It is currently Mon Oct 23, 2017 6:06 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 42 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3
Author Message
 Post subject:
PostPosted: Tue Aug 24, 2010 5:41 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Mas Joy,

Memang problem utama adalah karena compressor pakai oli. Oil-less compressor seperti screw memang ada tetapi tidak bisa tekanan tinggi, paling 20 BAR doank.
Untuk tekanan 200 BAR biasanya compressor model 3 tahap atau 4 tahap. Satu tahap tekan 1 BAR jadi X BAR, tahap ke 2 naikan lagi dan tahap tiga naikan lagi tekanan. Jika sekali tekan langsung 200 BAR akan terlalu panas dan komponen bisa hancur cepat.

Ada satu merek RIX yang juga oil-less dan bisa sampai 200 BAR, ini buatan USA dan banyak di pakai sama US Navy Seal . Saya kurang hafal kalo merek RIX. Agen nya ada di Surabaya.

Pada konfigurasi pembuatan Nitrox dengan membrane, screw compressor banyak di pakai sebagai low pressure feed untuk hasilkan O2 lebih dari 21%, sebab screw compressor air flow nya besar dan membrane nitrox memang tidak terlalu efficient alias banyak yang ke buang.


Mas Ocean,

Ok, cerita2 yah kalo experiment udah berjalan. Pasti fun kalo bikin kayak chamber gitu.

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Aug 24, 2010 10:32 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
Surya Prihadi wrote:
Oksigen analyzer umum kayaknya susah cari yang read-out nya ppm, mungkin karena kegedean angka nya, kalo 15% kan udah 150,000 PPM.


O2 analyzer yang umum memang pake percentage (%) tapi untuk keperluan industrial atau chemical grade ada yang pake satuan PPM.. tapi harganya juga udah gak masuk akal untuk ukuran pribadi..

Surya Prihadi wrote:
Kalo enggak ada C02 scrubber saya akan pilih C02 anaylzer sebab konon 1% ato 10,000 PPM CO2 udah fatal dan saat kita exhale nafas kita keluarkan C02 bisa sekitar 4% kalo enggak salah.


gara2 mbah surya, sayah jadi terpaksa mengingat-ingat pelajaran waktu ambil course rebreather lagi nih hahaha..

kalo seinget sayah CO2 di kadar 1% itu 'default cut off' di closed circuit rebreather pada umumnya, tapi ada beberapa rebreather yang masih bisa di 'adjust' sampai dengan 3% - yang dianggap masih masuk toleransi yang bisa ditahan oleh manusia. bahkan banyak rebreather diver yang berani setting sampai 12%.

angka benchmark nya ada di 25% dimana manusia masih 'sadar' (concious) tapi sudah tidak bisa menggerakkan sensor motorik karena central nervous system (CNS) sudah 'tidur'..

semoga infonya membantu


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Aug 24, 2010 11:03 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Gile !!!!!!! 12 % C02 ???? Kacau kaleee Yu.

Jadi ingat dulu suka main ama ember di bak mandi. Kepala di tutup pake ember dan ember di tekan biar sealing ama air. Rebreather primitif tuh...heheheh.
Paling ember 10 liter. Nafas ampe engap, jadi ingat juga kenapa bahasa Indonesia sebut C02 sebagai zat asam, emang bener tuh udara asem banget saat CO2 nya tinggi. Kayaknya enggak sampe 3 menit deh tuh udara di ember tahannya. Umur masih SD sih, jadi paru-paru masih kecil dan masih tahan yang asem-asem..:P

Kalo temen saya yang main rebreather bilang, 02 posioning tidak ber effect seketika, biasanya 5 menit baru kena kalo main 32% dan bablas kedalaman let say 50-60 meter. Kalo enggak salah dia bilang 50 meter deh, ato 60 meter yah ?.
Apa benar ini Yu ? Ini pasti ada di rebreather training. Unit apa yang sampean coba saat itu ?

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Aug 24, 2010 11:37 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
iya mbah, makanya gak heran rebreather sering jadi one way ticket dive hehehe..

efek dari CO2 poisoning lebih sering terjadi di closed circuit karena O2 injection ngaco computernya atau karena salah bypass secara manual pas sedang bailout

kalo semi closed circuit CO2 poisoning bisa terjadi ketika injection gas nya abis (biasanya nitrox) karena lupa cek pressure gauge, atau karena orifice jet (semacam jarum injektor di mesin diesel) yang salah pasang atau mampet. kalo di semi closed circuit umumnya cuma bisa pake nitrox 40%, 36% sama 32% sesuai dengan orifice jet yang tersedia (jadi kalo pake 40% ya pake orifice jet untuk 40% - harus diganti manual)

nah di CCR & SCR biasanya PO2 poisoning efeknya gak langsung karena 'breathing loop' rebreather masih cukup 'panjang'. masih ada selang, masih ada scrubber, masih ada counter lung.. jadi sejak sensor readout sudah dibawah normal (di CCR) & injection/diluent gas habis (SCR) biasanya diver gak langsung KO.. makanya kalo di CCR begitu readout dibawah normal, dia langsung cutout & masuk mode 'bailout' langsung nyemprot O2 sesuai kondisi kedalaman. kalo di SCR bailout nya biasanya pake tangki normal air (21%) yang terpisah.

kalo temen mbah surya main pake 32% itu hampir pasti dia pake semi closed rebreather (SCR) biasanya draeger dolphin atau atlantis.. soalnya dia sistem fixed diluent alias breathing loop nya cuman diinject pake nitrox 32 secara berkala. sistemnya lebih simpel dibanding closed circuit (CCR)

nah berarti dia harus ngikutin MOD nya nitrox 32% (33.7m di PO2 1.4 atm & bisa dipentokin sampe 40m kalo PO2 1.6 atm). kalo dia tembus sampe ke 60m ya efeknya justru bisa ke O2 toxicity atau bisa juga jadi hypoxia, tergantung breathing pattern & kondisi breathing loop di unit rebreathernya.

saya dulu ambil certified untuk draeger dolphin (semi closed), buddy inspiration & CIS Lunar Mk V (CCR). cuman karena disini jarang banget dipake sekarang udah banyak lupa. mau beli mahal bok.. mending buat ternak kambing hahaha..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Aug 25, 2010 8:09 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Bener, kayak nya dia pake Drager SCR deh. Ada bail out botol kecil di bawah pakai regulator biasa. Tak sia-sia training dikau lah.

Saya tidak minat ama rebreather jadi kurang perhatikan. Kayaknya dia pilih SCR karena lebih aman dan simple sebab $$ bukan masaalah bagi dia. Dia juga tak nyelam dalam-dalam cuman demen lama ajah.

Memang fatality rebreather sangat tinggi di banding SCUBA jika di lihat persentase diver di banding fatality.

Kesan nya kalo CCR nyawa kita banyak di tentukan prosesor dan sensor 02...serem. Electronic sama air laut musuh berat.

Trims
SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Aug 25, 2010 8:47 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
oceanographer wrote:
wah mantep nih pilihan2 produknya, kayanya untuk kasus saya cocok bgt kalo bisa dpt multirae plus..
mantep abis, instrument buat space program tapi ya? mudah2an dijual bebas..
*ooT, saya lagi eksperimen bikin 'kapal selam darat.' mo bikin sirkulasi udara seger buat penumpangnya..



Justru perusahaan kayak RAE yang main di industri dan mining ( space program kagak tau deh ) bisa buat produk dengan harga bersaing sebab ada volume sales. Banyak perusahan yang cuma tukang label. Beli merek A dan jual sebagai merek mereka.

Itu Toxi RAE 3 untung mereka konon tipis banget tetapi karena sekali beli satu perusahaan mining dalam jumlah ratusan, maka nya bisa survive. Sensor juga semakin murah sekarang dengan perkembangan teknologi.

Bagi saya agak dilematis. Kita belajar dan lebih tau banyak, jadi tau banyak soal bahaya yang diam-diam lurking dan tidak sering di bahas secara umum. Dalam industri sport apapun yang ada nilai komersial nya, bahaya selalu tidak akan di over-emphasize oleh training agency manapun sebab ini berlawanan dengan sisi komersial sport tersebut.

Fikiran saya adalah simple.
Diving mulai populer di Indonesia sekitar tahun 80an. Tersendat sekejap kena KrisMon 1997. Kompressor bukan barang murah dan umur bisa panjang jika di rawat baik, bisa 20 tahun atau lebih. Diving operation tumbuh dimana-mana dan berkembang relatif cukup pesat. Potensi kompressor yang sudah worn out beredar sangat tinggi. Lihat saja mesin diesel di kebanyakan Phinisi Live On Board dan mesin tempel di kapal diving kecil. Banyak persentase yang pakai mesin bekas dan khususnya mesin Phinisi LOB, banyak yang pakai mesin truk ( dan bekas ) di rubah mejadi mesin marine.

Bekas tidak berarti buruk, tetapi logika bicara bahwa mesin baru dan mesin bekas di rawat sama-sama bagus dan di pakai pada beban tugas yang sama, mesin baru pasti akan lebih reliable. Uang memang tidak bisa bohong. Contoh klasik adalah Adam Air dimana pesawat udah tua dan management amburadul dan cuma mikirin uang/profit, maintenance dan safety nomor ke 10 atau lebih. Hasilnya adalah sekian banyak nyawa melayang karena irit-iritan pada hal yang TIDAK boleh di iritkan.

Hal yang sama bisa terjadi dengan kompressor. Jika operator melakukan pengiritan berlebihan karena modal kurang atau emang terlalu bisnis minded dan dapat kompresor yang sudah worn out di luar batas, biaya perbaikan bisa lebih dari 50% harga kompressor baru. Apa yang akan terjadi ? Pastinya kualitas udara harus di korbankan. Cilakanya kualitas dalam urusan udara selam adalah juga menyerempet safety. Dalam semua bentuk alat mekanikal, ada limit dimana repair tidak bisa di justified biaya nya dan beli baru adalah opsi yang terbaik, jika kinerja prima alat tersebut yang kita cari.

Kapal dengan mesin yang tidak terawat baik atau udah uzur dan tetap di pakai, juga merisikokan safety demi uang. Jika diver masih di air dan kapal mogok dan diver kena arus hanyut jauh lalu jadi fatality, yang rugi adalah diver sendiri. Saya sangat paham soal kapal, makanya jadi extra hati-hati disini.

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Aug 25, 2010 11:46 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
oh iya, saya salah baca.. ternyata buat mining ya.. makanya cocok bgt buat kasus saya..

kalo lutron gimana mbah?
saya nemu model DO-5510 dijual di Kota, spec nya sih bisa baca kadar oksigen di udara dengan bacaan 0-100% dengan galat 0,7%

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Aug 26, 2010 1:08 am 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
Surya Prihadi wrote:
Bener, kayak nya dia pake Drager SCR deh. Ada bail out botol kecil di bawah pakai regulator biasa. Tak sia-sia training dikau lah.

Saya tidak minat ama rebreather jadi kurang perhatikan. Kayaknya dia pilih SCR karena lebih aman dan simple sebab $$ bukan masaalah bagi dia. Dia juga tak nyelam dalam-dalam cuman demen lama ajah.

Memang fatality rebreather sangat tinggi di banding SCUBA jika di lihat persentase diver di banding fatality.

Kesan nya kalo CCR nyawa kita banyak di tentukan prosesor dan sensor 02...serem. Electronic sama air laut musuh berat.

Trims
SP


sama mbah, saya juga ndak terlalu minat sama rebreather.. selain mahal, preparasinya rada kelewat lama & ribet. ndak bisa main langsung pasang trus nyemplung.. capek lah kita. mau seneng-seneng kok repot hahaha..

kalo dilihat sejarahnya, sebenernya rebreather sudah lebih dahulu ditemukan jauh sebelum ada scuba apparatus.. dulunya banyak dipakai di pertambangan. kalah populer karena alasan diatas tadi. belum ditambah fatality yang lebih besar dibanding scuba.

oleh karena itu technical diver dengan open circuit (scuba) sekarang lebih pesat kemajuannya dibanding closed circuit (rebreather) karena persiapannya lebih mudah.

tapi memang sih, kalo sudah pernah nyoba rebreather rasanya memang ruaaaaar biasa.. ikan gak bakal kabur, bouyancy super stabil (karena ada counter lung - jadi perubahan volume paru2 sedikit sekali), udara yang dihirup ndak kering & lebih 'hangat'.. pokoknya uenak deh hehehe..

embeer.. barang alot aja kalah sama aer laut.. apalagi barang halus hehehe.. mbah kan makanannya ngurusin kapal, pasti lebih ngarti dah urusan ganasnya aer laut. ibu tiri dijamin kalah ganas deh..

wah maap, sepertinya sudah mulai keluar topik. nanti deh kapan-kapan saya nulis khusus soal rebreather kalo ada temen-temen yang ingin tau lebih detail..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Aug 26, 2010 1:26 pm 
Offline

Joined: Tue Jul 13, 2010 10:24 pm
Posts: 51
bacanya serem, and ga ngerti.. hahaha, tapi emang kita mesti selalu waspada biar nyaman dive nya.. hehehehe


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Aug 27, 2010 1:31 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
oceanographer wrote:
oh iya, saya salah baca.. ternyata buat mining ya.. makanya cocok bgt buat kasus saya..

kalo lutron gimana mbah?
saya nemu model DO-5510 dijual di Kota, spec nya sih bisa baca kadar oksigen di udara dengan bacaan 0-100% dengan galat 0,7%


Saya bukan ahli sensor 02, jadi ini yang saya gali untuk sampean :

Coba deh baca perbedaan sensor yang di pakai Lutron dan 02 analyzer lain. Masing-masing ada plus/minus.

Lutron pakai polarographic type oxygen probe karena bisa baca dissolved oxygen di air.
http://www.kelab.com.hk/newweb/TAIWANeq ... nmeter.pdf
Kalo baca tech spec nya, kayak nya ini seperti PH meter electronic saya deh, sensor kagak boleh kering sebab ini Lutron ada Probe Filling Electrolyte dalam kit nya. Coba di confirm sama penjual.



02 analyzer lain yang untuk nitrox umumnya pakai sensor electrochemical/galvanic
Seperti saya bilang kelemahan nya adalah crosss-contamination ato sensor keracunan.

Ini sensor 101
http://aoi-corp.com/additional_informat ... fault.html

Happy shopping.

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Aug 27, 2010 1:35 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
hantulaut wrote:

wah maap, sepertinya sudah mulai keluar topik. nanti deh kapan-kapan saya nulis khusus soal rebreather kalo ada temen-temen yang ingin tau lebih detail..


Tulis donk boss. yang mudah di cerna, DO & DONT nya dan plus/minus nya.
Nambah ilmu kagak pernah salah deh.

Trims
SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diver keracunan udara possible ? YES....
PostPosted: Tue Sep 10, 2013 3:20 pm 
Offline

Joined: Mon Apr 04, 2011 9:00 am
Posts: 255
Location: Jakarta Crazy City
mau nyari info tentang bcd nemu ginian

UP dulu biar kita mengerti BBM selama diving


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 42 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: Bing [Bot] and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron