It is currently Mon Dec 18, 2017 2:12 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 1 post ] 
Author Message
 Post subject: Underwater Threats: The Animals
PostPosted: Fri May 25, 2012 5:14 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Jan 24, 2012 2:12 pm
Posts: 11
Location: Indonesia
Potensi bahaya ada di mana-mana dan bisa terjadi kapan saja, termasuk saat menyelam. Kondisi penyelaman, cuaca, arus merupakan sedikit dari potensi underwater threats, termasuk juga hewan-hewan di bawah laut sana.

Ada begitu beragam spesies laut yang memiliki sengat, gigitan, duri dan racun yang berbahaya bagi penyelam. Bagi hewan-hewan tersebut, manusia/penyelam adalah makhluk asing. Saat merasa terancam, menyerang merupakan salah satu bentuk pertahanan diri mereka. Umumnya mereka menjaga jarak dari penyelam, namun kadang tingkah laku penyelam yang "penasaran" membuat mereka menyerang penyelam.

Jadi, salah satu syarat agar tidak tersengat/tertusuk/tergigit: jangan pernah tergoda untuk menyentuh atau mengusik hewan-hewan tsb.

Berikut adalah beberapa spesies hewan laut yang sering terdengar menyerang penyelam:

1. Blue-ringed octopus
Blue-ringed octopus merupakan hewan berbahaya teratas di ensiklopedia para penyelam. Sampai saat ini baru diketahui 3 spesies blue-ringed octopus: greater blue-ringed octopus, southern/lesser blue-ringed octopus, blue-lined octopus.
Blue-ringed octopus memiliki racun bernama tetrodotoxin yang sangat kuat. Racun ini bisa melumpuhkan kinerja otot dan menyebabkan sistem pernafasan dan fungsi jantung terhenti. Racun blue-ringed octopus dapat membunuh orang dewasa dalam hitungan menit. Dan hingga saat ini, serum racunnya belum tersedia.

2. Scorpionfish
Hewan ini memiliki duri tajam yang beracun. Duri tajam yang sama juga ditemukan pada spesies lionfish, firefish, turkeyfish, dragonfish dan stingfish.
Umumnya, penyelam tertusuk durinya karena tidak sengaja menginjak/menyentuh ikan ini. Sisanya? Karena iseng/penasaran.

3. Bulu babi
Sikat durinya panjang dan tajam seperti pada landak. Durinya rapuh dan mudah patah, namun saat tertusuk dapat menyebabkan luka yang sangat dalam dan menyakitkan. Beberapa spesies bulu babi memiliki racun yang berbahaya pada duri-durinya. Bekas luka tusukan bulu babi biasanya sulit hilang. Durinyapun tidak mudah dikeluarkan. Biasanya dibiarkan melarut dalam darah.

4. Catfish
Hewan yang sering disebut sebagai lele laut ini memiliki patil yang bisa menyengat. Tersengat patilnya bisa menyebabkan demam dan perasaan kedinginan. Catfish hidup bergerombol dan merupakan hewan yang cukup agresif. Namun demikian efek sengatannya tidak mematikan.

5. Stingray
Sesuai namanya, ikan ini menyengat. Sengatannya melalui ujung ekor penyengatnya. Sengatan dari ikan pari ini dapat mengakibatkan luka yang cukup serius, rasa sakit dan pembengkakan. Sengatan yang bersifat fatal jarang terjadi, namun jika tidak segera diantisipasi dapat menyebabkan keracunan akut & kematian.
Sengatan ikan pari dapat menimbulkan rasa mual, kelelahan, pusing, demam dan perasaan dingin.

6. Stonefish
Ikan batu yang pandai berkamuflase ini merupakan salah satu ikan berbisa dan berbahaya. Kamuflase stonefish yang sempurna menyebabkan banyak penyelam tidak menyadari keberadaannya. Sengatan stonefish dapat menyebabkan kehilangan kesadaran, pusing, mual, bahkan koma.

7. Sea snake (ular laut)
Ular laut merupakan hewan agresif jika terusik. Gigitannya tidak terasa dan tidak menyakitkan. Pada daerah bekas gigitan ular laut, biasanya terjadi pembengkakan. Efek bisa ular laut dapat menyebabkan sakit kepala, mati rasa, haus, bercucuran keringat, muntah, lumpuh, serangan gagal jantung.

8. Bristleworm
Spesies yang sekeluarga dengan lugworm, sandworm, clamworm ini banyak ditemui di balik karang, bebatuan atau lumpur. Bisanya terletak pada sungutnya. Efeknya menyebabkan alergi, rasa gatal, panas menyengat, iritasi, pembengkakan, mual dan pusing. Efek sengatan bristleworm dapat bertahan sampai berjam-jam.

9. Crown of Thorns (Mahkota Duri)
Bintang laut mahkota duri atau crown of thorns sering disangka sebagai keluarga bulu babi. Tubuhnya yang berduri pendek dan keras membuatnya lebih mirip bulu babi dibandingkan bintang laut. Seperti bintang laut, COT memiliki kemampuan untuk memulihkan diri saat salah satu organnya terputus. Karenanya membunuh COT tidak bisa dengan dipotong-potong, tapi harus dibakar.
Duri Crown of Thorns ini beracun dan bisa menembus wetsuit. Bila tertusuk, durinya harus segera dicabut. Tertusuk duri CoT akan menyebabkan rasa nyeri yang berkepanjangan, mual dan muntah. Di area bekas tusukannya akan muncul lebam kebiruan dan pembengkakan.

10. Anemon
Anemon yang merupakan rumah bagi ikan kecil juga terkenal memiliki sengat. Sengatannya terletak pada tentakelnya yang berisi nematocyst (racun sengat).
Beberapa spesies ikan seperti ikan badut yang tinggal di antara anemon memiliki kekebalan terhadap nematocyst tersebut.

11. Hydroids
Hydroids merupakan koloni jewan yang bentuknya menyerupai tumbuhan. Sering terdengar penyelam yang tersengat hydroid karena tidak sengaja tersentuh. Efek sengatannya menyebabkan rasa panas, gatal, dan nyeri. Efeknya bisa bertahan berjam-jam.

12.Fire coral (karang api)
Fire coral/karang api juga merupakan koloni yang bentuknya menyerupai kipas. Efek sengatannya menyerupai sensasi saat terkena api/terbakar: gatal, panas, nyeri. Efeknya bisa bertahan berhari-hari.

13.Fire sponge
Fire sponge merupakan organisme karnivora yang mampu melepaskan toksin kimia. Sengatan dari fire sponge menimbulkan rasa gatal, panas, bengkak, mati rasa dan pengelupasan kulit yang parah jika terjadi kontak langsung.

_________________
Email us to: [email protected]
Follow our twitter: @Dive_ID
PIN BB: 25695293
Log on to our website: www.divetripindonesia.com
Like our facebook page: Dive Indonesia (http://www.facebook.com/pages/Dive-Indo ... 2488827317)


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 1 post ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron