It is currently Tue Oct 17, 2017 9:08 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 4 posts ] 
Author Message
 Post subject: Reef Covery T.N Baluran
PostPosted: Wed Oct 12, 2011 10:53 am 
Offline

Joined: Wed Oct 12, 2011 10:27 am
Posts: 5
Salah satu dampak negatif dari aktivitas wisata yang tak ramah lingkungan adalah ancaman kerusakan bagi lingkungan karang dan biota laut lainnya. Salah satu kegiatan tersebut adalah melempar jangkar yang dilakukan kapal – kapal nelayan saat kita akan snorkeling di suatu tempat.

Sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa yang bernafaskan konservasi kelautan, Unit Selam UGM telah melakukan upaya untuk menjaga salah satu bagian konservasi nasional, yakni T.N Baluran. Kami melakukannya dengan mengadakan kegiatan Reef Check secara berkala sejak tahun 2001.

Akan tetapi, kami tersadarkan bahwa banyaknya masyarakat yang berwisata ke daerah ini semakin meningkat tiap tahunnya. Karena itu, melakukan pengecekan karang saja tidaklah cukup. Kita harus melakukan sesuatu agar ekosistem bawah laut berjalan normal. Maka, sejak tahun 2009 kami mengganti kegiatan tersebut dengan nama Reef Covery. Yakni menambah upaya baru untuk memulihkan kembali karang yang rusak. Menaruh Mooring Buoy (batu – batu kubus) yang dapat dijadikan patokan untuk penambat jangkar menjadi pilihan kami. Dengan ini, diharapkan nelayan tidak perlu lagi melempar jangkarnya dan cukup mengaitkan jangkar tersebut di kaitan mooring buoy tersebut.

Tetapi, bagaimana dengan nasib karang yang terlanjur patah?. Padahal kami tahu betul bahwa pertumbuhan karang yang hanya 1cm per 1tahun ini memiliki fungsi yang banyak kepada masyarakat dan lingkungan secara jangka panjang dalam berbagai aspek, dari keindahan wisata hingga kesejahteraan dan keselamatan orang. Karena alasan itulah, kami pun menambah upaya dengan melakukan transplantasi karang yang merupakan kegiatan menanam karang.

Kegiatan Reef Covery 2011 akan kami laksanakan pada tanggal 25 November – 2 Desember 2011 bertempat di T.N Baluran, Situbondo, Jawa Timur.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Oct 12, 2011 12:30 pm 
Offline

Joined: Thu Nov 19, 2009 10:24 am
Posts: 174
Sorry, mungkin saya kurang nyambung nih, apakah maksudnya sekedar info atau ingin mengajak diver dari luar unit selam UGM yang berminat untuk ikutan kegiatan reefcheck ?

Saya sih kalau boleh ikutan sebenarnya berminat :).

salam


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Oct 12, 2011 2:42 pm 
Offline

Joined: Wed Oct 12, 2011 10:27 am
Posts: 5
kunnikunni2003 wrote:
Sorry, mungkin saya kurang nyambung nih, apakah maksudnya sekedar info atau ingin mengajak diver dari luar unit selam UGM yang berminat untuk ikutan kegiatan reefcheck ?

Saya sih kalau boleh ikutan sebenarnya berminat :).

salam


Maaf untuk event ini kita masih informasi saja, namun kami akan membuka event ini dan akan kami informasikan lagi di forum, terima kasih :)


Top
 Profile  
 
 Post subject: Press Release Reef Covery
PostPosted: Fri Dec 02, 2011 11:09 am 
Offline

Joined: Wed Oct 12, 2011 10:27 am
Posts: 5
Unit Selam UGM (UNYIL/GADISO) tahun ini kembali mengadakan kegatan rutin penyelamatan terumbu karang di Taman Nasional Baluran. Dilaksanakan sejak tanggal 25 November hingga 01 Desember 2011, kali ini Unit Selam UGM melakukan kegiatan berupa transplantasi karang dan reef check.

Kegiatan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2002 ini menunjukkan hasil pemeriksaan karang di 6 titik penyelaman yakni Bilik, Bama, Air Karang, Lempuyang, Kajang dan Simacan. Berdasarkan hasil pendataan tahun 2011, ditemukan bahwa pernutupan karang hard coral paling baik berada di perairan Bama kedalaman 3m, distribusi ikan jenis Butterflyfish terdapat di perairan Lempuyang kedalaman 3m sedangkan untuk kelimpahan rubble paling banyak ditemukan di perairan Bilik kedalaman 3m. Biota yang cukup sering ditemui selain Butterflyfish adalah Grouper (Ikan Kakap). Peneliti juga sempat melihat Paus, Penyu dan Lobster di daerah – daerah penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan terumbu karang masih bagus, akan tetapi berdasarkan wawancara dengan komunitas pesisir, diketahui bahwasanya masih sering terjadi penangkapan ikan dengan menggunakan bom yang dilakukan oleh nelayan – nelayan diluar daerah TNB.

T.N Baluran menjadi titik penelitian Unit Selam UGM sejak tahun 2002 dan disepakati melalui pertemuan Jaringan Kerja Reef Check Indonesia (JKRI) pada tahun 2001.

Kontak: Pras (08567033023)


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 4 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: