It is currently Fri Dec 15, 2017 10:54 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 71 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next
Author Message
 Post subject:
PostPosted: Wed Sep 08, 2010 6:17 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Ini data kontak Basarnas dan ini di emailkan ke emergency contact 1 & 2 selalu setiap trip.

Menurut informasi Cospas Sarsat : MCC - Mission Control Center dan SAR Points of Contact

MCC Code: 5250
Country/Region: Indonesia
MCC Name: IDMCC
City: Jakarta
Data Distribution Region(DDR): South West Pacific DDR
Telephone: (62.21) 5501449
Facsimile: (62.21) 5501513
Telex:
AFTN: WIIIYCYL
Email: [email protected]

Mailing Address: National SAR Agency (Badan SAR National)
JL. Medan Merdeka
Timur 5
Jakarta 10110
INDONESIA
Back-up MCC: SIMCC
Comments:
Last Revision: 01-Oct-2009

Email nya kok pake Yahoo yah ? Kagak keren aahhh.


Ini general contact info sesuai website Basarnas
BADAN SAR NASIONAL
JL.Angkasa Blok B.15 KAV 2-3
Kemayoran
Jakarta
10720
Indonesia
Tel (62-21) 65867510




Ini nomor yang saya pernah kontak saat mau daftar PLB ama Barsarnas. Di Cengkareng dan sempat bicara ama staff nya. 021-5501512 Ini December tahun lalu yah, kalo sekarang kagak tau masih bener kagak.

Pinter pinter cari nomor yang benar lah.


Selalu berikan nomor PLB anda ke kedua kontak emergency anda, hanya dengan nomor PLB ini lah Basarnas bisa cek dengan mudah dan kalo kepepet mungkin bisa bell langsung ke NOAA ato US Coast Guard kek ato Mission Control Singapura kalo perlu, sebab mereka ada copy nya semua tranmission kita , sebab masih satu region ama Indonesia dan semua Mission Control itu on-line.

MCC Code: 5630
Country/Region: Singapore
MCC Name: SIMCC
City: Singapore
Data Distribution Region(DDR): South West Pacific DDR
Telephone: (65) 65425024, (65) 65412668
Facsimile: (65) 65422548

Telex:
AFTN: WSSSZSZX
Email: [email protected]

Mailing Address: MCC Singapore
Singapore Air Traffic Control Centre (SATCC)
Biggin Hill Road, Singapore 509950
REPUBLIC OF SINGAPORE
Back-up MCC: THMCC
Comments:
Last Revision: 01-Oct-2009

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Sep 08, 2010 6:25 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Saat anda registrasi PLB ama NOAA, kalo bisa tambahkan info ini seperti yang saya lakukan :

Additional Data User is a diver and carry the PLB in dive canister. If there is an SOS transmission, it could be dive vessel in distress or diver drifted beyond local rescue. User also carry a submmersible VHF and will stand by on channel 16 whenever SOS is transmitted.

Jika semua system berjalan lancar, ceritanya Basarnas JUGA akan kirim telex ke semua kapal di area tersebut, mungkin radius 50 mil ato berapa gitu deh. Kapal besar ada keharusan bawa alat nama nya NAVTEX. Ini alat kayak SMS terminal dan berita darurat ato cuaca buruk akan di transmit ke alat ini. Jadi ada potensi bahwa kapal besar bisa bantu anda, jika mereka cukup dekat dengan anda. Radio VHF bisa di program untuk auto scanning channel, scan di 16 dan channel yang sudah anda setujui dengan kapal diving. Let say channel 69 deh. Ntar radio nya scanning cepat sekali di 16/69 dan dimana ada signal radio masuk baik di 16 ato 69, radio akan aktif dan anda bisa komunikasi.


Kata pemanis terakhir untuk persiapan rescue adalah UANG.
Emang ironis kalo orang udah hanyut dan bisa "tit" kenapa uang masih di masaalahkan ?
Dua nama kontak emergency anda harus berani dan punya wewenang untuk melakukan pembayaran.
Jika yang di minta bantu bukanlah asset dive center, saya jamin 100% akan ada nego harga sewa kapal.
kalo helicopter jangan tanya deh, pasti bayar. Kalo asset rescue negara, kagak tau deh perlu biaya ato kagak.

Disini daftar database dive operator lain perlu kita miliki.
Cari tau di wilayah selam anda, kapal dive operator lain mana yang bisa disewa jika dive operator yang anda pakai anda punya asset terbatas. Dive operator yang pengalaman dan punya safety plan yang bagus akan siap-siap untuk kejadian dimana kapal dive operator lain akan di sewa untuk rescue atau asset apa kek yang bisa disewa.
Waktu menentukan suksesnya rescue, makin lama anda hanyut makin susah nyarinya, kalo PLB nya pas "tit" setelah sekian jam. Kalo kagak "tit" itu PLB ( harus nya kagak "tit" deh ), tinggal mental anda sampe mana kuat untuk bisa tenangkan diri.

Jika yang hanyut lebih dari 1 orang, bisa terjadi cekcok pendapat sesama diver. Ini sifat manusia, saat mau dekat ajal, istilah friend bisa lenyap. Tidak selalu, tetapi bisa terjadi. Bisa ada yang merasa dirinya berenang nya kuat akan coba berenang ke pantai atau misah ato gimana gitu........sebisanya nya jangan. Kumpul bersama membuat rescue lebih mudah dan foot print kita lebih besar, lebih mudah nampak. Kalo ombak udah mulai gede, tabung selam buang ajah. Beratnya tabung selam bisa buat kita ke jedot ama temen, ntar benjol lagi. Ini yang dilakukan kawan saya yang hanyut dari Tanjung Bira Sul-Sel selama 20+ jam sekitar 3 tahun lalu kalo enggak salah. Ke tolong ama kapal kargo kecil....untung dah. Kalo tabung selam mau di hanyutkan, buang dulu isi nya, biar ngambang. Jika ngambang ini bisa jadi kayak berkas jejak kita gitu loh. Warna norak tabung selam juga bisa bantu pencarian dari udara, kalo kuning, silver dan hijau.

Kapal/boat ada batas maksimal jarak jelajahnya dan karena ukuran nya jika kecil, belum tentu berani main di laut lepas pun, maka semakin jauh anda hanyut ke tengah laut lepas, makin susah rescue nya karena batasan alat rescue nya. Jadi waktu adalah segala-galanya. Kalo di laut yang dingin kayak 26C ajah deh, hyporthermia bisa meyerang dalam hitungan beberapa jam, tergantung daya tahan diver sih. Kalo saya di 26C dan 3 jam pasti kelenger deh. Kalo udah godek2 kedinginan, otak jadi bego dan bisa error, ini sangat tidak menguntungkan.


Satu alat yang kagak boleh anda TIDAK miliki.
Senter kecil 24 jam nempel di BCD dan tidak boleh di pake hura-hura. Ini khusus untuk signalling malam hari.
Sebaiknya pake yang LED biar irit dan bisa 6 jam. Minimal 4 X 2AA batere nya. Kalo bisa 4x C cell lebih baik.
Tidak ada yang lebih baik untuk signalling dari senter kalo udah malam mah. Saya pake Mini Q40 LED, juga dari Underwater Kinetic. Ini juga yang bisa mencegah anda ke giles kapal kalo amit2 hanyut sampe malam.
Test ini senter setiap sebelum menyelam, pastikan sehat.

Satu lagi cerita aneh dan nyata. Jika lokasi anda bukan lokasi umum penyelaman dan orang lokal masih percaya dengan yang mistis, jangan heran saat ada kapal lewat lalu ABK melihat anda tetapi cuek bebek, ini artinya anda di fikir ama ABK sebagai jejadian/hantu bukan diver....ha ha ha , sumpah, ini belum 2 bulan lalu pun ada kejadian seperti ini.

Beberapa diver hanyut sekitar 6 jam dan di Samudra India, di Selatan Lombok di dive spot nama nya The MAGNET ato nama lokal nya batu SOPIA LAWISA. Itu batu nongol di tengah Samudra India, selatan nya Lombok sekitar 2 mil dari bumi Lombok terdekat. Konon bisa jumpa hammerhead. Kalo dari dive center terdekat kagak tau berapa jauh, logikanya tidak mau dive operator punya base disisi selatan, rugi ama cuaca neh. Jadi jangan teriak "minta tolong" kalo dalam keadaan seperti ini. Maki maki ajah dengan kata kotor, sebab setan kan kagak ngomong jorok....kik kik kik. Kan kalo cerita horor setempat selalu setan belagak minta tolong atau ada tangisan minta tolong, baru deh pas ketemu ama setannya walaupun cantik, pas dia muter belakang nya bolong....iiiihhh ceyem. Jadi ingat, teriak kata-kata yang akan buat ABK marah, biar dia tau you bukan jejadian dan abis itu minta maaf yah dan kasih duit... he he he.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Sep 08, 2010 6:29 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Last tip.............
Jika beli sosis, baiknya warna hijau neon sebab mata manusia lebih sensitive dengan warna hijau, mungkin karena US dollar warna nya hijau kaleee yah... he he he.

Ini kata scientist yah, bukan kata saya.
Lihat tabel spektrum warna.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Sep 08, 2010 8:39 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Sep 27, 2008 3:17 pm
Posts: 618
Location: sanur - bali
Surya Prihadi wrote:
Last tip.............
Jika beli sosis, baiknya warna hijau neon sebab mata manusia lebih sensitive dengan warna hijau, mungkin karena US dollar warna nya hijau kaleee yah... he he he.

Ini kata scientist yah, bukan kata saya.
Lihat tabel spektrum warna.


Mungkin saja benar yang mereka katakan, pak. Tapi sebuah warna akan terlihat lebih menonjol apabila warna di sekitarnya lebih kontras (warna berseberangan). Dalam hal ini, warna hijau akan lebih mudah dilihat bila berada disekitar warna merah. Nah kl kita berada di laut yang airnya kelihatan biru/hijau maka warna merah/orange lah yg akan tampak lebih kontras.

Just my opinion :)


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Sep 08, 2010 11:29 am 
Offline

Joined: Sun May 16, 2010 12:53 am
Posts: 90
di http://www.oceanmedix.com/?_siteid=ocea ... acr_prog_P
menawarkan PLB ACR yang bisa dimasukin code, cuman harga unitnya lebih mahal daripada Fastfind.

code negara bisa dilihat di web ITU http://www.itu.int/online/mms/glad/cga_mids.sh


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Sep 09, 2010 2:31 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Baik nya bell Barnas dulu soal dan tanya pendaftaran PLB, apa kah mereka sudah siap. Jika PLB udah coded Indonesian code, negara lain tidak akan terima. Jika Basarnas database PLB belum siap, nanti masuk ke international database nya kapan untuk PLB kita ? Kalo tidak masuk ke international database, rescue akan pelan sebab PLB seperti tidak ada pemiliknya alias PLB gelap.

Maka nya saya beli PLB yang USA coded supaya bisa numpang ama NOAA untuk daftar dan OceanMedix salah info. NOAA masih terima registrasi bagi non resident.

Bagi negara yang belum member COSPAS-SARSAT atau belum ada database resmi, rakyatnya/usernya bisa register di International Beacon Registration.

http://www.406registration.com/
Tapi saya kagak atu apakah otomatis registrasi akan gagal jika PLB kita sudah coded negara yang commit sama COSPAS-SARSAT untuk buat database PLB, tetapi belum di lakukan.

Kalo di NOAA kita register beacon di luar USA codes ( ada beberapa kode mereka ), registration akan gagal kata FAQ.

Karena kita diver dan PLB harus diving bersama kita, beli PLB seperti beli kamera diving. Housing cari dulu, kalo muat/ada, baru beli PLB nya. Itu ACR merek top tuh di USA, tapi tinggi nya 15cm dan itu agak tinggi loh, apa muat di D8 UK housing kagak tau deh. Radio Standard Hoz HX850S saya yang gede ajah cuma 13 cm tinggi nya. Jangan beli PLB dan akhirnya harus buat custom made dive cannister, mahal dan repot neh.

Semua PLB bisa di program ulang kayaknya deh sebab banyak kapal yang di jual dan ganti owner and PLB nya pun di program ulang dengan data owner dan nama baru si kapal.

Satu info lagi. PLB 210 FastFind karena kecil, jika di pakai, bagian atas nya harus di robekin dan setelah ini terjadi, harus kirim balik ke service center untuk di ganti kepala baru dan batere baru. Ini bisa 1/2 dari harga PLB nya kayak nya deh.
Per 5 tahun semua PLB harus di kirim balik untuk ganti batere ke service center mereka.

Blup blup blup
SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Sep 13, 2010 6:30 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Om Surya,

SAR Indonesia linked kok ke COSPAS SARSAT.

Unit PLB maupun locator beacon kapal, semua bisa diregister/ coded untuk Indonesia via Departemen Perhubungan/ BASARNAS. In fact, kalau beli locator beacon di Indonesia, bisa minta si supplier untuk melakukan registrasinya. Paling kena extra charge uang lelah aja.

Saya belum bawa PLB untuk diving, tapi di kapal ada. Kalau off-road justru bawa hehehe....

Kalau mau yang unitnya lumayan handy, bisa coba SPOT Personal Tracker [url](http://www.findmespot.com/en/index.php?cid=101)[/url] yang coveragenya sudah mencakup seluruh Indonesia kecuali bagian utara Papua. Harganya juga sangat terjangkau, hanya sekitar US$100 saja.

Bedanya, untuk SPOT ada layanan berbayar untuk trigger local rescue service. Untuk detail information bisa browse ke link SPOT tersebut di atas.

Semoga bermanfaat.

Salam,
Rendra
[/url]

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Sep 14, 2010 9:52 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Surya Prihadi wrote:
Sebenarnya ada satu alat lagi yang kayak PLB tapi di operate ama swasta dan harus pake iuran tahunan. Saya mau beli dari tahun lalu cuma agen di Asia nya ampe sekarang kagak jelas. Ini alat bisa kirim signal pada interval tertentu untuk sekedar kabarkan saudara ato teman kita bahwa kita OK dan ada tombol SOS juga. Via satelit juga.

http://www.findmespot.com/en/index.php?cid=102

Cuma saja coverage nya di Asia belum yahud kata manager Asia Pacific nya, Christopher West. Orang nya lelet kerja nya, baru email 2x udah kagak jawab soal coverage nya dan siapa agen Asia yang bisa kita kontak ....kampret.




Mas Rendra,

Saya ada rencana mau beli SPOT sebab bisa kayak "SMS" OK tersebut, tapi udah setahun website nya kagak ada update Asian rep nya dan sih AsPac manager nya kayak gitu, lelet abiz kerja nya tanpa kabar berita.

Kalo harus via departemen perhubungan laut repot neh, harus ada surat kapal. Semoga Basarnas siapkan database khusus PLB secepatnya, jadi private individu kayak kita bisa register ama mereka dengan mudah.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Registrasi PLB
PostPosted: Wed Sep 15, 2010 6:02 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Om Surya,

Untuk pendaftaran beacon, informasi dari BASARNAS sbb:

Dalam rangka meningkatkan respon time Badan SAR Nasional dalam penanganan musibah penerbangan, pelayaran dan musibah lainnya, Badan SAR Nasional mengoperasikan peralatan LUT – MCC (Local User Terminal – Mission Control Center) sebagai sarana deteksi dini. LUT merupakan ground segment dari Cospas-Sarsat yang berfungsi untuk menerima sinyal distres yang dipancarkan oleh Beacon.

Ada 3 (tiga) jenis Beacon :

1. EPIRB : Emergency Positioning Indicating Radio Beacon untuk kapal

2. ELT : Emergency Locator Transmitter untuk pesawat

3. PLB : Personal Locator Beacon untuk perorangan

Sinyal distres yang diterima kemudian diproses dengan prinsip efek doppler untuk penentuan posisi distres.Berdasarkan data posisi distres, Tim Rescue Basarnas segera mengecek ke lokasi tersebut dan apabila benar terjadi musibah akan segera dilaksanakan tindakan penyelamatan.

Berdasarkan keterangan di atas diharapkan operator pelayaran dan penerbangan untuk meregistrasikan Beacon yang dimilikinya ke Badan SAR Nasional sehingga apabila terjadi musibah penerbangan maupun pelayaran bisa langsung terdeteksi oleh Basarnas dan sesegera mungkin dilaksanakan tindakan penyelamatan.

Tata Cara Registrasi Beacon :

1. Download formulir registrasi Beacon
2. Isi formulir registrasi dengan benar
3. Formulir yang telah diisi dengan benar agar dikirim langsung kepada Kepala Badan SAR Nasional U.P Direktorat Komunikasi Badan SAR Nasional dengan disertakan surat permohonan.

KANTOR PUSAT BADAN SAR NASIONAL
JL.Angkasa Blok B.15 Kav. 2-3 Kemayoran - Jakarta Pusat
Jakarta - Indonesia 10720
Telp. (62-21)65701152
Fax. (62-21)65701152

Email : [email protected]

Linknya sbb: http://www.basarnas.go.id/index.php?opt ... &Itemid=47

Formulir pendaftarannya saya attach pada posting ini.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Sep 16, 2010 9:13 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Asik...............mantapzzzzz :D
Thank you.

Minggu lalu link Registrasi Beacon masih ngaco di Basarnas. Top dah. Thank you Om Rendra.

http://www.basarnas.go.id/index.php?opt ... &Itemid=47
Tuh link masih ngaco, gelo dah.

EDIT EDIT
Geblex !!! Ternyata Internet Explorer saya yang ngaco. Kalo pake Google Chrome bisa...kampret Microsoft IE nih. Walah, thank you banget Rendra, untung link nya kamu kasih lagi dan baru kepikir ada problem sama IE saya.
EDIT EDIT


Sekarang tinggal cari dealer yang punya alat program ulang country code Indonesia.

Kalo udah keburu punya yang bukan Indo coded dan tidak pakai di program ulang, kata Basranas mau terima kah mereka ?

Ok boys silahkan lanjut. Inget, cari tau ukuran PLB nya dan cari housing nya dulu, kalo klop bisa bawa diving deh. Tetap VHF number 1 priority deh.

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Sep 16, 2010 9:40 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Wah, makin kagak pe-de ama Internet Explorer nih. :(

Waduh, pantesan banyak website yang kagak ke connect belakangan ini.:evil:
Sekali lagi thanks Renda, you save the day.. :)


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Oct 19, 2010 9:53 am 
Offline

Joined: Tue Oct 19, 2010 9:22 am
Posts: 2
@mas rendra.

makasih sebelumnya mas. untuk penjelasannya..

@mas surya..
kalau menanyakan mengenai PLB/ELT/EPIRB dan cara kerjanya silahkan untuk menghubungi tlp ini. 021-5501449. kita berkerja 24 jam sehari 7 hari seminggu 366 hari setahun.

benar kata mas rendra.. silahkan form registrasinya diisi selengkap-lengkapnya. untuk emergency contak, sebaiknya masukan no tlp saudara/teman anda yang mengetahui kegiatan anda sehari-hari. jangan memasukan no tlp pribadi pada emergency contak.

database untuk PLB sendiri sudah ada sejak tahun 1990an. dari sejak database tersebut dibuat baru hingga saat ini 3 buah PLB yang ada pada database.

setiap MCC diseluruh dunia mempunyai jalur komunikasi khusus. pertukaran data mengenai kepemilikan PLB juga dilakukan antar MCC.
jadi tidak ada kata pemilik PLB gelap. karena tiap pancaran yang diterima oleh stasiun bumi merupakan pancaran distress dan diberlakukan sama..

dan jika PLB dicodec menggunakan indonesia (525) (C1A........./41A.........) akan diterima sama oleh sistem dan tidak akan terjadi penolakan terhadap sistem.

oh iya satu lagi mas.. ada banyak manfaat jika menggunakan indonesia codec pada plb mas.


mohon maaf jika ada kata-kata yang kasar.

best regards


faishal rahman.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Oct 19, 2010 9:53 am 
Offline

Joined: Tue Oct 19, 2010 9:22 am
Posts: 2
saya juga membuat trid mengenai PLB disalah satu forum outdor adventure. dikaskus.

http://www.kaskus.us/showthread.php?p=296793911

pada trid diatas juga saya berikan gambaran mengenai sistem yang berjalan. dan bagaimana PLB/ELT/EPIRB muncul ketika ditangkap oleh satelite.

hahaha ternyata mas surya yang pertama kali mendaftar. :D

hasil cros check dalam database.. id 2DCE616998FFBFF memang terdaftar didatabase

jika 15 Hex id milik mas surya di bongkar maka yang akan kelihatan pada sistem adalah sebagai berikut

Protocol : Location
Country code : 366 <USA>
Standard protocol : PLB - serial
Certificate number : 0194
Serial number : 13516

untuk sekarang gunakan sajah 15 Hex ID tersebut sampai masa pergantian plb/ sudah expired.


Last edited by clukindahose on Tue Oct 19, 2010 10:53 am, edited 1 time in total.

Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Oct 19, 2010 10:46 am 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
@mas faishal: wah akhirnya ada orang BASARNAS juga yang nongol di forum ini hehehe.. thanks infonya & kalau boleh kapan2 kita ketemuan untuk ngobrol bareng ya? ini info yang penting banget untuk dive safety.. kalau boleh saya minta nomer kontak mas faishal via pm/inbox boleh?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Oct 19, 2010 11:21 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
clukindahause itu mas Faishal yah?

Welcome mas, di Basarnas yah? Saya kebetulan suka ngerecokin aja di Basarnas hehehe...

Welcome lah, ditunggu sharingnya.

Cheers,
Rendra
tukang SARnya IOF, temennya BASARNAS :D

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 71 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron