It is currently Sun Dec 17, 2017 11:29 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 71 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next
Author Message
 Post subject:
PostPosted: Sun Sep 05, 2010 10:28 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Peta versi CMAP juga sama skala nya 1 : 745,000 juga. Artinya DINAS HIDROS kita juga tidak lebih baik peta nya.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Sep 05, 2010 10:43 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Enak nya data logging GPS kayak gini, kita bisa mendata jauh lebih mudah dan akurat.

Dari Tifore kita meluncur ke SangiTaLaut di utara Manado. Sore berangkat dan esok pagi nya baru sampe. Saat di perjalanan angin dari barat ngamuk. Lihat gambar C16 alur pelayaran di bagian bawah, mepet kiri ( barat ) supaya dapat ombak yang lebih kecil jika ketutupan pulau.

Tanda panah merah adalah kapal kita melintir balik arah 180 derajat ke Tifore lagi saat kena ombak besar malam hari dan tak nampak mata. Saya lagi tidur di kamar ampe terpental ke lantai. Lihat close up track log nya di gambar C17 , yang alur kayak huruf S itu . Jadi bangun deh dan bantu navigasi sebab GPS di kapal agak jadul dan alat navigasi yang saya bawa jauh lebih canggih, cuma radar doank kagak bisa di bawa dari Jakarta. Marine VHF ajah kagak ada, gelo. Untung saya bawa yang portable VHF 3 unit.

Ini kapal kalo tengok di brosur boleh lah, kalo di survey, di data asset nya dan sea trial dari awal, saya akan batalkan kapal kayak gini....kampret. Udah mana mahal neh. Malu malu in ajah nih, malu ama kawan-kawan ku. Kapal ini limbung ( kurang stabil ), kemudi nya lambat response nya, pelan pula cuma 7 knot. Draft nya terlalu dangkal neh makanya rock and roll terus. Hick hick hick sedih banget sebab laut muali hari kedua ampe ke 7 ganas terus.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Sep 05, 2010 11:47 am 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
nambah lagi nih list alat yang musti dibeli^^

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Sep 05, 2010 2:53 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
Surya Prihadi wrote:
Jika GPS kena tutup air, 20 cm ajah udah putus signal nya.
Karena di rumahkan di senter D8 Underwater Kinetic dengan radio Icom M72 saya, itu senter selalu ngambang dan face the sky, jadi signal GPS cepat dapat nya, apalagi udah warm start.


kebiasaan mbah surya nih.. senter keramat hahahaaaa..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Sep 05, 2010 5:39 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
hantulaut wrote:

kebiasaan mbah surya nih.. senter keramat hahahaaaa..


Tanpa itu senter keramat no diving deh. :) , kecuali Pulau 1000
2008 ketolong sekali, 4 orang, termasuk saya, terpecah 2 group
2009 ketolong 1 kali, saya ama temen lagi ber buddy
2009 temen ketolong banget-banget sebab udah 3 KM lebih dari exit biasanya, maklum ada unexpected event. Habis kena saya maki dia karena SOP kagak di ikuti.

Ini semua kejadian hanyut sosis udah kagak kelihatan euuyy, kejauan.

Icom M72 udah turun tuh, kemarin cuma 1.725jt dari 2.2jt tahun lalu. Cuma batere nya kagak mereka jual, reseh banget.

Malah bisa muat satu PLB bareng ama Icom M72 di D8 housing, lumayan, asuransi terakhir demi TIDAK berpesta kwaci...amit amit ampe PLB ke pake.


Nando San,
Jika pun tidak ada geo tagging camera nya, jika you setting Holux logging di per 1 detik dan jam di kamera di samakan, lumayan dapat akurasi posisi saat photo saat survey. Minimal balik lagi ke lokasi pasti dapat. Jam tangan di set juga samakan ama GPS, karena GPS paling tepat anyway. Kalo kerjaan you pake Sony video camera yang ada GPS nya XR520 ( yang baru XR550 ) , itu posisi data per 20 detik baru update. Saat terbang pake helicopter kalo ada keperluan pendataan posisi terhadap photo atau video, udah hilang posisi kalo 20 detik. Temen saya survey hutan pake XR520 dan pas saya pinjem baru saya tau kelemahan nya. Pasti ngiler kan ama mainan kayak Holux yah... he he he.

Akan berguna deh kalo gawe survey. Pake balon mainan/pesta 2 lapis, ikat di tas plastik biar tambah waterproof lagi, pasang di head band pake apa kek kayak cewek pake bando, saat snorkling kalo perlu pendataan juga bisa pake, asal waktu mulainya entry/exit di catat biar gampang di pastikan pesisir pantai yang sedang di survey. Google Earth tidak selalu tepat, tergantung daerah, error bisa 150 meter dan konon ada yang bilang 500 meter di lokasi tertentu. Maklum gratisan, kayak gitu mah udah hebat banget geo marking photo satelitnya sih.

Holux di pesawat jet kayak Lion Air ajah dapat signal loh, asal duduk di window seat.
Di Heli dapat, di Twin Otter juga dapat, 165db sensitivity emang mantap. Kalo lagi naik kapal besi, pake plakban tempel di jendela samping, pasti signal tetap dapat.

Have fun.....
SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Sep 06, 2010 1:07 am 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
Surya Prihadi wrote:
hantulaut wrote:

kebiasaan mbah surya nih.. senter keramat hahahaaaa..


Tanpa itu senter keramat no diving deh. :) , kecuali Pulau 1000
2008 ketolong sekali, 4 orang, termasuk saya, terpecah 2 group
2009 ketolong 1 kali, saya ama temen lagi ber buddy
2009 temen ketolong banget-banget sebab udah 3 KM lebih dari exit biasanya, maklum ada unexpected event. Habis kena saya maki dia karena SOP kagak di ikuti.

Ini semua kejadian hanyut sosis udah kagak kelihatan euuyy, kejauan.

Icom M72 udah turun tuh, kemarin cuma 1.725jt dari 2.2jt tahun lalu. Cuma batere nya kagak mereka jual, reseh banget.

Malah bisa muat satu PLB bareng ama Icom M72 di D8 housing, lumayan, asuransi terakhir demi TIDAK berpesta kwaci...amit amit ampe PLB ke pake.


Have fun.....
SP


nah, kalo ndak salah saya pernah bahas tuh soal senter keramat di forum ini. hanya karena ikut saran mbah surya saya juga beberapa kali ndak jadi pesta kwaci. nanti lah saya bikin tulisannya kalo ndak males.. males juga inget2 peristiwa kayak gitu hehehe..

mbah, itu M72 kalo ndak ada yang jual batrenya coba bawa ke sarang batre di glodok.. minta diganti isinya (batrenya). selama masih ada casing batrenya mereka bisa ganti. kalo takut nyasar disana minta anter kokoh ruswan. dia udah saya kasih tau tempatnya.. semoga ndak nyasar ke mangga besar haaaaaahaha..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Sep 06, 2010 7:41 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Jangan males bagi cerita Yu, ini penting banget.

Near-miss mah mujur namanya. Ingat tuh orang Inggris di Komodo 2008 yang 5 orang hanyut termasuk dive operator owner nya yang cewek. Berapa banyak uang ke buang, dan sengsara nya dan exposurenya global. Cerita nya klasik lah :

" We saw the boat but the boat failed to see us or heard us ".

Yah iyalah, kapal dive mah 2 KM juga masih keliatan apalagi yang kayu/besar. Sosis kita kalo setinggi dan segede Monas baru ampuh.....he he he. Apalagi diver di Bali yang main nya di Lembongan dan Penida, resiko hanyut lebih ato sama parah ama Komodo. Kalo sisi selatan di Penida ato Lembongan dan hanyut, itu jauh lebih parah daripada Komodo di Batu Bolong yang masih 30km ke selatan banyak pulau ceplak ceplok dan belok belok pula alur nya, mepet darat masih 60% chance berhasil bagi yang kuat berenang dan berani buang tabung.

Orang kalo belum near-miss biasanya belum merasa perlu. Iyah pun near-miss kadang-kadang masih kagak sadar . Cuma near-miss bisa jadi miss-ing beneran jika kondisi apes lain mendukung, tinggal tambah hujan, deviasi arus di luar dari pattern biasanya dan kru lemot ....komplit lah disaster nya.

Sangiang Selat Sunda ajah yang arus maksimal cuma 3 knot dan traffic kapal padat, masih membuahkan near-miss minimal 3 cerita sedih 10 tahun ini antara 12 - 36 jam hanyut nya. Untung near miss. Ini juga karena arus natural nya adalah dominan 210 derajat ke Selatan. Coba kalo 240 derajat ajah tuh arus, masuk statistik jadi nya sebab tak akan ke dorong ke Pulau Jawa, bablas ke Krakatau dan Samudra India langsung bukan ke tanjung Alang-Alang. Nanti kudu nyanyi lagu Krisdayanti "I am Sorry Good Bye" pula.

Coba serita donk Yu, kayaknya sampai hari ini udah lebih dari 1x kejadian semenjak terakhir dikau bilang radio ke pake di SDI deh, 2 tahun lalu....iyah kan ? Kagak heran jika diving nya di timur Bali dan Lembongan/Penida sih....sumpah kagak heran.

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Sep 06, 2010 7:59 am 
Offline
User avatar

Joined: Wed Aug 19, 2009 9:18 am
Posts: 185
Muantap banget nih penjelasannya om surya.. Kapan bikin seminar om? Saya daftar nomor satu ya.. Hehehe.. Thanks for sharing..

Cheers,

_________________
Randy | Email: [email protected]


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Sep 06, 2010 8:23 am 
Offline

Joined: Thu Apr 23, 2009 7:03 pm
Posts: 68
Pak Surya, habis liat thread ini saya kan browsing tentang radio VHF, nah nemu 2 radio ini Lowrance LHR-80 - Handheld VHF/GPS Marine Radio http://www.lowrance.com/Products/Marine/DSC-VHF-Marine-Radios/LHR-80/Specifications/, sama Standard Horizon HX851 http://www.standardhorizon.com/indexVS.cfm?cmd=DisplayProducts&ProdCatID=85&encProdID=CE54753DAEF82FF5498D5C3153D6E29B&DivisionID=3&isArchived=0. Nah dua2nya itu ada built in GPS dan bisa transmit lokasi ke sesama handheld, pak Surya pernah coba ini alat belum ya ?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Sep 06, 2010 10:01 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
teguh_bs2000 wrote:
Pak Surya, habis liat thread ini saya kan browsing tentang radio VHF, nah nemu 2 radio ini Lowrance LHR-80 - Handheld VHF/GPS Marine Radio http://www.lowrance.com/Products/Marine/DSC-VHF-Marine-Radios/LHR-80/Specifications/, sama Standard Horizon HX851 http://www.standardhorizon.com/indexVS.cfm?cmd=DisplayProducts&ProdCatID=85&encProdID=CE54753DAEF82FF5498D5C3153D6E29B&DivisionID=3&isArchived=0. Nah dua2nya itu ada built in GPS dan bisa transmit lokasi ke sesama handheld, pak Surya pernah coba ini alat belum ya ?



Kalo Lowrance forget it deh. Agen nya tidak ada di Jakarta.

Saya ada Standard Horizon HX850S, tiga unit malah. Ini unit pertama yang pake GPS dan DSC ready. Beli untuk testing dan koleksi, maklum terangsang ama kemampuan GPS nya juga dan DSC nya. Ini beli di Hong Kong 2009 sebab Mirusa agen nya tidak masukin yang model high end ini, ampe sekarang pun.

Kenapa saya tetap pilih Icom M72, walaupun saya ada Icom M88 pada awalnya.

Pertama, Icom M72 satu-satunya radio yang waterproofing nya IPX8. Ini artinya 1.5 meter selama 30 menit dilelepin OK. Kalo IPX7 cuma 1 meter 30 menit.

Kedua, batere nya paling gede pada 1,900 mAh.
Umur batere jika kita amit-amit hanyut lama, sama nilai nya dengan umur kita.

Kawan ada pake Standard Hoz yang model paling basic dan IPX 7 kalo enggak salah HX270 deh, lupa kode pasti nya apa yang pasti batere nya adalah nickel metal bukan Lithium Ion, pokoknya tidak bisa di charge kalo enggak kosong...kagak bagus. Cuma Rp750K saat pertama launching di Mirusa.

2008 sempat di pake tuh radio basic di real-life situation dan ombak lumayan besar. Karena kawan saya belum pernah pake radio nya, saya bilang ama dia keluarin dan pake sambil saya supervise. Sekitar 10 kali kena gulungan ombak kita berdua yang pasti lebih dari 1 meter, jadi kelelep lah....eeh air masuk di LCD display nya dan koslet deh. Gelo. Mungkin ini bad batch doank, tetapi saya jadi was was dengan rating IPX 7. Ini bisa di bantu dengan VHF bag model AquaPac sih, biar jadi 5 meter waterproof nya. Tergantung radio nya, tak semua radio muat pake bag itu dan masuk ke D8 housing senter.

Icom M72 antena nya karet, bukan plastik kayak Icom M88. Ini penting sebab kalo di taro di housing senter, antena pasti kudu di pletotin. Kalo plastik dalam 3 tahun akan patah. Semua Standard Hoz antena adalah karet. Icom M88 juga masih IPX7 doank.

HX851 ato HX850 adalah floater, ini radio ngapung. Karena ngapung body nya harus besar supaya volume lebih besar dari beratnya. Tapi cilakanya batere nya cuma 1,150Ah sebab batere kan berat. HX851 cuma beda ama HX850 di gasketnya yang glow in the dark dan bisa display kan kompass dan bisa masukin waypoint. Apakah kompass benar2 ada module kompas atau semata GPS generated compass, kagak tau deh. GPS generated compass kagak bagus sebab perlu kita atau alat nya ada velocity minimal 1 knot baru kompass bisa bener angkanya kalo enggak itu angka ngaco. Anyway diver HARUS ada kompass analog. Saya ada 2, satu di dive comp versi digital dan satu analog di pressure gauge.

Itu HX850 charging nya lama bener, padahal baterenya kecil.
GPS itu makan batere, udah batere kecil di sedot pula ama GPS, kasian deh.
Lebih mending beli GPS kecil dan masukin bareng ama VHF di housing senter, modalin kantong plastik bening dan cari GPS yang IPX 7 juga.

Memang HX850 dan HX851 ada fungsi DSC ( Digital Selective Calling ). Ini di Indonesia kagak bisa di pake sebab yang keluarin izin nomor khusus DSC ato kayak IMEI handphone, adalah USA. Kalo non citizen kagak bisa dapat. Tanpa nomor ini DSC nya kagak bisa hidup. Ini DSC sih penting sekali kalo ada kapal gede lewat yang radio nya udah ikutin standard IMO, pasti udah DSC. Saya kagak mau bahas detail DSC tetapi itu fungsi emang mantap, dengan catatan ada kapal besar yang DSC ready dan kita ada nomor nya DSC. Jadi untuk Indo, ini sementara useless.

Lihat ukuran radio. Kiri ke kanan :
Icom M88, Icom M1, Icom M72 dan Standard Hoz HX850S

Icom M88 jadi mummy merah kena selotip sebab antena nya patah di beberapa titik. Ini radio sekarang dan HX850 jadi surface support doank, kagak di bawa diving dalam housing senter D8. Pake VHF dry Bag Aquapac di gantung di setiap leher kru perahu karet dan kapten kapal induk nya.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Sep 06, 2010 10:03 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Icom M72 dan HX850S ato HX851 close up.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Sep 06, 2010 10:21 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Radio VHF kalo kita bawa bukan berarti cuma beli 1 loh. Minimal 2 dan satu untuk kapal yang kita sewa. Jangan sekali kali mengandalkan radio di kapal. Kalo kapal nya speed boat dan bisa basah kena ombak, itu radio umurnya pendek di sambungan listrik dan sambungan antena, apalagi kalo kabel antena nya yang RG59 kecil kayak cacing, insulasi terhadap uap air jelek tuh. Paling aman pake radio kita sendiri biarpun portable VHF, tapi pasti working condition.

Kedua adalah, jika trip pake kapal besar dan yang jemput kapal karet/kecil, radio VHF HARUS ada dileher kru pengemudi tuh kapal kecil, sebab kapal induk biasanya pasang jangkar di tempat lain.

Saya pasti bawa 4 VHF untuk surface support kalo LOB. 2 untuk perahu karet dan 1 untuk kapal induk, kasih 1 kru yang kita tugaskan jadi spotter sebab kapal induk kan tinggi. 1 jadi back up. Sebagian dari radio saya adalah asset patungan, sebagian punya pribadi.

Kalo cuma kapal kecil di dive trip pendek, saya bawa 2 untuk surface support. 1 back up ato kagak perlu di charge pada hari kedua radio nya. Icom M72 kalo stand by doank dan transmit pada 1 watt dan cuma 5 menit, bisa tahan 16 jam gampang.

Lalu tahun lalu ada kabar bagus, yaitu PLB yang saya tunggu2 akhirnya keluar dan kecil dan ada GPS module nya dan cuma US$300 dan ada yang jual housing khusus 80 meter nya pula....cihuy !!!!!!!

PLB ato Personal Locator Beacon adalah transmitter SOS sama dengan yang di pake di pesawat terbang ( ELT ) dan yang di kapal laut ( EPIRB ) dan registrasinya mudah kagak kayak tuh dua versi transportasi massal. Ini alat last resort mencegah pesta kwaci. Kalo radio VHF gagal, mau tak mau ini di pake....amit2 jangan sampe. Ini pake transmissi via satelit dan langsung ke COSPAS SARSAT dan link lokal kita adalah BASARNAS.

Radio VHF adalah alat lokal rescue terbaik dah dan tercepat sebab kapal yang kita sewa yang akan bantu kita....emang harusnya begitu kan. Anggap ajah ini sosis electronic dengan jarak 4,000 meter.

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Sep 06, 2010 10:34 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
kosasih.raditya wrote:
Muantap banget nih penjelasannya om surya.. Kapan bikin seminar om? Saya daftar nomor satu ya.. Hehehe.. Thanks for sharing..

Cheers,


Emang ada kepikirin mau bikin kayak seminar ato special class gitu loh, cuma belum kesampean. Banyak teknologi atau tips dan trick yang bisa bantu kita jadi diver yang lebih aman dan makin murah hari ini barang2 kayak gitu.

Sebagian saya release di forum jika tidak panjang sangat penjelasan nya.

Satu hal yang kita harus ingat sebagai diver.

Pernah baca fire safety dan sebutan Fire Triangle ?
Perlu 3 komponen untuk kebakaran, bahan bakar, oksigen dan panas.

Kalo diving sebenarnya sama, tapi terbalik ajah. Kita perlu 3 basic safety.
Pertama skill dan training dari diver nya.
Kedua adalah dari alam
Ketiga adalah dari surface support atau dive operator umumnya.

Kalo diver bandel, satu safety factor udah lemah.
Kalo cuaca tidak bersahabat, bisa susah
Kalo kru kapal yang kita pake pada budek dan hobby molor saat kita diving, cilaka bisa terjadi.

Cuma sayang, safety factor ke 2 dan 3 banyak yang diver tidak kuasai dan kagak mau repot, semua di percayakan ke dive operator atau organizer. Kapan maju nya nih diver kalo minimal tidak menguasai kedua safety factor ini yang dimana jika satu gagal, hasilnya adalah safety triangle kita sebagai diver tak akan tercapai. Tidak harus pakar tetapi tidak boleh buta.

Tau kah surface support yang terbaik adalah sebenarnya diver yang paham soal alam, soal diving pastinya dan soal hal hal lain yang buat diving bisa lebih aman dan ini orang adanya di atas kapal, bukan di dalam air bersama anda. Yang di air cari satu dive guide lagi yang juga paham macam-macam, ini akan lebih aman.

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Digital Diving - what is that ?
PostPosted: Mon Sep 06, 2010 11:42 am 
Offline

Joined: Sun May 16, 2010 12:53 am
Posts: 90
Surya Prihadi wrote:
Gang,

Saya mau tanya, kawan2 kalo diving isi logbook atau pendataan lokasi di mana dan apapun data yang penting untuk bisa balik lagi ke dive spot tersebut, atau bisa melihat geografi dive spot tersebut dimana terhadap peta, bagaimana cara nya ?

Khususnya bagi yang sering explore tempat baru atau yang hobby tandai tempat baru , gimana cara anda ?

Kalo orang tanya kita diving dimana, kita jawab let say di Bali. Bali dimana ? Kita jawab di Penida, let say deh. Lalu Penida bagian mana tepatnya sebab ini tempat ternyata belum umum....gimana pendataan ini ?

Blup blup blup...
SP


Saya juga tiap trip pasti bawa Holux ini :)
Abis itu buka pakai Google Earth, tandai lokasinya dan save sesuai tanggal dan no divenya yang dicocokkan dengan no dive di dive manager.
Dan rencananya di pasang di WannaDive supaya sitenya bisa nongol di Google Earth, itung2 membantu promo dive site di Indonesia :)


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Sep 06, 2010 11:43 am 
Offline

Joined: Thu Apr 23, 2009 7:03 pm
Posts: 68
Ooo.. jadi yang Standard Horizon itu boros batere ya ?. Terus kalo pake terpisah antara GPS dengan Radio-nya, berarti kalo minta dijemput kita harus nyebutin koordinatnya ya via radio ke kapal ?, soalnya kalo dipikir2 apa boat operator bisa ngertiin track GPS apa enggak kan masih jadi pertanyaan...

Untuk fungsi tracking, berarti Standard Horizon itu fungsi trackingnya dibundling di fasilitas DSC-nya ya, kalo yang Lowrance location broadcastnya dijadiin satu sama DSC enggak ya ?.


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 71 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron