It is currently Tue Oct 24, 2017 2:51 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 8 posts ] 
Author Message
 Post subject: Minim Penelitian, Hiu dan Manta Tak Terlindungi
PostPosted: Tue Feb 26, 2013 10:53 am 
Offline

Joined: Thu Jan 31, 2013 7:57 am
Posts: 24
"START QUOTE"

JAKARTA, KOMPAS.com — Keberadaan ikan hiu dan ikan pari manta semakin jarang terlihat di perairan terumbu karang Indonesia. Pemulihan populasi predator tertinggi ini membutuhkan perlindungan dari aktivitas penangkapan atau perburuan.

Hal ini terkendala data dan penelitian. ”Untuk melarang atau melindungi suatu biota, kami butuh data penelitian atau survei-survei ilmiah, baik dari LIPI, badan-badan riset, maupun perguruan tinggi,” kata Direktur Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan Toni Ruchimat, Senin (25/2/2013), di Jakarta.

Namun, jurnal atau penelitian ilmiah akan kelimpahan populasi hiu pada suatu perairan, minim. Akibatnya, Indonesia belum menyetujui ikan hiu martil dan manta masuk Apendiks II CITES (Kompas, 23 Februari 2013).

Menurut Toni, jika ada data ilmiah penurunan drastis populasi ikan, bisa diupayakan regulasi.

Secara terpisah, Direktur Program Kelautan The Nature Conservancy Abdul Halim mengatakan, perlindungan segala jenis hiu di Indonesia seharusnya dilakukan. ”Kami lihat di lapangan, eksploitasi ikan hiu sangat luar biasa,” kata dia.

Dampaknya, dalam 20 tahun terakhir, hiu jarang dijumpai di perairan terumbu karang. Tahun 1990-an, di sejumlah perairan di Indonesia mudah dijumpai hiu berkerumun 5-10 ekor dalam sekali penyelaman.

”Sekarang, kalau menyelam dan bisa menjumpai hiu 2-3 ekor sudah sangat beruntung,” kata Abdul, yang juga penyelam.

Ia mengatakan, dalam dunia pariwisata selam, keberadaan ikan hiu dan ikan pari manta jadi pemandangan paling menarik. Bahkan, turis berani membayar lebih mahal untuk itu.

Bahama, Palau, Maladewa, dan Australia menjadi bukti atraksi pariwisata selam bersama hiu dan manta bernilai jutaan dollar AS. Berkebalikan dengan pendapatan nelayan setempat di Misool Timur Selatan, Raja Ampat, yaitu Rp 2.975 per sirip (0,35 dollar AS per sirip). (ICH)

Sumber :Kompas Cetak
Editor :yunan

Source: http://sains.kompas.com/read/2013/02/26 ... aign=Ktswp

"END QUOTE"

Kalau caranya kayak gini bisa-bisa nanti kalau udah pada habis baru aturan konservasinya keluar. 8-|
Miris banget ternyata satu sirip ga sampai 3 ribu perak :cry: .. Duit parkir aja lebih mahal dari sirip.
Susah juga sih kalau nelayan belum merasakan langsung dampak ekonomi dari pariwisata selam.
Mudah2an ke depan dampak ekonomi bisa terbagi rata sehingga bisa pada tobat kali yeh. :ympray:


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Minim Penelitian, Hiu dan Manta Tak Terlindungi
PostPosted: Tue Feb 26, 2013 12:23 pm 
Offline

Joined: Mon Apr 04, 2011 9:00 am
Posts: 255
Location: Jakarta Crazy City
memang pemerintah kita sampah
apakah masih perlu penelitian ? atau belum ada duid ngalir lebih tepatnya :-x
sudah jelas di negara laen yg wisatanya hidup melaksanakan ini.
miris emang negara kita ini


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Minim Penelitian, Hiu dan Manta Tak Terlindungi
PostPosted: Tue Feb 26, 2013 9:28 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
paling tidak raja ampat telah maju selangkah:

https://www.sharksavers.org/en/blogs-news/shark-savers-blog/raja-ampat-shark-sanctuary-ecomes-law-in-indonesia/

waktu saya ke R4 akhir bulab desember, hampir disetiap lokasi kita ketemu sharks (white tip, black tip and grey reef).
di housereefnya eko ada sekitar 2 lusin sharks kecil dan sedang.

_________________
https://www.flickr.com/photos/wisnupurwanto/


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Minim Penelitian, Hiu dan Manta Tak Terlindungi
PostPosted: Wed Feb 27, 2013 7:10 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jan 31, 2013 4:06 pm
Posts: 350
Location: Coral Triangle
Saya gak tahu data detail populasi hiu di Manado, tapi yang pasti populasi hiu di Manado menurun dengan drastis..
Sebagai gambarannya,guide sekaligus instructor di Manado,menurutnya selama kurun tahun 2000 sangat mudah menemui schooling shark di lekuan dalam jumlah lusinan,tapi sekarang sangat jarang bisa menjumpai hiu..
Karena di Manado sendiri banyak restoran yang terang-terangan menyediakan shark fin,bahkan dengan harga yang cukup murah.. :|
Menyedihkan.. :(

_________________
Eat, Sleep, Dive and Dive

Pin 2357C1BD
HP 085270426789
Email : [email protected]
FB: Benny Dwi Saputra
@mr_beny
Website www.divingatindonesia.com


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Minim Penelitian, Hiu dan Manta Tak Terlindungi
PostPosted: Wed Feb 27, 2013 9:23 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Feb 25, 2013 3:21 pm
Posts: 5
Location: Surabaya - Jawa Timur
beberapa waktu lalu di daerah surabaya barat
saya menemukan restoran yang menyediakan berbagai hidangan dengan bahan dasar daging hiu
mulai dari sup hiu hingga steak hiu.
sungguh sangat miris liatnya.

:-q :-q :-q :-q

_________________
Real Diver Can Handle Pressure

Kevin Jim
pin : 3124cdbf
Kaos Diving
http://www.jagokaos.com


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Minim Penelitian, Hiu dan Manta Tak Terlindungi
PostPosted: Sun Nov 17, 2013 1:32 am 
Offline

Joined: Tue Nov 12, 2013 12:18 am
Posts: 115
Location: Malongo - Cabinda - Angola
Mengutuk dan Menyumpahi keadaan tak akan membuat bangsa ini maju,

bagi mahasiswa tugas akhir yang ingin meneliti hiu kami Dive Operator di Morotai membuka kesempatan internship penulisan penelitian hiu seperti saya tulis dalam thread saya di Posting tanggal 17 Nov 2013 bertajuk Morotai: Kesempatan Penelitian untuk Mahasiswa Ilmu Kelautan

Silahkan dimanfaatkan untuk Tanah Air satu kita : Indonesia

Salam
Darmawan Mukharror
e-mail: [email protected]
Twit Us@sharkdivingindo

_________________
"No safety, no dive!"

Darmawan A Mukharror a.k.a. Gharonk
http://www.sharkdivingindonesia.com


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Minim Penelitian, Hiu dan Manta Tak Terlindungi
PostPosted: Sun Nov 17, 2013 11:10 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Jun 15, 2013 10:41 am
Posts: 148
Location: Bandung
gharonk wrote:
Mengutuk dan Menyumpahi keadaan tak akan membuat bangsa ini maju,

bagi mahasiswa tugas akhir yang ingin meneliti hiu kami Dive Operator di Morotai membuka kesempatan internship penulisan penelitian hiu seperti saya tulis dalam thread saya di Posting tanggal 17 Nov 2013 bertajuk Morotai: Kesempatan Penelitian untuk Mahasiswa Ilmu Kelautan

Silahkan dimanfaatkan untuk Tanah Air satu kita : Indonesia

Salam
Darmawan Mukharror
e-mail: [email protected]
Twit Us@sharkdivingindo


om darma,

kalau penelitiaannya bukan berkaitan dengan hiu tapi dampak dari kehidupan nelayan dalam keberlanggsung habitat hiu?kebetulan aq ambil dari sisi sosial, apakah itu memungkinkan?

_________________
Best Regrads,

Atta


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Minim Penelitian, Hiu dan Manta Tak Terlindungi
PostPosted: Sun Nov 17, 2013 12:25 pm 
Offline

Joined: Tue Nov 12, 2013 12:18 am
Posts: 115
Location: Malongo - Cabinda - Angola
Terima kasih atas tanggapannya, kami sangat menghargainya.

Sementara ini kami memprioritaskan penelitian perilaku hiu (insyaallah tahun depan peneliti LIPI juga berkehendak kesana dan akan kami bantu fasilitasi secara gratis), namun tidak menutup kemungkinan di masa depan kami bisa memfasilitasi penelitian tentang kaitan kehidupan dan kegiatan nelayan dengan hiu.

Sejauh yang saya dengar - dan dive guide kami mengecek ke pasar - penangkapan hiu oleh nelayan sana amatlah minim, karena kepercayaan adat setempat yang akan mendapatkan sial jika menangkap hiu atau lumba lumba. Tapi tentu karena belum diverifikasi kebenarannya, bisa saja karena musiman pendapat ini salah, nanti akan kami kabari lagi.

Tentu jika anda datang ke Morotai akan kami sambut dengan hangat, soal harga diving insyaallah ga jauh beda dengan harga di tempat lain.

Semoga mas bisa segera diving di sana.

Salam Hangat
Darmawan
mail to [email protected]
Twit Us @sharkdivingindo

_________________
"No safety, no dive!"

Darmawan A Mukharror a.k.a. Gharonk
http://www.sharkdivingindonesia.com


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 8 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: