga tank 12lt sekitar 2-3jt rupiah.

nah sedangkan kita pakai tabung 12lt dan 200bar atau sekitar 2000 lt udara. jadi sebenernya kan udara yang kita bawa diving itu banyak
hanya saja kita harus ngecek tekanan lebih sering jangan sampai udah dibawah 50bar kita blom tau juga dan sampe kehabisan bis bis bis..

dan dengan bawa pony tank atau spare air juga kalau kita tetep bebel gak mau naik atau tetep kekeh didalam air karena tau masih ada udara bs aja kan kejadian kehabisan udara lagi kan.

kalo pertanyaan spare air apakah cukup untuk melakukan CESA sih menurut saya cukup bgt mas karena itu bs 10 hisapan dan kalau kita gak safety stop sih itu lebih dari cukup kecuali divernya dah panik dan napas ngos2an.

Kalau buat saya mending sering2 liat spg dan satu yang pasti adalah menjaga regulator kita bekerja dengan baik karena kalau kita liat spg tapi spg atau reg kita yang macet karena gak pernah diservis sih sama aja boong mas.

ayo mungkin ada lagi yang mau nambahin.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat Sep 18, 2010 1:08 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Aug 25, 2009 5:03 pm
Posts: 156
testimoni dikit ya, pernah pakai spare air, tapi kemudian mudah rusak apalagi kalu over pressure waktu diisi, jadi gampang berkurang tekanannya

yang pernah dirasakan waktu pakai spare air sebenarnya hanya nervous, udara gak cukup waktu deep dive, dan nervous regulator trouble

sementara objective dari recreational dive ya rekreasi, jadi gak nyaman karena nervous terus terusan

sekarang lebih senang dengan berlatih, istilah kerennya air consumption calculation (adventure diving manual page 84)... hehe, ribet dikit tapi presisi, dan yg penting nyaman karena tau batas konsumsi dan batas waktu

cuma sharing lho, cmiiw


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat Sep 18, 2010 9:42 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Spare Air yang gede pun cuma 2.7 cubic feet.

Pake ini adalah HARUS langsung naik sebab supply udara dikit banget.
Dari 30 meter masih bisa lah tapi 30 ke 10 nya agak cepet dikit dan 10 ke 0 nya pelan pelan. Kalo di 10 meter karena 2 ATM doank kita masih agak irit dan emboli takutnya di 10 ke enol meter.

Saya pake dari 1991 dan udah 3 unit korban ampe cape service nya dan akhirnya malas bawa, karena regulator kalo di rawat baik ampir boleh di bilang fool proof deh. Nih kalo bini baca marah dia...wak kik kik. Dia jualan spare air sebabnya.

Kontruksi Spare Air kurang bandel bagian regulatornya karena seat high pressure ama low pressure nya di gabung. Komponen nya karena kudu kecil, kagak bisa bandel kayak regulator biasa. US Diver ada keluarkan saingan Spare Air yang tabung kecil juga, lalu ada regulator 1st stage beneran tapi langsung di dratkan ke tabung bukan via katup kayak tabung selam umum. Lalu ada second stage beneran juga yang pake selang. Jadi kayak super mini pony tank. Kagak tau apa masih di produksi tuh model. Berat sih ni konfigurasi.

Lalu orang kalo pake Spare Air pasti ampe abis. Saat udara abis, air akan masuk sedikit. Kalo yang pake nya jorok, tipe Spare Air dan yang US Diver punya versi spare air, itu leher nya akan macet korosi sebab air laut di leher tabung. Tabung selam ajah sering banyak yang katup nya jammed-up kagak bisa di buka kalo masuk air cukup banyak dan di cuekin lebih dari sekian bulan. Karena tabung selam dari alu dan katup dari chromed brass, galvanic reaction lebih parah karena logam beda dan hajarnya si leher drat tabung alu yang nobelity scale nya lebih rendah. Kalo Spare Air si regulator assy nya juga alu, masih mending tetapi tetap jaga jaga deh sebab drat nya di leher tabung agak halus, kalo kena air laut dan alu oxide keluar, lama-lama drat nya bisa worn out.

Jika pake Spare Air sampe abis, itu tabung nya mudah di buka kok. Pastikan di kering tabung nya dan di leher nya dimana ada drat ke kepala regulator nya. Lalu isi lagi dan purge pelan2, lakukan ini 2x isi-purge. Minimal airway di regulatornya tidak banyak sisah air laut, jika pun masih ada sisah.

Jadi kalo mau awet punya spare air, pake nya jangan sampe enol.
Service juga kudu rutin tahunan ato 50-75 dive deh, bisa awet kayak temen saya punya, bisa pake 10+ tahun. Saat service itu filler nipple ama pressure indicator nipple baiknya di ganti juga = cost kagak murah neh. Kalo saya jorok pake Spare Air, makanya rusak melulu.

Juga jangan kasar pake Spare Air, saat di purge, tekan nya pelan. Kalo tekan nya ganas atau disamakan ama 2nd stage regulator biasa, itu high/low pressure combo seat cepat cacat. Ini yang bikin saya sebel, maklum jari kita gede, jadi kalo colok sesuatu keras...wak kik kik.

Kalo overpressure isi Spare Air mana bisa ? Kecuali tabung yang di pake yang 3300+ psi untuk isi Spare Air. Saya lupa apa kalo sering kena 3300 psi seat nya cepat jebol kagak. Selalu isi tabung di 3,000 psi doank sih, jadi spare air juga cuma dapat segitu, kalo pun rating nya tabung 100CF ada yang 3,300 psi. Ingat yah, tabung adalah tabung walaupun kecil. Maka kudu di hydro itu tabung spare air. Lupa deh apa bisa di hydro di Jakarta Gas tabung kecil gitu. Kalo kagak yakin, 10 tahun ganti tabung baru ajah.

Jaman sekarang pake computer yang ada air pressure module nya lebih aman. Set di 50BAR biar alarm bunyi. Kalo yang photo nya getol, suka lupa waktu dan udara kan, jadi cocok pake dive comp yang bisa baca udara. Kalo yang demen menyelam dalam, mau jago kayak apa pun hitung air consumption, kagak bisa lawan komputer yang air intergrated sebab kalo kita ngos-ngosan langsung terhitung real time. Ngos-ngosan ini yang buat kalkulasi manual meleset. Asal minimum udara nya di set 50 BAR biar lebih aman deh.

Safe diving yah guys...

Gile nih internet ku kok ndut ndutan.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Sep 20, 2010 11:41 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Sesuai penjelasan Ditajong dan Deudeuh, alternate air source adalah sebuah alternatif dari alternatif yang ada :)

Alternatif #1: DIVE PLAN, plan your dive dan dive your plan.
Persiapkan rencana diving kita, termasuk persediaan udara yang kita bawa.

Alternatif #2: Self-contained back-up equipment, ini sudah alternatif dari alternatif #1. Primary second stage bisa fail, untuk itu kita upayakan membawa Secondary Second Stage atau octopus regulator.

Mengapa secondary second stage/ Octopus Regulator? Second stage pada regulator termasuk komponen sangat sensitif yang rawan. Second stage bisa nggak normal karena kepentok, kemasukan pasir, dll. Contoh yang paling simple adalah bisa dipakai untuk menarik nafas, tapi nggak bisa buat exhale/ buang nafas. Nah kalau ini kejadian, akan lebih nyaman kalau ada secondary/ backup second stage untuk menggantikan sementara.

Selain untuk kepentingan diri sendiri, octopus regulator juga bisa digunakan untuk menolong diver lain yang out-of-air.

Nah, yang perlu diingat juga adalah kita harus bersikap aman dan bijaksana. Artinya, jika saat dive kita menghadapi primary second stage malfunction dan harus ganti ke octopus, that is the end of the dive. Jangan diteruskan dive itu, segera melakukan ascent secara aman menggunakan secondary second stage. Soalnya kalau secondary second stagenya malfunction lagi, kamu nggak punya third back-up :D

Alternatif #3: Back-up equipment untuk back-up equipment...

Nah disini sesuai ulasan sebelumnya, really an option yang bisa dipilih sama diver. Bisa bawa Spare Air, atau even another scuba tank dengan ukuran lebih kecil. It's your call :)

Tapi kembali ke intinya, mulailah dengan mempersiapkan sebuah rencana yang matang. Kembali ke Dive Planning. It's very basic :)

Dive safely,
Rendra

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Sep 20, 2010 2:37 pm 
Offline

Joined: Fri Sep 25, 2009 3:20 pm
Posts: 115
Location: Jakarta
Saya hampir selalu bawa spare air saat dive, walau saya sangat tidak berharap menggunakan ini. Namun perasaan saya waktu dive jauh lebih tenang dgn membawa ini. Saya pernah lihat teman saya mengalami regulator problem shg saya memutuskan beli alat ini.
Saya pernah ngalamin saat lagi latihan di kolam renang senayan; berenang 3-4 meter aja, ngejar octopus teman, saat napas di paru2 kosong, setengah mati rasanya. Ini kan yg akan sy alami kl regu rusak or out of air sementara buddy agak jauh.

Yang pasti spare air bukan utk menambah waktu dive krn kapasitasnya yg extra mini itu. Saya pernah coba tarik napas panjang2 di darat, spare air habis dalam 40 tarikan nafas, jadi kl di 20 m paling 10 tarikan nafas kali yah ..

@ Pak Surya: thanks udah kasih masukkan ttg perawatan spare air.

Saya sempet kepikir kl udah bawa spare air berarti ga perlu bawa octopus dong, toh kl regu rusak ato out of air tetep harus naik. Kl buddy yg trouble bisa ambil spare air kita, lalu buddy breathing. Tapi dipikir2 lagi kan ga semua buddy kita ngeh ttp spare air, jadi yah memang harus tetap sedia octopus.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Sep 21, 2010 11:12 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Aug 25, 2009 5:03 pm
Posts: 156
Surya Prihadi wrote:
Kalo overpressure isi Spare Air mana bisa ? Kecuali tabung yang di pake yang 3300+ psi untuk isi Spare Air. Saya lupa apa kalo sering kena 3300 psi seat nya cepat jebol kagak. Selalu isi tabung di 3,000 psi doank sih, jadi spare air juga cuma dapat segitu, kalo pun rating nya tabung 100CF ada yang 3,300 psi. Ingat yah, tabung adalah tabung walaupun kecil. Maka kudu di hydro itu tabung spare air. Lupa deh apa bisa di hydro di Jakarta Gas tabung kecil gitu. Kalo kagak yakin, 10 tahun ganti tabung baru ajah.


Thank you om Surya, dapet full pencerahan, jadi semangat bawa service itu spare air .. hehe. kalu gak salah ingat, kejadian terakhir adalah diisi sampe niple pressure indicator muncul, dan tabung lebih panas dari biasanya, baut pengaman agak sulit diputar jadi dibuka dengan cara memutar yoke

alhasil dive berikutnya ntu tabung turun sendiri niplenya.. jadi diistirahatken sajah :-)


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 7 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron