It is currently Wed Oct 18, 2017 3:17 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 13 posts ] 
Author Message
 Post subject: mohon info species
PostPosted: Wed Mar 12, 2008 1:41 am 
Offline
Site Admin
User avatar

Joined: Mon Jun 12, 2006 10:40 pm
Posts: 1030
Location: kingdom of undersea
Penasaran banget nih, nemu ikan ini di Ujung Kulon, sampe skarang blum tau nama dan jenisnya, ada yg bisa bantuin? FYI ditemukan di kedalaman 16m, bermain2 di permukaan pasir dan ga bisa diem bgt, bergerak terus. Ukuran krg lbh 5cm, warna merah kecoklatan dan ada antenenya. Pliiisss infonya ya kalo ada yang tau.. makasih :)


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
PETUALANG - Penyelam Tua Lupa Pulang


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Mar 12, 2008 8:41 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 19, 2006 1:52 pm
Posts: 1318
Location: Jakarta
hehehehe berhasil bos.. mungkin ya.. ini adalah PAVO RAZORFISH

tapi blm tau juga bener apa nggak..
coba cek http://www.reefimages.com/Wrasses/Wrasses11.htm


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
Dona


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Mar 12, 2008 11:19 am 
Offline
Site Admin
User avatar

Joined: Mon Jun 12, 2006 10:40 pm
Posts: 1030
Location: kingdom of undersea
ahaaa... betuuull... akhirnya misteri terpecahkan juga.. hehehe, rupanya yg. ini msh juvenile yah, jd susah nemuinnya.., makasih bgt. ya Dona :) :) :)

_________________
PETUALANG - Penyelam Tua Lupa Pulang


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Mar 12, 2008 11:48 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 19, 2006 1:52 pm
Posts: 1318
Location: Jakarta
:lol: hehehehe mana hadiah payung cantik nya.. atau mug cantiknya mungkin hehe

_________________
Dona


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Mar 12, 2008 6:29 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Jul 14, 2006 10:47 pm
Posts: 226
Location: Sydney, Australia
Ini bisa juga Xyrichtys dea.. dua species ini ( pavo sama dea ) emang sering ketuker. Bedanya di fin atas, yang pavo; fin yang paling panjang dengan fin atas yang lain bener2 kepisah. sedangkan dea fin yang panjang sebenernya menyatu sampai ke ekor.

Cek gambar lagi buat mastiin yah om Hes..he.he.he

Btw.. contekan gua dari rudie H. Kutier...


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Mar 12, 2008 10:12 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 19, 2006 1:52 pm
Posts: 1318
Location: Jakarta
ada image yg bisa menjelaskan nggak.. memusingkan nih :( ...
duh PR lagi...

_________________
Dona


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Mar 13, 2008 2:59 am 
Offline
Site Admin
User avatar

Joined: Mon Jun 12, 2006 10:40 pm
Posts: 1030
Location: kingdom of undersea
Iya nih, peer bgt sih Bud, ampe penasaran gw :D Gw coba jabarin dikit deh dr hasil brosing2 :
- Pavo Razorfish = Xyrichtys Pavo = Iniistius Pavo = Peacock Wrasse
- Xyrichtys Dea = Blackspot Razorfish = Leaf Wrasse
Keduanya berasal dari keluarga Labridae (Wrasse) yg. utk. 2 jenis ini (Xyrichtys dan Iniistius) lazim disebut Razorfish. Nah, jenis Xyrichtys dan Iniistius emang hampir mirip kalo ga bisa dibilang sama persis, cuma ada perbedaan yg. sangat kecil. Bahkan beberapa ilmuwan menganggap kedua jenis ini sama. Berikut ada sedikit kutipan yg. menggambarkan perbedaan kedua jenis ikan ini :

Iniistius has been considered as a synonym of Xyrichtys by some authors. Randall & Earle (2002) followed Tri-thuc Nguyen (1974) who differentiated the two genera osteologically. Externally, the two genera can be distinguished by three characters of the dorsal fin: the origin of the fin is over or less than half an orbit diameter behind the eye in Iniistius, but an eye diameter or more behind the eye in Xyrichtys. The first two dorsal spines of Iniistius are flexible, whereas only the first is flexible in Xyrichtys. The space between the second and third dorsal spines in Iniistius is much broader than the space between the third and fourth spines; by contrast these two spaces are about equal in Xyrichtys. Randall & Earle provided a diagnosis of Iniistius. Species of Xyrichtys occur in the Atlantic, eastern Pacific and the Indo-Pacific region, whereas those of Iniistius are confined to the Indo-Pacific, except I. pavo (Valenciennes), which has extended its range to the eastern Pacific. (sumber : Smithiana Bulletin 7: 9-13)

Lalu berdasarkan data dari http://www.fishbase.org :
- Iniistius Pavo = Xyrichtys Pavo (synonim)
- Xyrichtys Dea = Iniistus Dea (synonim)
Bisa disimpulkan Iniistius = Xyrichtys, tinggal sekarang menentukan jenis pavo atau dea. Nah, utk. masalah ini gw blm berhasil nemuin tulisan yg. otentik, yg. menggambarkan dengan jelas perbedaan Pavo dan Dea. Cuma sekilas ada tulisan yg bilang jenis Dea badannya lebih pendek dari Pavo. Berhubung ikan yg. kita temukan di UK masih orok (juvenile), lebih sulit membedakan dari jenis yg. mana dan sampe sat ini belum nemu gambar juvenile X. Dea. Utk. jenis juvenile I. Pavo byk. bgt. fotonya yang semuanya mirip dengan ikan temuan kita. Jadi kesimpulannya, IMHO looohh... ikan yang kita liat di UK adalah Juvenile Peacock Wrasse a.k.a Pavo Razorfish.

Untuk itu sdri. Dona berhak atas hadiah payung dan mug cantik... hehehe...

(foto2 diambil dari http://demo.morphbank.net)


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
PETUALANG - Penyelam Tua Lupa Pulang


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Mar 13, 2008 7:13 am 
Offline
User avatar

Joined: Fri Jul 14, 2006 10:47 pm
Posts: 226
Location: Sydney, Australia
Jadi...jadi... gua gak dapet payung??????? :oops: :cry:
he.he.he.he


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Mar 13, 2008 8:04 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 19, 2006 1:52 pm
Posts: 1318
Location: Jakarta
:lol: payung cantiknya di keep sendiri tuh kayanya...
eh kok antenanya jadi tegak sih, emang bisa gerak2 ya...

_________________
Dona


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Mar 13, 2008 11:20 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Jan 27, 2007 6:53 pm
Posts: 1379
Location: Sanur - Bali
Wahh.. ikan baguuss...
Itu banyak ditemui di Crystal bay boos... Nusa Penida Bali,
Kagak perlu 16m deh.. 5-10 meter juga udah dapet..

:lol: :lol:

_________________
Instructor & Trips Organizer
Bali Marine Diving, Dive for Bali & Beyond
CP : Nicky/WA 08123891254/08123808808
Web : http://www.balimarinediving.com
FB : http://www.facebook.com/balimarinedive
IG : @balimarinedive
Twit : @balimarinedive


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat Mar 15, 2008 11:01 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Dec 15, 2007 4:24 pm
Posts: 71
Location: jakarta
ikan yang aneh . gua baru pernah kalo liat....... :) kapan yach gua bisa ketemu nich ikan.... :(


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Mar 16, 2008 2:09 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 19, 2006 3:45 pm
Posts: 426
Location: somewhere beyond the sea
Ow iya.. klo di zoom baru kliatan bentuk ikannya yah (waktu di sana ngotot klo itu daun) hihihihi.. :P

_________________
'What's important in life
is not how many breaths we get to take
but those moments that take our breath away.'


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Mar 16, 2008 3:46 am 
Offline
Site Admin
User avatar

Joined: Mon Jun 12, 2006 10:40 pm
Posts: 1030
Location: kingdom of undersea
ga salah juga dibilang ikan daon (maksudnya leaf wrasse kan?), secara bentuknya mirip banget, apalagi oroknya :)

@ transdiving : tu banyak di ujung kulon, 2x dive nemu terus, atau di crystal bay minta bang Nicky tunjukin, hehehe...

_________________
PETUALANG - Penyelam Tua Lupa Pulang


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 13 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron