It is currently Fri Oct 20, 2017 5:35 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 50 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4  Next
Author Message
 Post subject: Everyday Is Earth Day, 5-6 May 2007
PostPosted: Mon May 07, 2007 3:13 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Nov 02, 2006 10:31 am
Posts: 295
Location: jakarta
Berawal dari ide seorang Meliana Salim, terbentuklah sebuah acara ’Everday is Earth Day’, acara non profit dari forumselam.com dengan tema konservasi dan kepedulian akan lingkungan maritim, dengan beberapa aktivitas meliputi, pembersihan pantai dan laut, tranplantasi coral, dan rehabilitasi penyu. Kegiatan dilaksanakan di Pulau Pramuka dan sekitarnya pada tanggal 5 – 6 Mei 2007, pendaftaran yang dibuka pada tanggal 15 April sudah langsung terisi oleh 30 orang peserta, panitia, sponsor, donatur dan jurnalis dari National Geographic dan Jakarta Post.

Setelah registrasi dan perijinan selesai, kapal bertolak dari Pantai Mutiara pada jam 9 pagi, namun sayangnya tindakan aparat (baca keparat) setempat sempat menghambat perjalanan dan merusak jadwal keberangkatan. Perjalanan selama 2 jam dimanfaatkan oleh para peserta dan panitia untuk beristirahat. Sampai di Pulau Pramuka kami disambut oleh teriknya matahari, tapi melihat antusiasme para peserta anak2 yang langsung bermain2 di pantai kembali mengangkat semangat untuk segera memulai program konservasi ini.

Tanpa membuang waktu, sesudah makan siang, peserta langsung dibagi menjadi kelompok non diver dan diver. Diver dibagi menjadi 2 kelompok dan bertugas membersihkan laut di sekitar dermaga. Sedangkan kelompok non diver dibagi 4 dan bertugas membersihkan lingkungan sekitar pulau. Mengejutkan juga melihat hasil sampah yang terkumpul, salah satu kelompok non diver bahkan menemukan potongan closet jongkok. Di dalam laut, banyak sekali sampah berserakan, dari kaleng, botol plastik, bungkus shampo, bahkan sepatu. Berbagai macam sampah berserakan dibawah laut, setiap area sepertinya ada saja sampah yang ditemui, bahkan gue yang lebih berkonsentrasi untuk mengambil foto bisa dengan mudahnya menemukan dan mangambil sampah2 itu. Visibility payah dan banyak partikel mengganggu, seekor Moray Eel bersembunyi di bawah karang dan banyak nemo dijumpai pada dive ini.

Acara konservasi dimulai dengan transplantasi coral dan pelepasan ikan di lokasi Sekretariat APL, sekaligus acara snorkling untuk semua peserta. Dan banyak sekali ditemukan ciri khas Pulau Seribu disini, apalagi kalau bukan bulu babi :twisted: Sore itu dihabiskan di Pulau Semak Daun dengan melepaskan beberapa penyu ke laut lepas, ternyata tidak mudah hidup menjadi seekor penyu, susah2 menetas masih harus berjuang untuk ke laut lepas, bahkan untuk sekedar jalan dari pantai ke laut pun banyak yang tidak mampu dan akhirnya mati. Malam minggu ditutup dengan presentasi dari National Geographic dan TERANGI yang menginformasikan kehidupan laut khususnya di perarian Indonesia, dan siklus daur ulang sampah yang mencemari lautan kita. Informasi yang sangat mengejutkan dimana banyak sekali sampah2 yang kita anggap sepele, ternyata membutuhkan waktu puluhan tahun untuk akhirnya bisa benar2 terurai. Tak lupa pembagian hadiah untuk kelompok dengan sampah paling ’menarik’; sang juara? Tentu saja si penemu closet untuk kategori non diver dan Lucy sebagai pemulung underwater paling bersemangat :D
Hari Minggu dimulai dengan berjalan2 di sekitar pulau, maafkan penulis yang tidak bisa bercerita banyak karena bangun kesiangan akibat efek ’konser’ trio diver di malam hari. Hahaha... Makan pagi diteruskan dengan acara kunjungan ke Pulau Panggang untuk melihat proses pembuatan Bandeng. Lagi-lagi terpaksa penulis tidak bisa banyak bercerita, karena dengan ’tidak bertanggung jawab’ lebih memilih untuk pergi diving.

Diving kedua di Karang Panjang, visibility sekitar 15 meter, visibility terbaik yang pernah gue dapatkan di kawasan Pulau Seribu. Sayangnya tidak ada objek2 menarik yang ditemui, nemo pun seakan2 berpindah ke tempat lain, semua anemone kosong tak bertuan. Terpaksa akhirnya buddy aja dijadikan objek foto . Sometimes we just can’t have it all.

Jam 4 sore kami semua sudah sampai lagi di Pantai Mutiara, terima kasih untuk Mel dan panitia lainnya yang dengan usaha dan kerja kerasnya berhasil mewujudkan acara ini. Semoga yang kita kerjakan di 2 hari ini ada hasilnya atau minimal ada yang terus membuat acara2 serupa sehingga kita semua teringat betapa pentingnya untuk menjaga kebersihan di atas dan di bawah laut.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
the more you look around at things, the more you see


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 07, 2007 3:17 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Nov 02, 2006 10:31 am
Posts: 295
Location: jakarta
pemulung 1


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
the more you look around at things, the more you see


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 07, 2007 3:19 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Nov 02, 2006 10:31 am
Posts: 295
Location: jakarta
pemulung 2


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
the more you look around at things, the more you see


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 07, 2007 3:20 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Nov 02, 2006 10:31 am
Posts: 295
Location: jakarta
pemulung 3


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
the more you look around at things, the more you see


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 07, 2007 3:22 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Nov 02, 2006 10:31 am
Posts: 295
Location: jakarta
dan ini dia pemulung terbaik kita beserta buddy-nya
sosisnya kok loyo neng?
:lol:


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
the more you look around at things, the more you see


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 07, 2007 3:29 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Nov 02, 2006 10:31 am
Posts: 295
Location: jakarta
Mickey n Ari


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
the more you look around at things, the more you see


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 07, 2007 3:42 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Nov 02, 2006 10:31 am
Posts: 295
Location: jakarta
budi sekarang gondrong lho
:twisted:


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
the more you look around at things, the more you see


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 07, 2007 3:45 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Nov 02, 2006 10:31 am
Posts: 295
Location: jakarta
negosiasi dengan aparat (baca keparat)


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
the more you look around at things, the more you see


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 07, 2007 4:15 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Oct 04, 2006 8:31 pm
Posts: 213
Location: Bali
Dear Friends,

On behalf of forumselam.com and members of the organizing committee, we would like to thank all participants who have contributed to the success of Everyday Is Earth Day on 5 & 6 May 2007, especially those who have come all the way from out of town.

Our sincere gratitude goes to our generous sponsors -- National Geographic Indonesia, Indonesia Reef 2007, CV. Wahana Fiberglass Boat Builder and Roadmix Indo -- as well as individual and corporate donators.

The following photos are dedicated to all of you. We hope to see you again very soon in our next event (tentative: International Cleanup Day in September 2007). In the meantime, remember:

"Nobody makes a greater mistake than he who did nothing because he could only do a little".

Best fishes,

Meliana Salim
Project Officer
[email protected]
forumselam.com/earthday

our mission
Everyday Is Earth Day aims to demonstrate how each and every single one of us can make a difference and help inspire others on conservations and responsible behaviour towards fragile aquatic environments in Indonesia. We strive to help communities across Indonesia realize that marine conservation should become a part of every day life.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
Take nothing but pictures.
Leave nothing but bubbles.
Kill nothing but time.


Last edited by caramel on Mon May 07, 2007 5:02 pm, edited 1 time in total.

Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 07, 2007 4:21 pm 
Offline

Joined: Mon Aug 28, 2006 4:03 pm
Posts: 192
Location: Jakarta
-ju- wrote:
dan ini dia pemulung terbaik kita beserta buddy-nya
sosisnya kok loyo neng?
:lol:



Huehehehe...jadi maluuu... :oops:
padahal gara2 ari tuh yg komen kalo gw pemulung terajin..jdnya dapet hadiah deh :P kikiki...

sosisnya bukan punya gw seh...makanya loyo huaakakakaka...

thanks to panitia...

_________________
Bubble regards


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 07, 2007 4:27 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Nov 02, 2006 10:31 am
Posts: 295
Location: jakarta
si buruk rupa


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
the more you look around at things, the more you see


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 07, 2007 4:32 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Nov 02, 2006 10:31 am
Posts: 295
Location: jakarta
lili mana yaa?


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
the more you look around at things, the more you see


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 07, 2007 4:35 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Nov 02, 2006 10:31 am
Posts: 295
Location: jakarta
woooiii ada yang liat lili gaaaaaakkk?


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
the more you look around at things, the more you see


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 07, 2007 4:52 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Oct 04, 2006 8:31 pm
Posts: 213
Location: Bali
Everyday Is Earth Day 2007
Venue: Pramuka Island
Beach Cleanup


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
Take nothing but pictures.
Leave nothing but bubbles.
Kill nothing but time.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 07, 2007 4:59 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Nov 02, 2006 10:31 am
Posts: 295
Location: jakarta
bir dan sepatu, kombinasi yang bener2 nendang!!
:twisted:


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
the more you look around at things, the more you see


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 50 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: